Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Alam Bandung, Banyak Tempat Camping yang Unik dan Indah

KOMPAS.com – Wisata alam di kawasan Bandung, Jawa Barat, memang tak pernah membuat wisatawan bosan karena ada banyak tempat yang bisa dijelajahi. 

Setiap tempat wisata alam di Bandung memiliki keunikan dan daya tarik masing-masing yang membuat orang-orang selalu ingin datang lagi dan lagi.

Berikut ini Kompas.com telah merangkum daftar tempat wisata alam di Bandung yang punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta wajib untuk dikunjungi saat liburan. 

1. Ranca Upas

Wisata alam yang satu ini menawarkan panorama perbukitan yang indah, dan punya daya tarik berupa adanya hewan-hewan yang berkeliaran bebas. 

Ranca Upas berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Patengan Nomor Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung. Tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata untuk rombongan keluarga. 

Aktivitas yang bisa dilakukan adalah berkemah, outbound, mandi di kolam air panas, dan melihat rusa-rusa yang ada di penangkaran. 

Sambil melihat para rusa, wisatawan bisa memberi makan berupa sayuran atau rumput yang bisa menjadikan pengalaman ini sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak. 

2. Tahura Ir H Djuanda

Mencari tempat wisata alam yang masih asli dan asri, kamu bisa mencoba datang ke Taman Hutan Raya Ir H Djuanda atau Tahura Djuanda.

Taman yang berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Ir H Juanda Nomor 99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi. 

Luasnya sekitar 526,98 hektar dengan menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah berupa hutan pinus, sungai dan juga air terjun, dikutip dari situs resminya. 

Tempat ini merupakan bagian dari daerah Cekungan Bandung yang punya latar belakang sejarah erat dengan zaman purba.


3. Puncak Ciumbuleuit

Wisata ini cukup populer di Bandung dan biasa disebut sebagai Punclut. Udaranya sejuk karena ada di dataran tinggi Bandung. Punclut banyak dikunjungi wisawatan yang ingin melihat keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Tersedia tempat santai seperti kafe dan tempat makan dengan konsep tradisional dan modern. Pengunjung bisa memilih sendiri mau makan dan minum di mana.  

Bagi yang ingin mampir, dari pusat Kota Bandung jaraknya kurang lebih 10 kilometer (km) dan bisa ditempuh naik kendaraan sekitar 40 menit.

Alamat lengkapnya ada di Pagerwangi, Jalan Punclut, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Jawa Barat, buka dari pukul 08.00 WIB sampai 00.00 WIB.

4. Caringin Tilu

Tempat wisata alam Bandung lainnya yang bisa dikunjungi adalah Caringin Tilu (Cartil). Lokasinya ada di Padasuka, Cimenyan, Bandung. Sama seperti Punclut lokasinya juga berada di dataran tinggi, jadi wisatawan bisa melihat keindahan lampu perkotaan saat malam hari.

Udaranya yang sejuk membuat minuman hangat, seperti kopi dan teh bisa menjadi teman untuk menemani bersantai. Tak usah pusing cari tempat makan karena ada banyak food stall yang bisa di temui saat berada di Caringin Tilu.

Lokasinya berada di Jalan Padasuka Atas Nomor 11, Cimenyan, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, bisa dikunjungi pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB.

5. Kawah Putih Ciwidey

Selanjutnya adalah tempat wisata alam yang sangat terkenal di Bandung, yakni Kawah Putih Ciwidey. Tempat wisata alam yang memesona ini merupakan kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. 

Keunikan dari Kawah Putih Ciwidey adalah warnanya yang putih bercampur kehijauan yang tampak seperti berada di planet lain. 

Sebagai wisata terkenal akses jalannya sudah baik, berlokasi di Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat. 


6. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah tempat glamping atau camping mewah di kawasan Bandung, Jawa Barat. Ada berbagai tipe penginapan yang bisa dipilih.

Biasanya, setiap kamar bisa disi lebih dari dua orang, sehingga aman jika ingin liburan bersama keluarga. 

Selama menginap di Situ Patenggang, panorama yang bisa dinikmati sangat indah. Ada kebun teh dan danau. Satu ikon yang terkenal di tempat ini adalah restoran dengan bentuk kapal pinisi.

7. Sanghyang Heuleut

Berniat bermain air di tempat yang cantik dan asri, kamu bisa mencoba mampir ke Sanghyang Heuleut yang terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat. 

Danau di tempat ini memiliki keindahan yang tiada tara karena berada di antara tebing dengan air berwarna biru kehijauan yang jernih. Meski airnya tampak tenang, disarankan yang ingin berenang untuk menggunakan pelampung demi keamaanan. 

Dekat dengan Sanghyang Heuleut, ada dua buah goa yang bisa dikunjungi bernama Goa Sanghyang Poek dan Goa Sanghyang Tikoro.

8. De’Ranch Lembang

Kawasan Lembang, Bandung memang tak pernah kehabisan tempat wisata menarik. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah De’Ranch Lembang. 

Di De’Ranch Lembang, wisatawan bisa melihat hewan-hewan seperi kuda dan sapi perah di lahan seluas lima hektar. 

Konsepnya seperti perkampungan koboi dengan berbagai fasilitas. Ada tempat pemancingan, lokasi panahan, taman bermain, dan restoran untuk mengisi perut. 

Jam buka De’ Ranch Lembang mulai pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB, kecuali Minggu. Alamatnya ada di Jalan Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.


9. The Lodge Maribaya

Jika sedang mencari tempat menghabiskan malam sambil camping ceria bersama teman-teman, tak ada salah memilih The Lodge Maribaya. 

Tersedia banyak pilihan penginapan. Tak hanya glamping saja, ada vila kayu yang punya desain estetik. 

Fasilitasnya sangat lengkap. Bahkan untuk tipe Fun Camp, sudah tersedia tenda dengan single bed atau double bed berukuran queen size. 

Toilet juga dekat dengan aliran listrik yang tersedia, sehingga tak perlu khawatir gelap-gelapan saat malam hari jika berkemah di The Lodge Maribaya.

Bagi yang tertaril liburan di tempat ini, biaya menginap dibandrol dari harga sekitar Rp 650.00 per malam.

10. Jungle Milk

Tempat wisata satu ini bersifat private dan punya camping ground yang sangat luas, cocok bagi wisatawan yang suka jalan-jalan.

Jungle Milk punya daya tarik yang beda dari tempat wisata alam lainnya, yakni kuda-kuda di tempat ini sengaja dilepas bebas ke area camp. 

Selain untuk camping, Jungle Milk yang terletak di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, juga bisa digunakan untuk piknik. Jika berniat camping di tempat ini biaya paling murah sekitar Rp 125.000 dengan membawa peralatan kemah sendiri. 

https://travel.kompas.com/read/2022/02/15/180600727/10-wisata-alam-bandung-banyak-tempat-camping-yang-unik-dan-indah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke