Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eks Awak Kabin Ungkap Salah Satu Permintaan Aneh Penumpang Pesawat

KOMPAS.com – Pada setiap penerbangan, awak kabin akan membantu penumpang agar mendapatkan pengalaman terbang yang nyaman dan menyenangkan, termasuk membantu ketika penumpang memiliki kebutuhan tertentu.

Kebanyakan permintaan penumpang masih masuk akal dan dimaklumi oleh para awak kabin, namun ada pula permintaan yang terbilang aneh atau kurang wajar bagi kebanyakan orang.

Bobby Laurie, seorang jurnalis freelance asal Washington DC, dan secara rutin hadir sebagai pakar perkalanan di beberapa acara televisi menceritakan lewat laman Fodor's Travel tentang pengalamannya beberapa tahun sempat bekerja sebagai awak kabin.

Ia menyebutkan ada beberapa pesanan makanan dan minuman yang aneh bagi para awak kabin.

Misalnya, demi mendapatkan minuman yang sesuai selera, seorang penumpang pernah meminta susu dan juga soda untuk dicampur secara bersamaan. 

Bobby menulis, menurut penumpang tersebut kepada pramugari yang melayaninya, pencampuran dua minuman tersebut menghasilkan minuman menghidrasi, serta membantu mengatasi mabuk dan meningkatkan energi.

Meskipun, Bobby merasa itu bukanlah ide yang baik dan meyakini para awak kabin lain juga merasa demikian.

"Awak kabin memberi tahu penumpang bahwa mereka tidak mengetahui proporsi yang tepat untuk membuat minuman sesuai harapan penumpang, dan (saat itu) mereka menyerahkannya pada penumpang tersebut sehingga bisa mencampurnya sendiri," kata dia, seperti dikutip Kompas.com dari Fodor's Travel, Kamis (17/02/2022).

Lalu, ia menyaksikan penumpang tersebut mengisi gelas dengan sekitar tiga perempat soda, mengocok wadah susu, dan menuangkannya.

"Saya kemudian bertanya kepada sesama penumpang seperti apa rasanya dan mereka menjawab, “es krim mengapung.” Saya pakai kata mereka untuk itu," sambungnya.

  • Hindari Minum Air di Pesawat, Ini Alasan yang Wajib Diketahui
  • 7 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah, Cari Waktu yang Tepat untuk Memesan

Meminta dengan sopan

Bobby Laurie menyarankan, jika ingin meminta sesuatu yang aneh dan rumit kepada awak kabin, sebaiknya dilakukan dengan sopan dan permintaan tersebut cenderung mudah dilakukan. 

Sebab, para awak kabin harus melayani penumpang lainnya dan mengurusi pekerjaan lainnya, tidak hanya untuk melayani seorang penumpang saja.

Sebenarnya, kejadian soal penumpang yang meminta hal aneh kepada awak kabin tak hanya itu.

Pada tahun 2019, misalnya, komedian Jim Felton berbagi foto tengah membuat minuman kontroversial dan menyebutnya sebagai "Brummies love it”.

Di samping keinginan mencampur minuman aneh, ada beberapa permintaan aneh dan kebiasaan buruk lainnya yang dilakukan beberapa penumpang pesawat, salah satunya adalah menyandarkan kaki telanjang pada sandaran tangan. Ini tentu bisa membuat orang lain tidak nyaman, sekalipun kursi di sebelah memang kosong.

Lebih lanjut, penumpang pesawat juga perlu tahu tentang etika naik pesawat yang bisa dibaca pada tautan ini.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/17/093354927/eks-awak-kabin-ungkap-salah-satu-permintaan-aneh-penumpang-pesawat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke