Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Maskapai yang Akan Terbang Lagi ke Bali Selain Singapore Airlines

KOMPAS.com - Sejumlah maskapai penerbangan dikabarkan tengah dalam proses pengajuan izin guna mengaktifkan kembali (reaktivasi) rute penerbangan internasionalnya ke Bali.

Sejauh ini, empat maskapai penerbangan yang diketahui mengajukan reaktivasi tersebut adalah Batik Air, Jetstar, Tigerair, dan KLM.

"Terkait informasi (reaktivasi) tersebut memang benar adanya. Saat ini mereka (maskapai) sedang berproses, dan untuk perkembangan selanjutnya kami masih menunggu dari maskapainya," jelas Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/2/2022).

  • Singapore Airlines Kembali Aktifkan Penerbangan Singapura-Bali
  • Singapore Airlines Buka Lagi Rute Singapura-Bali Mulai Februari 2022
  • Perbatasan Internasional Dibuka, Garuda Indonesia Kerja Sama dengan Singapore Airlines

Namun, Taufan belum bisa memastikan lebih lanjut tentang berapa maskapai yang tengah mengajukan reaktivasi penerbangan internasionalnya ke Bali.

"Mengenai tambahan maskapai, memang ada beberapa yang masuk kepada kami informasinya yaitu pengajuan reaktivasi izin rute, namun mohon maaf kami belum bisa update kembali untuk hal tersebut," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Kendati demikian, Novie mendapat informasi bahwa ada maskapai yang menunggu periode summer (musim panas) 2022 pada akhir Maret 2022 ini.

"Pada dasarnya maskapai sedang bersiap dan kami terus berkoordinasi. Kami dapat info, ada kemungkinan maskapai menunggu periode summer 2022 yang dimulai akhir Maret 2022, belum ada finalnya," tutur Novie kepada Kompas.com, Kamis.

  • Daerah-daerah Lokasi Side Events G20 2022, Bali sampai Labuan Bajo
  • Sandiaga Uno Klaim Turis Jepang Antusias Datang ke Bali, tapi...
  • Daftar 10 Hotel di Bali Paling Populer versi Data PeduliLindungi

Sebelumnya dilaporkan, maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia telah mendapat izin untuk melayani rute penerbangan internasional langsung ke Bali.

"Saat ini yang sudah kami layani penerbangan internasional tentunya baru dua maskapai yang reguler, yaitu Garuda Indonesia dengan rute Narita (Jepang) - Denpasar yang kami layani setiap satu minggu sekali di hari Kamis, dan kedua adalah Singapore Airlines rute Singapura - Denpasar PP (pergi-pulang) yang kami layani setiap hari," kata Taufan.

Gubernur Bali Wayan Koster sebelumnya menyampaikan bahwa maskapai penerbangan Jetstar berencana melayani rute ke Bali pada Maret 2022. 

"Saya telah mendapat surat dari manajemen Jetstar Asia Airways juga akan melakukan penerbangan dengan membawa sejumlah penumpang dengan pesawat Airbus A320 dari Singapura langsung ke Denpasar, rencananya antara tanggal 4 sampai tanggal 25 maret 2022. Tetapi saya mendapat konfirmasi tadi itu rencananya tanggal 16 maret 2022. Saya berharap ini akan bisa lebih cepat lagi dari tanggal 16 (Maret)," terangnya pada Rabu (17/2/2022).

  • Alasan Pintu Internasional ke Bali Dibuka meski Kasus Omicron Tinggi
  • Syarat dan Biaya Bikin Visa B211A untuk Turis Asing ke Bali dan Kepri
  • Apa Itu Warm Up Vacation? Syarat Turis Asing Masuk ke Bali

Ia menambahkan bahwa dirinya terus berkoordinasi dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, khususnya terkait rute penerbangan langsung Sydney (Australia) - Denpasar. 

"Saya meminta tolong kepada beliau agar Garuda (Indonesia) segera melakukan penerbangan dari Australia dimulai dari Sydney ke Denpasar. Beliau sudah oke, berkomitmen untuk melaksanakan, rencananya tanggal 4 maret 2022. Jadi lebih awal," ungkapnya. 

Ia berharap agar semakin banyak penerbangan ke Pulau Dewata, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

https://travel.kompas.com/read/2022/02/17/141301727/daftar-maskapai-yang-akan-terbang-lagi-ke-bali-selain-singapore-airlines

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke