Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa itu Aviation Security? Kenali Profesi Petugas Keamanan di Bandara

KOMPAS.com - Aviation Security (AVSEC) merupakan petugas keamanan bandara yang mungkin masih belum lazim didengar masyarakat. Namun, profesi ini ternyata sangat penting dalam menjaga kelancaran dan keamanan penerbangan.

Airport Security Screening Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kiki Eprina Arieanti, mengatakan bahwa profesi AVSEC belum banyak dijadikan referensi pekerjaan di Indonesia.

Kiki mengatakan, sebenarnya ruang lingkup AVSEC sangatlah luas, tidak hanya mereka yang bertugas di bandara saja.

"Ada AVSEC-nya maskapai, AVSEC yang di catering, di kargo, dan lain-lain. Jadi AVSEC itu sangat luas. Karena itu kami sekarang membuat namanya sesuai dengan spesifikasinya yaitu personnel airport security," terang Kiki kepada Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

  • Ini Alasan Harus Keluarkan Laptop Saat Pemeriksaan X-Ray di Bandara
  • Catat! Ini 8 Hal Penting Saat Pemeriksaan Keamanan di Bandara
  • Cara Jadi Aviation Security Bandara, Ketahui Syarat dan Sekolahnya

Airport Security, atau secara umum biasa dikenal dengan AVSEC, bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang di bandara.

AVSEC juga berperan penting dalam kelancaran aktivitas penerbangan. Mereka harus mematuhi prosedur dari badan regulasi internasional yaitu ICAO (International Civil Aviation Organization) yang dibawahi langsung oleh PBB.

"ICAO adalah salah satu badan khusus PBB yang khusus menangani penerbangan sipil. Sama dengan organisasi lainnya seperti UNESCO atau UNICEF," lanjut dia.

Dalam ICAO, tertulis bahwa tugas utama AVSEC adalah melakukan pengamanan terhadap penerbangan sipil dari tindakan melawan hukum.

Apa saja yang termasuk tindakan melawan hukum?

"Di antaranya sabotage, hijack (pembajakan), memberikan informasi palsu. Makanya di bandara kita sering lihat ada poster 'Jangan bercanda tentang bom', karena bercanda termasuk pemberian informasi palsu," jelas wanita yang sudah 15 tahun lebih bekerja di unit Airport Security ini. 

Sering dikira hanya melayani pengecekan barang dan penumpang di Security Check Point (SCP), ternyata tugas seorang AVSEC lebih luas dari itu.

Kiki menjelaskan, layanan keamanan yang diberikan AVSEC terbagi menjadi dua jenis.

Pertama, pemeriksaan keamanan yang familiar dilihat oleh masyarakat. Kedua, pengendalian keamanan atau security control yang tidak selalu terlihat.

"Security control, berarti ini teman-teman yang ada di tiap-tiap akses atau pintu. Ada juga yang di pagar barimeter dan tidak bertemu penumpang," terangnya.

Selain itu, ia melanjutkan, ada yang melakukan pengawasan di daerah kendali. Seperti tempat-tempat untuk supply kepentingan besar di bandara, misalnya listrik, air, dan bahan bakar.

Secara umum, tidak ada kewajiban atau ketentuan khusus berapa jumlah AVSEC yang harus tersedia di suatu bandara.

Namun, yang biasanya ditentukan adalah jumlah personil bagian pengecekan keamanan. Misalnya, menurut Kiki, satu jalur pengecekan keamanan harus diisi oleh lima orang.

Selain dari itu, tidak ada jumlah tetap asalkan kebutuhan personil tercukupi.

Menurut Kiki, jenjang karir seorang petugas AVSEC tergantung dari masing-masing individu.

"Kalau dia bisa mengoptimalkan fungsi tugasnya sebagai airport security, kemungkinan dia juga akan memiliki karir yg gemilang," tegas dia.

Seorang AVSEC memiliki kemungkinan untuk memperoleh banyak kesempatan. Di antaranya kesempatan untuk berkomunikasi, berkoordinasi, dan menjalin relasi dengan stakeholders atau pihak pemangku kebijakan yang penting, terutama di bandara internasional.

Kiki melanjutkan, banyak dari petugas AVSEC yang karirnya tidak hanya di Angkasa Pura, karena kemudian mendapat kesempatan atau relasi kuat dengan orang-orang di luar bidangnya.

Lalu, berapa kisaran gaji atau pemasukan dari AVSEC?

Mengutip Kompas.com, Jumat (2/7/2021), seorang petugas AVSEC bandara berstatus PNS di Kementerian Perhubungan, setiap bulannya bisa memperoleh Rp 5,1 juta pada tahun-tahun pertama. Angka tersebut sudah termasuk gaji pokok dan berbagai tunjangan.

Terakhir, Kiki berpesan, profesi AVSEC mungkin bisa dijadikan referensi bagi anak-anak muda dan generasi milenial yang cenderung aktif.

"Kalau suka dengan keaktifan, tantangan, atau suka ketemu orang baru, AVSEC tempatnya. Bisa ketemu banyak orang dan bermacam-macam (karakter) orang," ujarnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/02/18/180600027/apa-itu-aviation-security-kenali-profesi-petugas-keamanan-di-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke