Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kanada Longgarkan Aturan Tes Masuk untuk Pelancong yang Sudah Divaksin

KOMPAS.com - Pemerintah Kanada akan melonggarkan aturan tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan internasional yang sudah divaksin, Menteri Kesehatan mengumumkan pada hari Selasa (15/2/2022).

Pelaku perjalanan internasional yang telah divaksin penuh boleh mengganti tes PCR dengan tes rapid saat akan memasuki Kanada, mulai 28 Februari 2022 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Federal Jean-Yves Duclos, melansir CNN, Jumat (18/2/2022).

  • Kanada Masuk Daftar Level 4 CDC, Berisiko Tinggi untuk Perjalanan
  • Jepang Akan Kurangi Masa Karantina dari Luar Negeri Jadi 3 Hari

Tes rapid dapat dilakukan sehari sebelum tiba di negara tersebut, sedangkan tes PCR dapat dilakukan 72 jam sebelum jadwal penerbangan atau kedatangan di perbatasan.

Selain itu, Pemerintah Kanada tidak lagi menyarankan penduduknya untuk menghindari perjalanan yang tidak terlalu penting.

"Saya senang mengumumkan perubahan ini hari ini, karena saya tahu banyak dari kita menantikan hidup dengan pembatasan Covid-19 yang lebih sedikit. Namun, kita harus terus berhati-hati," kata Duclos.


Kanada kembali jalankan program pengawasan tes acak dan pelonggaran lain

Negara ini juga kembali menjalankan program pengawasan tes acak yang sudah ada sebelum lonjakan varian Omicron muncul.

Namun ke depannya, pelaku perjalanan internasional yang telah divaksin lengkap dan terpilih melakukan sistem tes acak, tidak akan lagi diharuskan untuk karantina sambil menunggu hasil tes.

Selain itu, aturan pembatasan untuk anak-anak berusia 11 tahun ke bawah yang belum sepenuhnya divaksinasi dan bepergian dengan orang tua yang divaksinasi lengkap akan dicabut.

Anak-anak yang termasuk dalam kategori ini, tidak perlu lagi mengisolasi diri sebelum bersekolah, ke tempat penitipan anak, atau ke perkemahan. Mereka juga tidak perlu lagi menjalani tes Covid-19.

Duclos mengatakan bahwa meski pengumuman kebijakan ini berusaha mendorong kelonggaran, semua aturan akan berdasarkan pada "evaluasi yang konstan". 

Artinya, Pemerintah Kanada akan tetap menyesuaikan peraturan dan memantau kondisi virus Covid-19 ke depannya.

"Kanada perlu bersiap untuk mengatasi gelombang di masa depan, varian masa depan yang mungkin lebih atau tidak lebih kecil dari gelombang Omicron ini, tergantung pada bagaimana virus berevolusi," katanya.

Sementara, pelaku perjalanan yang belum divaksin tetap harus menjalani tes dan wajib karantina 14 hari saat memasuki negara ini.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/18/203534727/kanada-longgarkan-aturan-tes-masuk-untuk-pelancong-yang-sudah-divaksin

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke