Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Glamping untuk Nonton MotoGP Mandalika, Tarif Mulai Rp 250.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain hotel dan homestay, glamorous camping atau glamping juga bisa menjadi pilihan akomodasi bagi penonton MotoGP Mandalika 2022.

Glamping Kelana, fasilitas glamping yang disiapkan untuk perhelatan tersebut berlokasi di kawasan Mandalika, tepatnya di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Saat ini, baru ada 20 unit tenda di Glamping Kelana, namun jumlahnya akan terus ditambah hingga target 1.000 unit tenda dengan kapasitas 2.000 orang.

Pembangunan area glamping ini ditujukan sebagai langkah alternatif untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dan antusiasme masyarakat terhadap MotoGP.

"Karena minat yang sangat tinggi terhadap MotoGP, jadi akhirnya karena kreativitas bangsa kita dibuatlah tenda-tenda ini sebagai alternatif hunian," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis, Minggu (20/02/2022).

  • 3 Alternatif jika Kehabisan Kamar Hotel di Mandalika
  • 7 Tempat Glamping Bali dengan Pemandangan Alam yang Indah
  • 6 Tempat Glamping Ciwidey Bandung, Tawarkan Pemandangan Alam

Sandiaga menjelaskan, lokasi glamping dipilih sesuai dengan tren pariwisata di Indonesia pascapandemi Covid-19. Pada periode tersebut, wisata berbasis alam menjadi pilihan utama bagi para wisatawan.

"Mereka (wisatawan) lebih suka di alam terbuka dan kami melihat kunjungan ke desa wisata mengalami peningkatan 30 persen dan (persentase peminat) ekowisata juga naik," ungkapnya. 

Mulai Rp 250.000

Ada dua paket glamping yang ditawarkan. Pertama, paket camping, yakni kesempatan menginap di tenda dan mendapatkan fasilitas yang tersedia. Paket camping dibanderol mulai Rp 250.000.

Paket lainnya adalah glamping, meliputi sarana dan transportasi dari bandara ke Glamping Kelana, penginapan, dan menikmati fasilitas yang tersedia. Paket ini dibanderol sekitar Rp 600.000.

Nantinya, lokasi glamping akan dilengkapi fasilitas seperti toilet portabel, mushola, dan panggung mini yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan produk-produk ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar.

"Ini adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi karena selain 1.000 tenda, nanti di depan akan ada 75 tenda glamping yang lebih besar yang disiapkan oleh Eiger. Tentu ini adalah bagian dari komitmen dan sinergi semua pihak," ucap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

  • 4 Rute Pelayaran Disiapkan untuk MotoGP Mandalika 2022
  • 5 Paket Nonton MotoGP Mandalika 2022, Harga Mulai Rp 3 Juta

https://travel.kompas.com/read/2022/02/20/170300627/glamping-untuk-nonton-motogp-mandalika-tarif-mulai-rp-250.000

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke