Salin Artikel

Jawa Barat Fokus Kembangkan Wisata Selaras Alam dan Homestay

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Barat akan fokus mengembangkan wisata dengan konsep selaras dengan alam. Artinya, sebuah destinasi wisata alam dikembangkan agar menambah daya tarik wisatawan, tetapi tanpa merusak alam.

Meski begitu, destinasi tersebut harus tetap memiliki nilai tambah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan, hal itu sesuai arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Seperti di perkebunan teh, jangan mengubah lanskap kebun tehnya, tetapi cukup dengan membuat skywalk dari kayu, lalu menjadi Instagramable."

Demikian ungkap Benny dalam keterangan persnya, seperti dikutip Kompas.com dari Situs Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Minggu (20/02/2022).

  • Taman Langit Pangalengan, Indahnya Panorama Samudra Awan yang Memesona
  • Wayang Windu Panenjoan Pengalengan, Lihat Sunset dari Ketinggian

Selain itu, Pemprov Jabar juga akan fokus mengembangkan konsep homestay agar masyarakat di sekitarnya ikut mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Misalnya, kualitas ruang tidur dan kamar mandi di setiap homestay diperbaiki secara perlahan sehingga kualitasnya memenuhi standar internasional.

Sebab, kualitas itulah yang menurutnya bakal menjadi penilaian ketika wisatawan bermalam di homestay.

"Nah itu akan kita coba hidupkan dan kembangkan kembali di obyek wisata kita sekarang," tuturnya.

Adapun Disparbud Jabar sendiri sudah meluncurkan West Java Calendar of Event (CoE) 2022 dan akan menampilkan 50 event sepanjang 2022 untuk menarik wisatawan.

"50 event itu hasil kurasi dari 260 event yang diajukan kabupaten/kota, setelah disaring oleh para ahli maka ada 50 event yang dinilai layak jual."

"Karena seperti pesan Pak Gubernur, kita harus menampilkan atraksi wisata yang layak jual, dan harus sesuai selera pasar," kata Benny.

  • 6 Tempat Glamping Ciwidey Bandung, Tawarkan Pemandangan Alam
  • Glamping Legok Kondang Ciwidey, Tawarkan Wisata Alam dengan Suasana Bali

https://travel.kompas.com/read/2022/02/20/223952327/jawa-barat-fokus-kembangkan-wisata-selaras-alam-dan-homestay

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.