Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tips Hemat Saat Traveling Bareng Grup, Anti-boros

KOMPAS.com - Traveling ramai-ramai bersama teman ataupun keluarga merupakan pengalaman yang menyenangkan. Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum melakukan traveling bersama grup, salah satunya adalah anggaran alias bujet.

Sebab, beberapa pembayaran dilakukan secara grup sehingga nominalnya tentu lebih besar. Oleh sebab itu, perencanaan budget sangat penting sebelum traveling bersama grup.

Tujuannya agar pembayaran selama traveling menjadi adil dan merata bagi semua anggota, sehingga tidak memberatkan beberapa anggota kelompok saja. Selain itu, perencanaan budget bisa menghemat biaya saat traveling bersama grup.

Berikut adalah 10 tips menghemat biaya saat traveling bersama grup, seperti dilansir The Travel:

1. Kurangi belanja

Mengurangi belanja barang maupun makanan merupakan jurus jitu menghemat biaya saat traveling bersama grup. Tak bisa dimungkiri, setiap tempat wisata menawarkan beragam suvenir, makanan, dan minuman enak yang menggoda pelancong.

Tips hemat saat traveling bersama grup adalah setiap anggota bisa membeli sesuatu yang berbeda satu sama lain. Jika memungkinkan, barang tersebut bisa dibagi dengan anggota lainnya, misalnya makanan atau minuman.

Tentunya, sistem pembagian tersebut tidak berlaku untuk hal-hal yang bersifat pribadi.

Membuat anggaran adalah cara lain hemat biaya saat traveling bersama grup. Anggaran kelompok harus menentukan dengan jelas apa yang akan dibelanjakan oleh anggota grup serta kapan waktunya.

Dengan begitu, anggota kelompok dapat berpatokan pada anggaran tersebut. Dalam menyusun anggaran kelompok, setiap anggota dapat berbagi ide dan trik belanja hemat.

Tentunya, anggaran grup tersebut harus mengakomodasi semua orang dalam kelompok.

3. Berbagai kamar

Keuntungan bepergian bersama grup adalah dapat berbagi kamar dengan anggota lainnya. Trik ini akan menghemat biaya penginapan, bahkan hingga 50 persen dibandingkan menyewa kamar sendirian.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua hotel maupun penginapan memperbolehkan berbagai kamar bagi tamu. Oleh sebab itu, pastikan kamu dan temanmu telah memeriksa aturan berbagi kamar tersebut sebelum memesan tiket kamar.

Selain mengurangi biaya penginapan, traveling bersama grup juga dapat menekan biaya transportasi. Tips hemat biaya transportasi saat traveling bersama grup adalah menggunakan moda transportasi yang bisa disewa secara rombongan.

Misalnya, kamu dan teman-teman bisa menyewa mobil untuk digunakan bersama daripada masing-masing anggota naik taksi atau kendaraan lainnya. Selain itu, beberapa moda transportasi juga memberikan diskon tarif bagi perjalanan grup.

Jadi, pastikan kamu mencari informasi mengenai paket perjalanan rombongan karena bisa jadi harganya lebih murah.

5. Pesan sebagai grup

Ada banyak tempat yang menawarkan diskon untuk pemesanan rombongan. Jadi, ini merupakan tips lain untuk meminimalkan biaya saat traveling bersama grup.

Tempat yang menawarkan diskon pemesanan grup itu bisa berupa tempat wisata, restoran, taman hiburan, dan moda transportasi seperti disampaikan sebelumnya.

Jadi, selalu periksa fasilitas harga khusus untuk pemesanan grup. Jika tidak ada, kamu bisa menawar untuk mendapatkan kesepakatan lebih baik untuk grup kamu.

6. Terbang di luar peak season

Tips ini berlaku untuk traveling bersama grup maupun individu. Sebab, traveling bukanlah keadaan darurat, jadi sebaiknya hindari penerbangan pada musim puncak liburan (peak season).

Waktu terbaik untuk terbang adalah Senin dan Selasa dibandingkan hari-hari lainnya. Jadi, kamu dan rombongan bisa mendapatkan harga lebih murah karena tidak banyak orang bepergian di hari itu.

Cara menyiasatinya adalah merencanakan liburan jauh-jauh hari bersama teman-teman kamu. Jadi, setiap anggota grup bisa mengosongkan jadwal di hari Senin dan Selasa.

7. Sewa penginapan

Jika kamu dan grup memilih menginap di hotel, sudah pasti tarifnya lebih mahal. Sebab, mayoritas hotel membatasi ketentuan berbagai kamar.

Sebagai alternatif, rombongan dapat menyewa sebuah vila atau homestay. Mungkin fasilitasnya tidak selengkap atau semewah hotel, tetapi menyewa vila atau homestay adalah tips menghemat biaya saat traveling bersama grup.

  • Fasilitas Wisata di Desa Wisata Nusa Aceh Besar, Ada Becak dan Homestay
  • Pelayanan dan Kualitas Homestay Bantu Tingkatkan Wisatawan Borobudur

8. Membawa makanan sendiri

Membawa makanan sendiri merupakan cara terbaik untuk meminimalkan biaya saat bepergian bersama rombongan. Jenis makanan dapat disesuaikan dengan tujuan liburan.

Misalnya, saat mendaki gunung atau berkemah, rombongan bisa memasak makanan sendiri karena tidak mudah untuk mendapatkan akses makanan. Sebuah grup perjalanan juga bisa memasak sendiri jika mereka menyewa homestay atau vila yang dilengkapi fasilitas dapur.

9. Kurangi barang bawaan

Barang bawaan merupakan salah satu faktor yang membuat biaya perjalanan membengkak. Utamanya saat bepergian jarak jauh menggunakan pesawat terbang.

Oleh sebab itu, setiap anggota grup sebaiknya membatasi barang bawaan sesuai kebutuhan, serta mengeliminasi barang yang tidak penting. Meskipun, apabila ada kelebihan bagasi akan menjadi tanggung jawab pribadi.

Namun, kelebihan bagasi tersebut tidak hanya menyulitkan kamu selama perjalanan. Sebab, perjalanan anggota grup lainnya pun ikut terhambat karena harus menunggu proses kelebihan bagasi kamu.

Kejadian seperti itu, sebaiknya dihindari saat bepergian bersama grup.

10. Menggunakan jasa penduduk lokal

Tips selanjutnya adalah menggunakan jasa penduduk setempat di obyek wisata. Sebab, mereka lebih mengetahui tempat-tempat wisata terbaik dengan harga paling terjangkau.

Selain itu, penduduk setempat tidak sungkan menawarkan bantuan jika kamu dan grup mengalami kesulitan. Berinteraksi dengan warga lokal juga membuat traveling bersama grup menjadi lebih seru.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/21/152435827/10-tips-hemat-saat-traveling-bareng-grup-anti-boros

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke