Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Berlayar Perdana pada 4 Maret 2022

KOMPAS.com - Setelah melalui proses pembuatan selama tiga tahun, akhirnya kapal pesiar terbesar di dunia yaitu Wonder of the Seas dari Royal Caribbean, siap menerima penumpang.

Kapal pesiar ini akan memulai pelayaran perdananya dari Fort Lauderdale di Florida, Amerika Serikat (AS), ke Karibia pada Friday (4/3/2022), dikutip dari CNN, Rabu (23/2/2022).

Dengan 18 dek yang dibangun di galangan kapal Chantiers de l'Atlantique di Saint-Nazaire, Perancis, Wonder of the Seas berkapasitas 6.988 tamu dan 2.300 awak kapal.

Wakil Presiden Operasional Hotel di Royal Caribbean Internasional, Mark Tamis, mengatakan bahwa pihaknya merasa senang untuk memperkenalkan kapal pesiar tersebut kepada para tamu. 

"Dari perencanaan hingga pengiriman, kami telah memanfaatkan para ahli di seluruh Royal Caribbean, serta menggabungkan saran tamu dan feedback mitra perjalanan kami untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menakjubkan," lanjut Tamis. 

Kapal pesiar mewah ini akan dioperasikan selama lima hingga tujuh malam dari Fort Lauderdale, Florida, ke Karibia pada bulan Maret.

Selanjutnya, mereka akan meluncurkan kapal pesiar Western Mediterranean dari Barcelona, Spanyol, dan Roma, Italia, pada bulan Mei mendatang.

Tamis menjelaskan, Wonder of the Seas terdiri dari delapan bagian, yang salah satunya dipenuhi lebih dari 20.000 tanaman asli.

Tak hanya itu, kapal tersebut juga punya fasilitas lainnya, di antaranya perosotan tertinggi di laut, garis zipline setinggi 10 dek, dan layar film di tengah kolam raksasa.

Kapal pesiar tersebut awalnya direncanakan untuk dikirim pada tahun 2021, meski akhirnya diundur akibat pandemi Covid-19. 

Industri jalur pelayaran telah terdampak pandemi selama dua tahun terakhir. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengumumkan pada akhir Desember 2021, berlayar dengan kapal pesiar berisiko tertinggi Covid-19. 

Hal ini akibat adanya peningkatan infeksi di antara penumpang dan awak kapal setelah munculnya varian Omicron.

Pada Januari 2022, aturan pembatasan Covid-19 dari badan kesehatan tersebut akhirnya menjadi opsional untuk sebagian besar kapal pesiar.

Pada bulan Februari ini, CDC menurunkan tingkat risiko pelayaran kapal pesiar dari Level 4 ke Level 3. Artinya, orang-orang dapat berwisata dengan naik kapal pesiar, namun mereka harus sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 penuh sebelum perjalanan. 

Aturan vaksinasi dan tes bagi penumpang kapal pesiar

Berdasarkan aturan CDC yang berlaku sampai 15 Januari, 95 persen penumpang dan awak kapal wajib sudah divaksinasi.

Sementara itu, beberapa jalur pelayaran bahkan mewajibkan vaksinasi untuk semua penumpang dan awak kapal, tanpa terkecuali.

Pada Januari lalu, Royal Caribbean diketahui menghentikan operasional beberapa kapalnya, termasuk Symphony of the Seas dan Serenade of the Seas, akibat pandemi.

Saat ini, jalur pelayaran mengharuskan semua tamu berusia 12 tahun ke atas untuk memperoleh vaksinasi dosis penuh. 

Calon penumpang kapal yang berusia di atas dua tahun masih harus menyerahkan tes negatif Covid-19 sebelum berlayar. Mereka juga harus memakai masker di beberapa area umum dalam ruangan di atas kapal.

  • Dua Kapal Pesiar dari Norwegia Izinkan Penumpang Mereka Lepas Masker
  • Penumpang Kapal Pesiar di AS yang Sudah Divaksin Boleh Lepas Masker

https://travel.kompas.com/read/2022/02/23/203143227/kapal-pesiar-terbesar-di-dunia-berlayar-perdana-pada-4-maret-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke