Salin Artikel

Harga dan Rute ke Omah Kembang Magelang, Vila Dikelilingi Enam Gunung

KOMPAS.com - Menginap di vila menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan sekaligus menghilangkan penat. Lokasi vila identik dengan pemandangan asri, udara sejuk, serta jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Setiap vila memiliki keunikan masing-masing bagi para tamunya. Sebut saja Omah Kembang, salah satu vila di Magelang, Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan gunung-gunung di Jawa Tengah.

Koordinator Omah Kembang Agus Riyanto mengatakan Omah Kembang dikelilingi enam gunung, sehingga menghadirkan pemandangan yang indah.

“Di belakang vila ada Gunung Merbabu dan Merapi. Kalau dari depan ada Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Kalau, pas cerah banget Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing juga kelihatan dari tempat kami,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (22/02/2022).

Agus mengatakan, arsitektur bangunan di Omah Kembang mempunyai ciri Eropa klasik. Konsep Eropa klasik tersebut dipadukan dengan sajian makanan tradisional yakni teh trasan dan geplak.

Teh trasan merupakan jenis teh hijau yang hanya tumbuh di daerah Ngablak, Magelang. Proses menyeduh dan meminum teh trasan cukup unik berbeda dengan teh pada umumnya.

“Omah Kembang mempunyai tagline ‘ketika selera klasik bertemu dengan selera tradisonal’, itulah mengapa untuk konsep bangunan kami hampir seperti Eropa, tapi tidak lupa ada sisi tradisional dari menu tradisional sekitar,” imbuhnya.

Vila ini memiliki halaman luas yang ditumbuhi rerumputan hijau, sehingga dapat digunakan untuk berkemah (camping) para tamu. Selain itu, terdapat pohon cemara di sekitar vila.


Harga dan fasilitas Omah Kembang Magelang

Agus menerangkan, Omah Kembang memiliki sejumlah fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung. Meliputi, penginapan keluarga (family room), vila, paket pertemuan, jeep trip, dan camping.

Harga menginap di family room sebesar Rp 500.000 per malam tanpa sarapan dan Rp 700.000 meliputi sarapan. Kamar ini memiliki kapasitas empat orang, serta dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti air panas, TV, pemanas air minum, dan wifi.

Sedangkan vila disewakan dengan harga Rp 2 juta per hari. Fasilitas vila di Omah Kembang meliputi tiga ruang kamar yang muat hingga dua orang, dapur mini, sarapan, lemari es, dispenser, TV, dan wifi.

“Jadi, kalau tamu mau menginap di tempat kami, lalu ingin masak sendiri sudah kami sediakan, tinggal bawa makanan sendiri,” ujarnya.

Ada sejumlah ketentuan untuk sewa vila, yakni tamu wajib menyetor deposit minimal 30 persen dalam kurun satu minggu setelah reservasi. Apabila batal, maka akan dikenakan charge sesuai dengan ketentuan.

Selain fasilitas penginapan, Omah Kembang juga menyediakan paket pertemuan. Agus menuturkan harga paket pertemuan setengah hari sebesar Rp 85.000 per orang dan satu hari Rp 100.000 per orang.

Fasilitas paket pertemuan meliputi sewa ruang, meja, kursi, makan peserta, coffe break, sound system, dan lainnya.

“Jadi, nanti dikali jumlah peserta pertemuan,” tuturnya.

Jika berkunjung ke Omah Kembang, para tamu tidak boleh melewatkan jeep trip ke Gunung Telomoyo. Perjalanan menelusuri gunung tersebut menempuh waktu selama dua sampai empat jam bergantung paket jeep trip yang dipilih peserta.

Terdapat lima paket jeep trip yang ditawarkan oleh Omah Kembang dengan tarif mulai dari Rp 700.000 hingga Rp 1 juta per jeep. Satu unit jeep dapat ditumpangi oleh empat orang dewasa

Fasilitas jeep trip ini meliputi perjalanan ke Gunung Telomoyo, makan, mengunjungi tempat wisata, melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahani terbenam (sunset) dari puncak Gunung Telomoyo.

Fasilitas bergantung pada harga paket yang dipilih. Paket paling mahal adalah sunrise karena harus berangkat lebih awal.

“Jadi, kalau mau ke Telomoyo itu tidak perlu capek-capek, bisa naik jeep dari tempat kami diantar trip kurang lebih dua jam,” kata Agus.

Pengunjung Omah Kembang juga bisa menikmati sensasi tidur di alam terbuka dengan memilih paket camping. Omah Kembang menyediakan fasilitas sewa tenda seharga Rp 450.000 untuk empat orang.

“Tapi tamu bisa bawa tenda sendiri. Kalau tenda sendiri hanya membayar sewa tempat saja Rp 200.000. Tapi, kalau hujan kami tidak rekomendasikan untuk camping,” ujarnya.


Rute menuju Omah Kembang Magelang

Lokasi Omah Kembang tepatnya berada di Dusun Krangean, Jogoyasan, Ngablak, Kabupaten Magelang.

“Kalau dari pusat Kota Magelang perjalanan sekitar 45 menit, patokannya ada Pasar Ngablak,” kata Agus.

Jarak dari Kota Magelang menuju Omah Kembang kurang lebih 28,4 kilometer (km). Wisatawan dapat mengambil rute melalui Jalan Magelang-Kopeng-Salatiga. Perjalanan di jalan ini kurang lebih 25 kilometer dengan waktu tempuh 40 menit.

Mendekati lokasi, kamu akan menemukan Pasar Ngablak, lalu ada Pos Koramil 07 Ngablak di pertigaan. Tepat di pertigaan, belok kanan untuk sampai di lokasi Omah Kembang.

Jika kamu berminat menginap di vila sekaligus menikmati pemandangan dari Omah Kembang dapat menghubungi nomor yang tertera dalam akun Instagram Omah Kembang, @kembang_omah.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/25/120200427/harga-dan-rute-ke-omah-kembang-magelang-vila-dikelilingi-enam-gunung

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.