Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Liburan di Musim Hujan agar Tetap Nyaman

KOMPAS.com - Musim hujan kerap menjadi kendala untuk berlibur. Namun, bukan berarti kita tidak bisa traveling sama sekali.

Dengan persiapan matang, liburan kamu akan tetap nyaman meskipun turun hujan. Berikut enam tips liburan saat musim hujan agar perjalananmu tetap nyaman.

1. Cek ramalan cuaca

Memeriksa ramalan cuaca sebelum pergi berlibur akan membantu kamu mengantisipasi masalah cuaca di destinasi tujuan. Apalagi, jika kamu berencana mengunjungi wisata alam.

Namun, tentunya kamu harus bersiap dengan semua situasi, karena hal itu merupakan konsekuensi dari liburan di musim hujan.

Dengan mengecek prediksi cuaca, kamu bisa merencakan kunjungan ke destinasi wisata. Misalnya, pilih waktu keliling obyek wisata saat ramalan cuaca menunjukkan cuaca terang.

Akan tetapi, ramalan cuaca tak selalu tepat 100 persen. Jadi, kamu juga harus bersiap dengan kondisi terburuk.

Payung dan jas hujan merupakan dua perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan di musim hujan. Kamu bisa memilih payung lipat sehingga barang bawaan tetap efisien.

Pastikan kedua barang tersebut berada di tempat yang mudah dijangkau, sehingga kamu tidak perlu repot membongkar tas ketika turun hujan secara tiba-tiba.

Selain payung dan jas hujan, sebaiknya kamu menggunakan tas anti air. Dengan demikian, barang-barang bawaan kamu terjaga tetap kering.

3. Pilih pakaian yang cepat kering

Pakaian basah kuyup adalah hal yang tidak nyaman. Sayangnya, itu bisa saja jika terjadi jika kita berlibur saat musim hujan. Jadi, kamu harus mempersiapkan mental dengan kondisi tersebut.

Tips agar liburan kamu tetap nyaman adalah membawa pakaian dengan bahan yang cepat kering. Misalnya, menggunakan pakaian berbahan katun ringan tentu lebih menguntungkan daripada pakaian berbahan jeans atau wol.

Dengan demikian, kamu bisa mengeringkan baju saat di penginapan dalam waktu singkat.

Dengan bahan yang cepat kering, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan tanpa membawa baju basah.


4. Pilih lokasi indoor

Agar liburan tetap nyaman meskipun di tengah musim hujan, cobalah siasati dengan memilih destinasi wisata dalam ruangan (indoor).

Karenanya, kamu perlu membuat rencana perjalanan dengan matang khususnya saat berlibur pada musim hujan.

Saat ini, banyak destinasi wisata indoor yang menyediakan fasilitas tak kalah menarik dengan obyek wisata outdoor.

Sejumlah destinasi wisata indoor telah dilengkapi dengan wahana, taman bermain, dan lainnya serupa dengan obyek wisata outdoor. Jadi, kamu tetap bisa menikmati liburan meskipun di luar tengah ruangan turun hujan.

Cuaca yang tidak menentu berisiko pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, upayakan membawa sejumlah vitamin saat liburan di tengah musim hujan.

Hal tersebut untuk memastikan kondisi tubuh kamu tetap fit meskipun cuaca tidak menentu. Selain itu, pastikan kamu menjaga asupan makanan selama perjalanan.

Jangan sampai tumbang di tengah liburan karena hal tersebut justru membuat perjalanan kamu berantakan.

6. Siapkan dana ekstra

Usahakan memiliki dana ekstra saat liburan di tengah musim hujan. Sebab, cuaca yang tidak menentu juga bisa membuat pengeluaran membengkak, sehingga kamu membutuhkan dana ekstra.

Misalnya, ketika hujan turun mau tidak mau kamu harus menyewa mobil padahal pada rencana awal, perjalanan bisa dijangkau menggunakan motor atau berjalan kaki. Alhasil, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi.

Itu dia enam tips liburan di musim hujan yang dapat kamu coba agar perjalanan kamu tetap nyaman. Hal paling utama adalah mempersiapkan mental bahwa dalam perjalanan bisa saja kamu kehujanan sehingga perjalanan kamu terkendala.

https://travel.kompas.com/read/2022/02/27/200600527/6-tips-liburan-di-musim-hujan-agar-tetap-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke