Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Balkondes Karangrejo Jawa Tengah Bangun Taman dan Spot Foto

KOMPAS.com - Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo tengah membangun beberapa fasilitas untuk pengembangan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman resmi Balkondes Borobudur, Balkondes diketahui merupakan program bentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dimanfaatkan sebagai pusat ekonomi kreatif dan pariwisata.

Untuk menyambut wisatawan, khususnya di Jawa Tengah, terdapat 20 Balkondes di daerah Borobudur yang didukung oleh beberapa BUMN, salah satunya PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

  • Homestay di Balkondes Karangrejo, Borobudur Disebut Sandiaga Terbaik di Dunia, Seperti Apa?
  • 8 Aktivitas Wisata Menarik di Desa Wisata Karangrejo, Borobudur
  • Harga Wisata dan Rute Menuju ke Desa Wisata Karangrejo

Dalam rangka meningkatkan fasilitas di Desa Karangrejo, Kepala Desa Karangrejo M Heli Rofikun mengatakan, ada beberapa pengembangan fasilitas, seperti taman dan spot foto, yang sedang dibangun.

"Taman ini sebagai salah satu alternatif untuk membuat titik-titik keramaian baru, kemarin di dekat Borobudur kan juga ada taman lumayan ramai. Nah kita coba terapkan di sini," ujar Heli kepada Kompas.com, Selasa (1/3/2022).

Adapun taman ini, tambahnya, belum memiliki nama karena baru dibangun sekitar 80 persen. Rencananya, pembangunan taman akan selesai pada akhir Maret 2022.

Posisi taman berada di samping Balkondes Desa Karangrejo, yang terletak 3 kilometer (km) dari kompleks wisata Candi Borobudur.

Heli mengatakan, selain taman, ada beberapa fasilitas penunjang lain yang sedang disiapkan. Mulai dari kafe, restoran, ruang rapat tertutup, plaza tempat pertunjukan, hingga ikon menarik di beberapa spot berfoto.

Rencananya, akan ada tiket masuk bagi pengunjung yang ingin menikmati fasilitas tersebut.

"Kalau masuk rencananya bayar, tapi belum pasti berapa. Masih kita bicarakan dan tentukan nanti," ujar dia.

  • 4 Tips Wisata ke Desa Karangrejo Borobudur
  • Anak di Bawah 12 Tahun yang Belum Divaksin Dilarang ke Candi Borobudur
  • Resmi, Candi Prambanan dan Borobudur Jadi Tempat Peribadatan Dunia

Dengan kapasitas 200 sampai 500 orang, Heli optimistis bahwa taman beserta fasilitas lainnya dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk perkumpulan para pengunjung.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (17/3/2021), Balkondes Karangrejo memiliki sederet fasilitas lainnya. Di antaranya homestay, pendopo dan panggung kesenian, paket wisata, dan tempat makan.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/01/180700727/balkondes-karangrejo-jawa-tengah-bangun-taman-dan-spot-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke