Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Maret, Uji Coba Bebas Karantina di Bali, Batam, dan Bintan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dipastikan akan melaksanakan uji coba bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) mulai 14 Maret 2022 mendatang.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, uji coba akan dilakukan terhadap PPLN yang berkunjung ke Bali, Batam, dan Bintan.

"14 Maret di Bali, Batam dan Bintan akan diujicobakan tanpa karantina. Ini tentunya akan kita persiapkan sebaik-baiknya, dan harapannya jika hasilnya baik, ini bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia mulai 1 April," ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Selasa (01/03/2022).

Rencananya, apabila langkah bebas karantina ini berhasil, aturan bebas karantina bagi PPLN akan turut diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, mulai 1 April 2022 mendatang.

Pemilihan Bali sebagai lokasi uji coba proyek percontohan bebas karantina bagi PPLN lantaran tingkat vaksinasi dosis kedua secara umum di Pulau Dewata tersebut dinilai tinggi dibandingkan provinsi lainnya.

Di sisi lain, pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara, menurut Sandiaga, sudah berjalan cukup lancar.

Hingga saat ini dilaporkan sudah lebih dari 1.600 wisatawan mancanegara yang datang ke Bali, 50 persen di antaranya memilih skema karantina bubble.

  • Warm Up Vacation Bukan Karantina, Apa Bedanya?
  • 5 Hotel Ini Terapkan Program Bali Warm Up Vacation, Harganya Rp 10 Juta-15 Juta untuk 5 Hari

Begitu pula untuk Batam dan Bintan di Kepulauan Riau. Menurut Sandiaga, jumlah wisatawan mancanegara yang berminat mengunjungi dua kawasan tersebut terus meningkat.

"Untuk di Batam dan Bintan kunjungan wisman terus meningkat dan dengan banyaknya event yang kita kerjakan di Batam dan Bintan, termasuk juga event-event olahraga, ini kita harapkan target sampai Mei 2022, 800 wisatawan Singapura yang sudah memesan tiket perjalanan dengan skema travel bubble Batam dan Bintan bisa terus kita tingkatkan," tuturnya.

Berdasarkan laporan dari Chairman Nongsa Sensation Andy Fong di Batam, Senin (28/02/2022), sebanyak 151 wisatawan asing asal Singapura telah mendaftar untuk berlibur ke Nongsa Sensation pada Maret 2022, dengan skema travel bubble atau gelembung perjalanan.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/01/211404627/14-maret-uji-coba-bebas-karantina-di-bali-batam-dan-bintan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke