Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turis Indonesia Kini Sudah Bisa Berlibur ke Australia, Ini 6 Syaratnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia membuka kembali pintu internasionalnya untuk para pelancong internasionalnya, 21 Februari 2022.

Ini berlaku bagi pelancong yang pemegang visa dan sudah divaksinasi penuh, termasuk turis, pelaku bisnis, dan pengunjung lainnya, termasuk turis dari Indonesia.

Untuk itu, saat ini kita sudah bisa merencanakan liburan ke Australia, lho.

Sementara bagi turis yang belum divaksinasi lengkap masih memerlukan syarat pengecualian perjalanan yang sah untuk memasuki Australia dan harus menjalani karantina di negara bagian dan wilayah tertentu.

Manajer Umum Regional Tourism Australia Asia Selatan dan Tenggara, Brent Anderson berharap masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk kembali merencanakan perjalanan ke Australia.

Apalagi, kata dia, Australia sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata utama masyarakat Indonesia, dengan 74 persen kunjungan ulang.

"Australia memiliki beragam produk yang beragam, kreatif, dan pengalaman baru berkelanjutan yang dapat memikat wisatawan Indonesia."

"Bagi semua orang yang merindukan Australia, tidak ada waktu yang lebih baik untuk membangkutkan rasa takjub tersebut dan membuka imajinasi dengan melakukan perjalanan ke Australia sekarang," ujar Anderson melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, belum lama ini.

  • Lucu, Observatorium Laut di Australia Ini Mirip Ikan Paus Raksasa
  • 4 Pilihan Wisata Saat Traveling ke Blue Mountains Australia

Jika kamu sudah merencanakan liburan ke Australia, Tourism Australia bekerja sama dengan berbagai pihak pengelola pariwisata dan mitra maskapai untuk memaksimalkan peluang pemesanan tiket perjalanan dan pemulihan pariwisata.

Beberapa rekanan Tourism Australia di Indonesia termasuk Avia Tour, Dwidaya Tour, Golden Rama Tour, Smailing Tour, Wita Tour, Celindo Tour dan Monas Tour.

Selain itu, Tourism Australia juga bekerja sama dengan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines untuk mendukung pemulihan industri penerbangannya dalam beberapa bulan ke depan.

"Kami akan terus berkolaborasi dengan pihak-pihak tersebut dalam membangun kembali semangat wisata ke Australia dan mewujudkannya menjadi pemesanan dan kunjungan. Indonesia, Australia kini siap untuk dijelajahi!" kata Country Manager Indonesia Tourism Australia, Agitya Nuraini.

Berikut beberapa syarat wisata ke Australia yang perlu diperhatikan oleh para turis asal Indonesia:

1. Mulai 21 Februari 2022, pemegang visa yang divaksinasi lengkap dengan dua dosis vaksin yang disetujui Therapeutic Goods Administration (TGA) dapat melakukan perjalanan ke Australia dengan bebas karantina, tanpa perlu mengajukan pengecualian perjalanan.

2. Pelancong internasional dapat nemasuki Australia jika telah memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Syarat Travelling ke Singapura Terbaru 2022, Bebas Karantina via VTL
  • Bebas Karantina, Simak Syarat Perjalanan Terbaru ke Thailand

3. Mulai 7 Februari 2022, pemegang visa yang divaksinasi lengkap dapat memasuki semua negara bagian dan wilayah, serta bebas karantina mulai 21 Februari 2022, kecuali wilayah Australia Barat yang dibuka pada 3 Maret 2022.

4. Turis harus mematuhi persyaratan di negara bagian atau wilayah kedatangan dan negara bagian atau wilayah lain yang mereka rencanakan untuk dikunjungi. Informasi tentang persyaratan masuk akan diperbarui secara berkala, sehingga turis dianjurkan untuk memeriksa persyaratan terbaru sebelum bepergian, atau jika menuju daerah yang akan dilalui.

5. Untuk persyaratan perjalanan ke negara bagian dan wilayah tertentu di Australia dapat dilihat melalui Situs web Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia.

6. Untuk informasi lebih lanjut tentang bepergian ke Australia, dapat mengunjungi laman Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia.

  • Wisata ke Tangalooma Australia, Seluncur di Pasir hingga Jelajah Pulau
  • Takjil khas Indonesia yang Mudah Ditemui di Australia

https://travel.kompas.com/read/2022/03/02/200500427/turis-indonesia-kini-sudah-bisa-berlibur-ke-australia-ini-6-syaratnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke