Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Tempat Ngopi Instagramable di Bandung, Cocok buat Nongkrong

KOMPAS.com - Ngopi menjadi kegiatan yang digandrungi banyak anak muda sekarang ini. Tak hanya rasa kopi, sebagian anak muda ini juga memilih tempat ngopi dengan desain yang Instagramable.

Jadi, selain nongkrong bersama teman sembari ngopi, mereka juga bisa mengunggah foto-foto Instagenic-nya.

Nah, ada sejumlah tempat ngopi di Bandung yang bisa kamu kunjungi jika mencari tempat nongkrong yang Instagramable. Berikut rekomendasinya, seperti dihimpun Kompas.com.

Tempat ngopi di Bandung yang Instagramable

Berikut 20 rekomendasi tempat ngopi yang Instagramable sehingga cocok buat lokasi nongkrong kamu dan teman-teman.

Morgy Coffee merupakan bagian dari galeri seni, Ruang Dini Bandung. Mengutip dari situs Ruang Dini, galeri ini juga dilengkapi dengan ruang pameran, toko karya seni, dan lainnya.

Jadi, selain ngopi pengunjung bisa melihat karya-karya seni di Ruang Dini Bandung. Morgy Coffee memiliki konsep industrialis modern yang didominasi warna abu-abu, elemen kayu, elemen besi, bata ekspos, dan furnitur berwarna hitam.

Kamu bisa mencicipi kopi jenis ristretto di Morgy Coffe, atau kopi yang serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit. Lokasinya berada di Jalan Anggrek nomor 46, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Tempat ngopi ini memiliki area indoor dan outdoor. Bangunan kafe mengusung tema industrial yang minimalis dan modern.

Salah satu spot foto populer di kafe ini adalah kursi melingkar yang berada di area outdoor, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (07/09/2020). Sawo Coffee & Roastery juga masih memiliki spot Instagramable lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Kafe yang berada di Jalan Braga Nomor 76, Kota Bandung ini menyajikan aneka kopi lokal maupun impor. Jika kamu ingin mencicipi menu Sawo Coffee & Roastery, bisa mengunjungi kafe ini pada pukul 08.00 WIB-22.00 WIB pada Senin sampai Jumat.

Sementara hari Sabtu dan Minggu dibuka lebih awal yakni pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kafe ini baru dibuka pada awal 2020 lalu, seperti dilansir Kompas.com dari Tribun Travel edisi Rabu (08/09/2021). Haloka menawarkan suasana khas kedai kopi zaman dulu yang dikombinasikan dengan sentuhan modern.

Ada berbagai pilihan kopi di Haloka, antara lain espresso, cappucino, latte, dan lainnya. Lokasinya berada di Jalan Veteran Nomor 7, Kebon Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Jika kamu ingin mencicipi menu Haloka, bisa mengunjungi kafe ini pada pukul 07.00 WIB-21.00 WIB pada Senin sampai Jumat.

Sementara hari Sabtu dan Minggu kafe ini buka pada pukul pukul 07.00 WIB- 22.00 WIB.

Tempat ngopi selanjutnya adalah DE.U Coffe. Kafe ini mengusung konsep minimalis dengan dominasi warna putih.

Kamu bisa menikmati aneka kopi mulai dari espresso, long black, cappuccino, latte, manual brew, dan lainnya. Sembari ngopi, jangan lupa untuk mengambil foto di spot-spot Instagramable.

Lokasinya berada di Jalan Dipati Ukur Nomor 23, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Selama pembatasan pandemi Covid-19, kafe ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kafe ini cukup unik karena mengusung arsitektur Bali, seperti dilansir dari Kompas.com edisi Senin (07/09/2020). Memiliki dua lantai, ruangan di Sanji Eatery didominasi warna putih dan cokelat sehingga menimbulkan kesan hangat.

Tak lupa pernak-pernik kayu khas Bali di setiap sudut kafe yang menjadi spot Instagramable bagi pengunjung.

Selain aneka kopi, Sanji Eatery juga menghadirkan beragam menu, baik menu khas Indonesia, western, Italia, dan signature atau menu khas Sanji Eatery.

Lokasinya berada di Jalan Sumber Mekar No.56, Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung.

6. Noah’s Barn

Tempat ngopi Instagramable selanjutnya adalah Noah’s Barn. Desain kafe ini mengusung tema rustic, dengan dominasi elemen kayu dan unfinished wall.

Noah’s Barn juga menyediakan sofa panjang bagi pengunjung yang datang secara rombongan.

Berbagai pilihan kopi tersedia di kafe ini, antara lain kopi asal Italia, ristretto, espresso, cappuccino, latte, dan lainnya. Noah’s Barn juga memiliki barista yang terampil dalam meracik kopi dan membuat hiasan kopi yang menarik.

Lokasinya berada di Jalan Dayang Sumbi Nomor 2, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Jam buka kafe ini mulai 10.00 WIB-21.00 WIB.

Tempat ngopi yang satu ini adalah kopi legendaris yang sudah berdiri sejak 1930-an, seperti dilansir dari Kompas.com, Sabtu (10/10/2020). Kopi hitam di warung ini menggunakan bubuk kopi merek Aroma yang merupakan kopi legendaris.

Kopi legendaris ini paling tepat disajikan bersama dengan roti srikaya yang merupakan kudapan andalan Warung Kopi Purnama.

Uniknya, selai srikaya yang digunakan spesial buatan rumahan menggunakan resep turun temurun dari generasi pertama pemilik Warung Kopi Purnama.

Selain menu legendaris, Warung Kopi Purnama juga menawarkan arsitektur dan interior bangunan yang kental dengan gaya Belanda. Lokasi warung kopi legendaris ini berada di Jalan Alkateri Nomor 22, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Tempat ngopi legendaris lainnya adalah Kopi Toko Djawa. Kopi ini memiliki beberapa cabang, namun pusatnya berada di Jalan Braga, Nomor 81, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (10/10/2020), toko kopi ini berada di deretan toko-toko bernuansa tempo dulu di Jalan Braga, Bandung. Jadi, sembari menikmati kopi legendaris kamu bisa foto di spot-spot Instagramable.

Sebelum menjadi toko kopi pada 2017, toko ini adalah salah satu toko buku paling populer di Bandung yang sudah berdiri sejak 1955. Setelah toko buku tutup, sang pemilik pun mengubahnya jadi toko kopi kekinian dengan tetap mempertahankan nuansa tempo dulu.

Kopi Toko Djawa di Jalan Braga buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-21.00 WIB.

9. Halu Kopi

Sesuai namanya, kopi di Halu Kopi berasal dari biji kopi yang berasal dari Gunung Halu, Bandung Barat, seperti dilansir dari Kompas.com, Minggu (16/08/2020).

Pada 2018 di Paris, jenis kopi ini pernah mendapatkan penghargaan Coffee Roasted in Their Country of Origin. Jika kamu ingin mencicipi Halu Kopi, maka dapat mengunjungi kedainya di Jalan Dr. Setiabudi 283, Kota Bandung.

Kedai kopi ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Kopi Mandja adalah salah satu rekomendasi tempat ngopi yang Instagramable. Kafe ini memiliki beberapa cabang, salah satunya berada di Jalan Dr. Setiabudi No.191, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

Mengutip Kompas.com, Minggu (16/08/2020) ternyata pemilik kafe ini adalah seorang fotografer. Jadi, tak heran jika desain bangunan kedai Kopi Mandja sangat Instagramable.

Jika kamu ingin mencicipi Kopi Mandja, maka datanglah ke kedai ini yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB-21.00 WIB.

11. Sejiwa Coffee

Kafe ini mengusung tema minimalis sehingga bangunannya didominasi warna putih. Dengan desain minimalis yang kekinian, Sejiwa Coffee menjadi tempat ngopi yang Instagramable.

Bagi penyuka kopi susu, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk tempat ngopi di Bandung. Kopi susu di kafe ini terkenal dengan rasanya yang legit, seperti dikutip dari Kompas.com edisi Minggu (16/08/2020).

Sejiwa Coffee sempat menjadi buah bibir lantaran pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017 di sela-sela kunjungan kerja ke Bandung. Lokasi Sejiwa Coffee berada di Jalan Progo No. 15, Citarum, Kota Bandung.


12. Armor Kopi

Kedai kopi ini menawarkan sensasi ngopi sembari menikmati pemandangan indah sekaligus Instagramable.

Mengutip Kompas.com, Armor Kopi berada di kawasan Taman Hutan Raya, Dago, Kabupaten Bandung. Lokasinya sekitar 8 kilometer ke arah utara dari Cihampelas, Kota Bandung.

Rasa lelah di perjalanan menuju lokasi terbayar dengan pemandangan hijau di sekitar kafe. Terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi sehingga suasananya rindang.

Pengunjung bisa menyeruput kopi di area outdoor sembari menghirup udara segar Dago, Bandung. Aneka kopi yang dijual mulai dari kopi robusta, arabika, liberika, dan lainnya.

Armor Kopi buka pada pukul 08.00 WIB-21.00 WIB pada Senin sampai Jumat. Sementara hari Sabtu dan Minggu buka lebih lama yakni pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kopi ini berada di galeri seni Selasar Sunaryo, Bandung, berdasarkan informasi situs Selasar Sunaryo. Jadi, selain menikmati seduhan kopi pengunjung bisa melihat pameran seni di galeri Selasar Sunaryo.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi toko cinderamata dan perpustakaan di galeri seni Selasar Sunaryo. Karena berada di galeri seni, maka tak diragukan lagi Kopi Selasar memiliki area yang Instagramable.

Uniknya, terdapat pohon di tengah ruangan yang menaungi meja-meja kayu di bawahnya. Kedai ini berada di Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 100, Bandung.

14. Lacamera Coffee

Lacamera Coffee memiliki desain ruangan yang minimalis modern dengan dominasi warna coklat. Desain minimalis di Lacamera Coffee sangat kekinian sehingga kamu bisa mengambil foto yang Instagramable.

Kafe ini menawarkan aneka kopi antara lain espresso, cappucinno, ristretto, dan lainnya. Tak melulu kopi, pengunjung juga bisa menikmati sajian lainnya seperti waffle, steak, burger, pasta, dan lainnya.

Jika kamu ingin mencicipi menu Lacamera Coffee, bisa mengunjungi kafe ini pada pukul 10.00 WIB-22.00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Naripan No.99, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.


15. Kopi Ireng

Kedai ini menyediakan kopi lokal dengan cita rasa dan aroma kopi original, seperti dilansir dari Kompas.com edisi Minggu (16/08/2020). Kedai ini memiliki interior unik, berbentuk seperti rumah joglo dilengkapi kursi juga meja berbahan kayu.

Pengunjung bisa menikmati kopi di malam hari sembari menikmati pemandangan kerlap-kerlip cahaya Kota Bandung dari ketinggian. Lokasinya berada Jalan Bukit Pakar Timur Nomor 1, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

16. Kopi Limarasa

Mengutip situs resmi Warung Limarasa, kedai ini didirikan pada 2017 oleh beberapa anak muda dari Bandung yang memiliki keinginan untuk mengenalkan dan melestarikan masakan cita rasa Indonesia.

Beberapa produk spesial dari Kopi Limarasa adalah sambal lima rasa dan kopi khas Kopi Limarasa yang menggunakan bahan-bahan dari Jawa Barat. Selain itu, pengunjung dapat membawa produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh khas Kota Bandung.

Selain makanan dan minuman khas, kedai ini memiliki banyak spot Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Braga Nomor 36, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Jam operasionalnya mulai dari 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Kedai Kopi Anjis memilki desain klasik yang memberikan rasa nyaman bagi para pengunjungnya. Mengutip situs Kopi Anjis, Kedai ini menawarkan berbagai varian kopi arabika, espresso, manual brew, kopi hitam, dan lainnya.

Salah satu kopi khas di Kopi Anjis adalah Kopi Sanger ala Kopi Anjis. Selain kopi, kedai ini menawarkan berbagai aneka makanan antara lain dimsum, roti, olahan pisang, nasi goreng, nasi bebek, dan lainnya.

Kopi ini memiliki dua cabang yang berada di Jalan Bengawan No.34, Cihapit, Kota Bandung dan Jalan Cigadung Raya Barat Nomor 8B, Cigadung, Kota Bandung.


18. Roemah Kopi

Desain Roemah Kopi bergaya Indonesia klasik dengan dilengkapi dengan perabot elemen kayu. Meskipun bergaya klasik, namun arsitektur Roemah Kopi memiliki banyak spot Instagramable.

Kopi ini berlokasi di Jalan Rancakendal Luhur Nomor 7, Dago, Bandung. Jam buka Roemah Kopi mulai dari 09.00 WIB-21.00 WIB.

19. Two Cents

Kedai kopi ini memiliki desain minimalis modern dengan dominasi elemen kayu serta banyak sudut Instagramable. Two Cents memiliki area outdoor dan indoor yang bisa menjadi pilihan tempat nongkrong.

Sajian kopi di Two Cents memiliki nama-nama unik. Antara lain, Orange Honey Latte Macchiato, Basil Espresso Tiny, Mushroom Melts, Cafe Cinnamon Mappletini dan lainnya.

Kafe ini berlokasi di Jalan Lombok Nomor 28a, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Kamu bisa mengunjungi kedai kopi ini pada pukul 07.00 WIB-21.00 WIB pada hari kerja dan 07.00 WIB-21.00 WIB pada akhir pekan.

20. KopiQ

KopiQ memiliki desain yang minimalis dengan dominasi warna putih. Dengan desain ruangan yang luas serta kaca lebar, maka KopiQ memberikan kesan nyaman bagi para pengunjungnya.

Berbagai varian kopi yang dapat dinikmati di KopiQ mulai dari americano, latte, cappuccino, dan lainnya.

Lokasinya berada di Ruko Mekar Agung Nomor 1-5, Mekarwangi, Bandung. KopiQ buka dari pukul 07.00 WIB-22.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/06/102006327/20-tempat-ngopi-instagramable-di-bandung-cocok-buat-nongkrong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke