Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garuda Indonesia dan Emirates Kerja Sama, Perluas Jaringan hingga ke Eropa

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengumumkan kerja sama codeshare dengan Emirates yang berlaku mulai Rabu (9/3/2022).

Sebagai informasi, codeshare merupakan perjanjian bisnis penerbangan, sehingga dua maskapai dapat berbagi penerbangan yang sama.

Melalui kerja sama codeshare ini, kedua maskapai tersebut memperluas jaringan penerbangan ke 16 rute di Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa yang dilayani masing-masing maskapai.

Penumpang Garuda Indonesia dapat memperoleh pilihan jaringan penerbangan ke berbagai destinasi yang dilayani Emirates. Di antaranya Dubai di Uni Emirat Arab (UEA); Paris di Perancis; London Heathrow dan Manchester di Inggris; Milan di Italia; dan Barcelona di Spanyol. 

Sementara itu, penumpang Emirates juga dapat memilih rute penerbangan ke berbagai destinasi di Indonesia yang dilayani Garuda Indonesia, melalui dua hub penerbangan Jakarta dan Denpasar.

Adapun sejumlah destinasi penerbangan tersebut, antara lain Denpasar (Bali), Surabaya, Makassar, Balikpapan, Manado, Medan, Padang, dan Solo yang akan dilayani melalui hub Jakarta. 

Sementara itu, tujuan domestik yang dilayani melalui hub Denpasar, yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Tak hanya perluasan jaringan penerbangan, Garuda Indonesia dan Emirates juga menjalin kerja sama melalui program frequent flyer.

Hal ini memungkinkan pelanggan kedua maskapai untuk mendapatkan dan menukarkan poin loyalty dengan reward tiket, fitur upgrades, atau manfaat eksklusif lainnya.

Tiket untuk penerbangan codeshare dibuka mulai Rabu (16/3/2022). Pemesanan dapat dilakukan melalui website Garuda Indonesia, aplikasi Fly Garuda, call center Garuda Indonesia, atau agen perjalanan.

Pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui website Emirates, aplikasi Emirates, atau agen perjalanan online dan offline. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, kemitraan ini sejalan dengan komitmen Garuda terhadap pemulihan ekonomi nasional dan menghubungkan Indonesia dengan dunia.

"Dengan semakin banyak negara yang melonggarkan pembatasan perjalanan dan membuka kembali perbatasan, kami berharap dapat melayani pengguna jasa Emirates yang terbang ke Indonesia, dan pengguna jasa Garuda yang bepergian ke lebih banyak tujuan di seluruh dunia," kata Irfan, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sementara itu, Chief Commercial Officer Emirates Adnan Kazim juga mengatakan, pihaknya senang dapat menjalin kemitraan dengan Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas kepada pelanggan kedua maskapai.

  • 20 Maskapai Terbaik Dunia Versi World Airline Awards, Ada Garuda Indonesia
  • 5 Syarat Naik Pesawat Tidak Perlu PCR dan Antigen, Wajib Vaksin Penuh
  • Maskapai Ini Tak Lagi Wajibkan Penumpangnya Pakai Masker di Pesawat 

Menurutnya, kerja sama codeshare ini akan memungkinkan kedua maskapai untuk memperluas jangkauan. Selain itu, memungkinkan pelanggan Emirates untuk menggunakan layanan dan terbang ke destinasi domestik Indonesia lainnya selain Jakarta dan Bali.

"Kami berharap dapat terus memperkuat kemitraan kami dan memperkenalkan lebih banyak manfaat dan nilai tambah yang dapat dinikmati oleh pelanggan kedua maskapai," ujar Adnan.

Saat ini, Garuda Indonesia memiliki kemitraan codeshare dengan lebih dari 23 mitra maskapai dan 70 mitra interline, dengan konektivitas penumpang Garuda Indonesia ke ratusan tujuan di seluruh dunia.

Sementara, Emirates saat ini memiliki kemitraan codeshare dengan 23 mitra maskapai, serta kerja sama interline dengan lebih dari 115 maskapai penerbangan dan perusahaan kereta api.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/10/063200027/garuda-indonesia-dan-emirates-kerja-sama-perluas-jaringan-hingga-ke-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke