Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Strange Slope China yang Melawan Gravitasi, Benda-benda Bergerak Naik

KOMPAS.com - Strange Slope atau 'lereng aneh' merupakan wisata alam di Provinsi Liaoning, China. Lereng ini disoroti karena keunikannya yang menyebabkan benda-benda menggelinding ke atas, bukan menuruni bukit.

Berlokasi di kaki Gunung Maoshan, dekat kota Shenyang, kawasan Strange Slope dianggap sebagai salah satu dari delapan keajaiban alam Provinsi Liaoning.

Lereng yang seolah menentang gaya gravitasi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1990, mengutip Oddity Central, Jumat (11/3/2022).

Menurut cerita warga lokal setempat, mulanya seorang petugas polisi menghentikan mobilnya di daerah itu. Saat melepaskan kakinya dari rem, ia melihat kendaraannya perlahan-lahan bergerak menanjak sampai menuju ke puncak.

Berita tentang fenomena aneh ini menyebar dengan sangat cepat. Hingga, tak lama kemudian, orang-orang dari seluruh China dan bahkan dari luar negeri, datang untuk melihat langsung lereng yang melawan gravitasi ini.

Di Strange Slope, kendaraan yang tampaknya berada di puncak lereng tidak meluncur atau menggelinding ke bawah, sedangkan kendaraan yang berada di bawah secara ajaib mulai naik ke atas.

Sama halnya dengan pengendara sepeda. Mereka harus mengayuh dengan keras untuk menuruni bukit dan akan mudah mendaki ke puncak lereng.

Tak hanya turis yang kebanyakan mengagumi fenomena aneh itu, Lereng Aneh Liaoning juga menarik perhatian para peneliti dan ilmuwan.


Selama bertahun-tahun, banyak teori telah mencoba menjelaskan fenomena aneh yang tidak biasa di Strange Slope.

Salah satu teori paling populer adalah adanya medan magnet yang menyebabkan kondisi tidak normal atau akibat ilusi optik sederhana.

Dengan tidak adanya medan magnet yang pernah terdeteksi di dalam atau di sekitar area Strange Slope, membuat teori ilusi optik menjadi alasan yang paling masuk akal.

Sederhananya, mata yang telah menipu kita. Jadi, yang terlihat oleh mata merupakan lereng menanjak itu sebenarnya menurun, dan sebaliknya.

Adapun Strange Slope adalah bagian penting dari industri pariwisata di Shenyang. Hingga kini, secara resmi misterinya tetap belum terpecahkan dan para ilmuwan masih berusaha untuk memahami fenomena yang terjadi.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/12/190700427/strange-slope-china-yang-melawan-gravitasi-benda-benda-bergerak-naik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke