Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecemasan Wisatawan di Sikka NTT, Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki

MAUMERE, KOMPAS.com - Ruas jalan pesisir pantai utara (pantura) Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) rusak parah. Akibatnya, para wisatawan selalu cemas saat melintasi jalur tersebut.

Seorang wisatawan asal Ende bernama Karina (31) mengatakan, ruas jalan pantura Sikka merupakan jalur strategis menuju empat wisata di wilayah utara Kabupaten Sikka.

"Ada wisata Tanjung Kajuwulu, Mangrove, Nusa Kutu, dan Air Terjun Watu Wa. Semuanya melewati jalan yang sama," kata Karina kepada Kompas.com di wisata Tanjung Kajuwulu, Minggu (13/3/2022).

Menurut dia, kondisi kerusakan paling parah ada di pesisir pantai Desa Kolisia, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka. Banyak aspal terkelupas. Beberapa talud roboh, jalan aspal runtuh terkikis ombak.

"Kondisinya kian parah, lebih parah dari tahun lalu. Banyak aspal terkelupas. Kami selalu cemas jalan tak kunjung diperbaiki," ujar Karina.

Menurutnya, kondisi jalanan yang rusak membuat para wisatawan takut, bahkan mengurungkan niat untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata.

Senada dengan Karina, Amir (28) seorang wisatawan asal Maumere mengatakan, hampir tiga tahun belakangan, ruas jalan pantura Kabupaten Sikka rusak parah.

Biasanya, saat liburan hari raya besar ruas jalan tersebut selalu dipadati oleh pengunjung. Tidak hanya dari Kabupaten Sikka, tetapi dari luar kabupaten.

"Kalau ramai kadang akses terhambat, apalagi beberapa ruas jalan makin sempit akibat terkikis ombak. Ini yang sering dikeluhkan wisatawan," ujarnya.

Menurut Amir, kesan buruk dari wisatawan yang datang akan berdampak pada menurunnya minat untuk kembali berwisata.

Karena itu, pemerintah diharapkan saling bersinergi untuk membangun infrastruktur jalan yang memadai dalam upaya mendukung industri pariwisata di kabupaten itu.

Percuma kalau spot wisatanya bagus tetapi infrastrukturnya buruk. Kita berharap pemangku kebijakan bisa melakukan yang terbaik," pintanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/14/101000627/kecemasan-wisatawan-di-sikka-ntt-jalan-rusak-tak-kunjung-diperbaiki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke