Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Soekarno Hatta Layani Jet Pribadi, Angkut 2.854 Crazy Rich

KOMPAS.com - Layanan penerbangan jet pribadi (private jet) yang sebelumnya dioperasikan di Bandara Halim Perdanakusuma, kini berpindah ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Hal itu seiring revitalisasi yang dilakukan di bandara Halim Perdanakusuma, kini penerbangan pesawat jet pribadi dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta sejak 24 Januari 2022.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, ada 14 maskapai yang mengoperasikan layanan pesawat jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

“Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1, bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

  • Staf Hotel Bongkar Tingkah Crazy Rich Saat Menginap, Ada yang Jadi Macan
  • 12 Tempat untuk Liburan ala Crazy Rich Asian di Singapura

Menurutnya selama periode 24 Januari sampai 10 Maret 2022, jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di Bandara Soekarno-Hatta secara kumulatif tembus angka 523.

Jumlah itu terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Sementara, total jumlah penumpang yang adalah tercatat sebanyak 2.584 orang penumpang.

Fasilitas khusus bagi penumpang pesawat jet pribadi

Awaluddin juga mengatakan, setidaknya terdapat tiga fasilitas khusus yang paling dibutuhkan penumpang pesawat jet pribadi.

Mulai dari lounge khusus, area parkir kendaraan khusus, dan layanan Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti East Cross Taxiway, High Speed Exit Taxiway, hingga Runway.


Fasilitas ini diyakini agar kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat, serta dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar.

“Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap membuat operasional pesawat jet pribadi juga tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal,” ungkap Awaluddin.

Didukung fasilitas pelayanan yang lengkap serta infrastruktur keamanan dan keselamatan penerbangan, keberadaan pesawat jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta pun mendapat respons sangat baik.

Untuk diketahui, saat ini sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik seperti Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia.

Tak hanya itu, ada juga maskapai berjadwal internasional, layanan helikopter, dan kini layanan pesawat jet pribadi.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/14/111100927/bandara-soekarno-hatta-layani-jet-pribadi-angkut-2.854-crazy-rich

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke