Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lomba Lari Lintas Alam, Salah Satu Cara Bangkitkan Sport Tourism

BOGOR, KOMPAS.com - Kementerian Peristiwa dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) sepakat untuk membangun sport tourism melalui ajang kompetisi lari trail di tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, seiring dengan perbaikan situasi pandemi Covid-19, banyak kegiatan dan aktivitas wisata mulai digelar di berbagai tempat.

Salah satunya melalui gelaran MesaStila Rails to Trails 16K yang diikutinya.

  • NTB Kembangkan Wisata Olahraga, Bisa Contek Kunci Kesuksesan Perancis
  • Berencana ke Raja Ampat, Ini 4 Jenis Wisata Olahraga yang Bisa Dilakukan Wisatawan

Sandiaga menjelaskan, ajang lari sejauh 16 kilometer itu adalah lomba lari lintas alam yang sebagian rutenya menyusuri lintasan rel kereta api, dari Stasiun Ambarawa, Bedono, hingga finis di MesaStila.

"Ini menjadi kebangkitan ekonomi di sekitar Magelang dan Semarang. Treknya sangat menantang tapi enjoy banget. Dan ini tambah spesial karena ALTI ikut berpartisipasi," ungkap Sandi, dalam keterangannya yang diterima Kompas.com, Senin (14/03/2022).

Sandi mengatakan, lari trail lebih dari sekedar olahraga, tetapi juga mampu menggairahkan pariwisata dan ekonomi di daerah yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurutnya, gelaran seperti itu dapat menjadi bagian dari penyesuaian inovasi-inovasi baru di masa pandemi.

"Harapannya ini akan terus menggiatkan dan menggairahkan event-event yang sudah mulai. Kita semua bangga menjadi bagian dari teman-teman ALTI. Kita akan bangkitkan terus lari trail ini sebagai olahraga dan sebagai bagian dari pariwisata dan kebangkitan ekonomi," jelasnya.

  • 25 Tempat Wisata Keren di Magelang, Pas untuk Liburan
  • 7 Tips Berkunjung ke Nepal van Java di Dusun Butuh, Magelang
  • 7 Tempat Wisata Sekitar Puncak Argapura Ketep Pass Magelang

Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Bima Arya Sugiarto menyampaikan, olahraga lari trail ini sangat kuat hubungannya dengan pengembangan sport tourism.

Ke depan, kata Bima, pihaknya akan berkolaborasi tidak hanya dengan Kementerian Pariwisata melainkan juga mengajak komunitas-komunitas lain untuk bersama menggaungkan olahraga lari trail di Indonesia.

"Bicara sport tourism adalah lari trail. Jadi kita akan banyak sinergi, kolaborasi dengan pak menteri dan komunitas-komunitas," beber Bima, yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor.

"Yang penting ke depan, kita terus ikhtiar agar ada standardisasi. Kalau kejuaraan seperti apa yang harus diikuti oleh panitia, semakin banyak kategori semakin bagus supaya orang paham bahwa lari trail itu banyak pilihannya, termasuk menyasar anak usia dini mulai dari kategori usia SD, SMP, SMA."

https://travel.kompas.com/read/2022/03/14/193200527/lomba-lari-lintas-alam-salah-satu-cara-bangkitkan-sport-tourism

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke