Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah, Cocok untuk Liburan

KOMPAS.com - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki sejumlah wisata pantai yang indah karena berada di bagian selatan Pulau Jawa. Pantai-pantai di Sukabumi tersebut merupakan wilayah pesisir Samudera Hindia.

Kabupaten Sukabumi berbatasan dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi. Sementara, jarak dari DKI Jakarta, sekitar 115 kilometer (km) dengan waktu tempuh tiga-empat jam menggunakan kendaraan pribadi.

Jadi, Kabupaten Sukabumi menjadi destinasi alternatif yang dapat dijangkau wisatawan dari ibu kota dan sekitarnya. Berikut 10 pantai di Sukabumi yang indah cocok untuk wisatawan.

Pelabuhan Ratu merupakan kawasan pesisir pantai di selatan Kabupaten Sukabumi. Kawasan ini memiliki sejumlah pantai yang menjadi destinasi wisata.

Salah satunya adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki panorama khas yakni dikelilingi dengan bukit, hutan cagar alam, dan batu karang.

Ombak di Pantai Pelabuhan Ratu terkenal sangat kuat sehingga wisatawan diimbau untuk berhati-hati.

Pantai Citepus masih berada dalam jajaran pantai di Pelabuhan Ratu, yang terletak di Desa Citepus. Lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu, sehingga banyak dikunjungi wisatawan karena aksesnya terjangkau, seperti dikutip Kompas.com (05/02/2022).

Ombaknya cukup besar, sehingga ada batasan renang bagi pengunjung. Jika kamu berkunjung ke Pantai Citepus, jangan lewatkan panorama matahari terbenam atau sunset.

Penduduk setempat biasanya menangkap ikan kecil di Pantai Citepus, kemudian diternakkan secara mandiri.

Pantai selanjutnya yang masih berada di kawasan Pelabuhan Ratu adalah Pantai Karang Hawu. Ciri khas pantai ini adalah bebatuan karang yang menjorok ke laut, seperti dikutip dari Kompas.com (05/02/2022).

Hawu berasal dari bahasa Sunda yang berarti tungku atau alat masak tradisional. Pantai ini dinamakan Karang Hawu karena di pantai ini terdapat sebuah karang yang berlubang sehingga bentuknya mirip seperti tungku.

Namun, wisatawan harus berhati-hati karena ombak di Pantai Karang Hawu cukup besar.

Masih berada di kawasan Pelabuhan Ratu, pantai ini merupakan kawasan favorit para peselancar. Sebab, Pantai Cimaja memiliki tipe ombak point break dengan ketinggian tiga sampai empat meter.

Tak heran, kerap digelar kompetisi selancar tingkat nasional maupun internasional di kawasan ini. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Cimaja adalah musim kemarau.

5. Pantai Gado Bangkong

Pantai Gado Bangkong merupakan pantai yang berada di pusat Kota Pelabuhan Ratu.

Pada zaman kolonial Belanda, tempat yang menjorok ke laut ini merupakan pelabuhan bongkar muat bagi kapal-kapal yang merapat ke pantai, dikutip dari Kompas.com (09/02/2008).

Saat ini, kawasan Pantai Gado Bangkong dalam tahap revitalisasi. Rencananya, Pantai Gado Bangkong akan ditata serta dipercantik menjadi Alun-alun Pelabuhan Ratu.

Pantai Cibangbang dikenal sebagai pantai dengan ombak tenang serta panorama yang menawan. Pantai ini cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan laut dari atas bukit. Pantai ini masih berada di kawasan Pelabuhan Ratu.

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berwisata di kawasan Palabuhan Ratu adalah mencoba santapan ikan-ikan segar dari laut. Beragam warung sea food atau makanan laut tersedia di sepanjang bibir pantai.

Selain ikan segar, hasil makanan olahan dari ikan laut pun tersedia untuk dinikmati, seperti bakso ikan, abon ikan, kerupuk kulit ikan, dan lainnya.

Pantai ini terletak di kawasan Ujung Genteng. Dengan ketinggian ombak mencapai tiga meter, Pantai Pangumbahan merupakan spot favorit untuk berolah raga selancar (surfing).

Tak hanya wisatawan domestik, para turis asing pun ramai mendatangi Pantai Pangumbahan, seperti dikutip dari situs Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Di Desa Pangumbahan juga merupakan pusat konservasi penyu. Terdapat dua tempat penetasan penyu sepanjang kawasan kurang lebih 14 kilometer. Sedangkan, setiap tempat penetasan, dapat menampung sekitar 1.500 telur penyu.

Pantai yang satu ini disebut menyerupai Tanah Lot Bali. Sebab, terdapat pulau kecil di lepas pantai.

Lokasi Pantai Amanda Ratu berada di kawasan Ujung Genteng, tepatnya di Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Amanda Ratu memiliki air laut yang biru jernih, kehijauan. Terdapat sejumlah gazebo di tepi pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati panorama.


9. Pantai Batu Naga

Mengutip Tribun Travel (09/01/2019), dinamakan Pantai Batu Naga atau Batu Punggung Naga, sebab bebatuan di kawasan pantai ini menyerupai sisik naga.

Pantai Batu Naga terletak di kawasan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu. Tepatnya Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Bebatuan tersebut merupakan hasil sedimentasi berusia jutaan tahun. Keunikan tersebut menjadikan Pantai Batu Naga tujuan bagi para fotografer profesional, hingga peneliti dan mahasiswa.

10. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi disebut juga dengan Pantai Karang Bolong. Sesuai namanya, keunikan dari Pantai Cicaladi adalah terdapat bebatuan karang yang berlubang atau bolong, seperti dikutip dari Tribun Travel (09/01/2019)

Selain itu, terdapat area perbukitan dengan hamparan rumput dan jajaran tebing tinggi. Pantai Cicaladi tergolong pantai yang memiliki ombak sangat besar.

Karenanya, waktu paling tepat untuk mengunjungi Pantai Cicaladi adalah saat pagi hari, air laut belum pasang.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/15/060400227/10-wisata-pantai-di-sukabumi-yang-indah-cocok-untuk-liburan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke