Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Wisata Hits di Ciwidey Bandung, Incaran Wisatawan

KOMPAS.com - Kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung memiliki sejumlah tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Udaranya yang sejuk membuat Ciwidey menjadi destinasi liburan favorit banyak orang.

Jika kamu sedang merencanakan liburan, mengunjungi tempat wisata hits Ciwidey bisa jadi pilihan. Berikut rekomedasi wisata di Ciwidey yang bisa kamu sambangi.

Tempat wisata di Ciwidey

1. Kawah Putih

Kawah putih seolah menjadi ikon wisata Ciwidey, sehingga kurang lengkap jika tak menyambangi obyek wisata satu ini.

Mengutip Kompas.com (27/09/2021), kawah putih merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Daya tarik Kawah Putih adalah danau dengan air berwarna putih kehijauan.

Danau ini dikelilingi hutan eksotis yang menambah keindahan tempat tersebut. Ada sejumlah spot foto Instagramable yang bisa dijajal wisatawan untuk mengabadikan momen.

Antara lain, dermaga kayu yang menjorok ke danau dan jembatan bambu bernama Skywalk Cantigi.

Selain itu, wisatawan bisa berfoto dari salah satu bukit yang ada di sekitar Kawah Putih yakni Sunan Ibu. Dari puncak bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan Kawah Putih serta panorama sunrise.

Wisata Ciwidey hits lainnya adalah Situ Patenggang yang berada di kaki Gunung Patuha. Tepatnya di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Mengutip Kompas.com (01/05/2015), Situ Patenggang merupakan danau seluas 48 hektar yang berada di ketinggian sekitar 1.628 meter di atas permukaan laut.

Karena berada di ketinggian, suhu di sekitar danau mencapai di bawah 20 derajat celsius. Selain itu, Situ Patenggang dikelilingi dengan panorama perkebunan teh Rancabali seluas 1.500 hektar.

Danau ini menawarkan pemandangan asri sekaligus udara segar bagi para pengunjung.

Selain Kawah Putih, ternyata Ciwidey memiliki obyek wisata kawah lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu Kawah Rengganis.

Kawah ini berada di Kampung Cibuni, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, sehingga juga disebut Kawah Cibuni.

Kawasan ini merupakan hasil dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi sejak jutaan tahun lalu. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati panorama kolam air panas alami.

Pengunjung juga dapat mengunjungi kebun teh, yang letaknya mengelilingi Kawah Rengganis.

Perkebunan teh Rancabali terletak di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung. Kebun teh ini hanya berjarak sekitar 8,5 kilometer dari kawasan Kawah Putih.

Selain menikmati pemandangan kebun teh, pengunjung juga dapat melakukan beragam kegiatan menarik, seperti berkunjung ke pabrik teh.

Kebun teh ini berada di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tak heran, sering terlihat kabut putih yang menyelimuti area perkebunan teh Rancabali ini.

5. Pemandian air panas Cimanggu

Obyek wisata satu ini menjadi incaran wisatawan yang ingin berlibur sekaligus menghilangkan penat dengan berendam di kolam air panas alami.

Mengutip Kompas.com, (19/06/2016), air panas di pemandian air panas Cimanggu berasal dari perut Gunung Patuha. Air panas ini dipercaya mengandung mineral seperti kalsium, litium, dan radium yang berkhasiat untuk kesehatan.

Obyek wisata ini memiliki tiga kolam pemandian air panas dengan ukuran yang berbeda. Suhu air panas kolam Cimanggu berkisar mulai dari 40-60 derajat Celsius.

Wisatawan dapat berendam di kolam air panas ini sembari melihat pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya.

Obyek wisata selanjutnya yang menjadi ikon wisata Ciwidey adalah Ranca Upas. Wisatawan bisa bermalam di Ranca Upas dengan mendirikan tenda di bumi perkemahan, seperti dikutip dari Kompas.com (25/08/2021).

Lokasinya berada di ketinggian 1.700 mdpl, sehingga membuat suhu udara di sana dingin, yakni sekitar 17-20 derajat Celsius.

Selain bumi perkembahan, Ranca Upas juga memiliki penangkaran rusa, fasilitas outbound, pemandian air panas alami, dan lainnya. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung.

Bukit Jamur, Rancabolang Ciwidey termasuk salah satu destinasi wisata baru di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisata alam ini baru dibuka pada 2020 lalu, seperti dikutip dari Kompas.com (25/01/2022).



Nama Bukit Jamur diambil dari pohon cemara di sekitar lokasi yang daunnya dibentuk menyerupai jamur. Beberapa pohon cemara tersebut memiliki pohon yang pendek, serta tampak berjajar rapi di sekitar lokasi wisata.

Panorama pohon cemara yang dibentuk menyerupai jamur tersebut merupakan spot foto favorit para pengunjung. Selain pepohonan cemara, pilihan spot foto menarik lainnya adalah kebun teh.

Wisatawan bisa menyusuri kebun teh melalui jembatan kayu di atasnya. Bukit Jamur Ciwidey berada di Desa Sugihmukti, Pasirjambu, Kabupaten Bandung


8. Pemandian air panas Ciwalini

Ciwidey tak diragukan lagi adalah surga bagi obyek wisata pemandian air panas. Wisatawan bisa mengunjungi pemandian air panas Ciwalini yang berlokasi di jalan Raya Ciwidey-Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Daya tarik tempat wisata ini adalah berada kaki gunung sehingga memiliki udara sejuk. Selain itu, obyek wisata ini dikelilingi dengan perkebunan teh. Jadi, sembari berendam kamu bisa menikmati pemandangan asri.

Terdapat dua kolam air panas di lokasi ini, yakni kolam umum dan kolam khusus bagi pengunjung yang menginginkan suasana lebih privat.

Barusen Hills menawarkan paket wisata komplit dalam satu kawasan. Wisatawan bisa mengabadikan momen di berbagai spot selfie yang Instagramable, seperti dikutip dari Kompas.com (15/11/2020).

Salah satu spot favorit pengunjung adalah taman bunga yang berbentuk simbol love, bernama Barusen Garden. Fasilitas lainnya adalah wahana bermain anak, kolam renang, kantin, dan lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Barusen Hills menawarkan beberapa macam penginapan mulai dari camping, glamping, cottage, dan vila.

Jika mencari tempat wisata hits di Ciwidey, jangan lupa mampir ke Jembatan Gantung Rengganis (Rengganis Suspension Bridge).

Jembatan ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, dengan panjang jembatan 370 meter dan menggantung di ketinggian 75 meter.

Jika ingin naik jembatan ini, kamu bisa membeli tiket bundling untuk mengunjungi obyek wisata lain di kawasan yang sama.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman bermain di waterpark dengan aneka wahana. Menariknya, air di waterpark ini diambil dari sumber air panas alami sehingga anak-anak tidak akan kedinginan.

Setelah puas bermain wahana air, wisatawan bisa menginap di resort yang berada dalam satu kawasan. Mengutip dari situs Ciwidey Valley, terdapat tiga akomodasi pilihan bagi tamu, yakni hotel, camping, glamping, dan cottage.

Semua penginapan tersebut berada di kawasan lembah Ciwidey yang memiliki udara sejuk. Desain bangunan hotel hingga cottage didominasi kayu sehingga menguatkan unsur alam.

Lokasinya berada di Jalan Barutunggul KM. 17 Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

12. Taman kelinci Happy Farm

Happy Farm merupakan salah satu tempat wisata keluarga favorit di kawasan Ciwidey, Bandung. Khususnya, untuk wisata edukasi anak-anak.

Sesuai namanya, pengunjung dapat berinteraksi dengan beragam jenis kelinci di alam bebas, seperti dikutip dari Tribun Travel (28/02/2022).

Sebelum masuk ke lokasi wisata, pengunjung akan dibekali sejumlah wortel untuk memberi makan kelinci-kelinci tersebut.

Wisata ini sangat cocok untuk anak-anak karena dapat memberikan edukasi dan mengenalkan binatang. Taman Kelinci berlokasi di Cikembang, Panundaan, Ciwidey, Bandung.

D’Riam Riverside menawarkan pengalaman wisata outdoor bagi wisatawan.

Mengutip situs Driam Riverside, wahana wisata alam tersebut antara lain tenda gantung, ayunan di alam terbuka, dan river tubing. Para tamu juga bisa menjajal aktivitas outdoor lainnya seperti offroad dan panahan.

Selain itu, obyek wisata ini memiliki resort sehingga wisatawan bisa bermalam di D’Riam Riverside. Lokasinya berada di Jalan Raya Soreang, Ciwidey KM 25, Kabupaten Bandung.


14. Green Hill Park

Obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas, antara lain kolam air panas, wisata outbound, paintball, telusur hutan (trekking), dan lainnya.

Green Hill Park juga menyediakan penginapan bagi wisatawan dalam bentuk cottage, vila, dan glamping. Kawasan ini dikelilingi dengan aneka ragam pohon ukuran besar, serta aneka jenis satwa.

Udara sejuk di Green Hill Park menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Ciwidey, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung.

15. Palalangon Park

Fasilitas utama Palalangon Park adalah wahana kolam renang untuk dewasa dan anak kecil. Kolam renang di Palalangon Park terbilang cukup luas, seperti dikutip dari Tribun Travel (12/1/2022).

Terdapat sejumlah wahana di kolam renang seperti seluncuran dan ember raksasa. Jika kamu membawa anak kecil tidak perlu khawatir, sebab Palalangon Park juga menyediakan kolam renang dangkal.

Wisatawan juga bisa mencoba pemandian air panas yang bersumber dari air gunung alami. Setelah puas berenang, wisatawan bisa bersantai sejenak di sekitar danau yang berada di area Palalangon Park.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/16/104054027/15-wisata-hits-di-ciwidey-bandung-incaran-wisatawan

Terkini Lainnya

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Hotel Story
Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Travel Update
5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

Jalan Jalan
Dampak Rupiah Melemah pada Pariwisata Indonesia, Tiket Pesawat Mahal

Dampak Rupiah Melemah pada Pariwisata Indonesia, Tiket Pesawat Mahal

Travel Update
4 Tempat Wisata di Rumpin Bogor Jawa Barat, Ada Curug dan Taman

4 Tempat Wisata di Rumpin Bogor Jawa Barat, Ada Curug dan Taman

Jalan Jalan
Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Travel Update
5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

Jalan Jalan
Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Travel Update
Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Jalan Jalan
Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Travel Update
Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Travel Tips
Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Travel Update
5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

Travel Tips
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke