Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Sehari di Tiga Gili Saat Nonton MotoGP Mandalika, Bisa Snorkeling

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu sudah punya tiket MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia, dan ingin berlibur singkat namun puas di Nusa Tenggara Barat (NTB), kamu bisa mengikuti rencana perjalanan (itinerary) wisata di Kepulauan Gili.  

Kepulauan Gili atau Tiga Gili adalah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil atau pulau Gili kembar, yaitu adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

  • 4 Desa Wisata Ini Wajib Dikunjungi Selagi di Mandalika Nonton MotoGP
  • Nonton MotoGP Mandalika 2022, Bisa Nginap Gratis di Hotel Apung

Daya tarik dari ketiga pulau ini bisa kamu nikmati hanya dalam sehari.

Berikut adalah itinerary Tiga Gili yang bisa kamu nikmati hanya dalam sehari yang telah dirangkum Kompas.com, Rabu (16/3/2022):

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari ketiga pulau yang berada di sebelah barat laut Lombok. 

Gili Trawangan memiliki pantai dengan pasir putih yang indah, terumbu karang yang masih alami, serta biota laut yang cantik.

Dari Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit, perjalanannya bisa memakan waktu kurang lebih dua hingga tiga jam.

Dari Lombok, kamu bisa menuju Pelabuhan Teluk Nare untuk menyewa speed boat sebagai moda transportasi penyeberangan ke Gili Trawangan. Harga speed boat-nya mulai dari Rp 150.000 per orang. 

Di Gili Trawangan, kamu bisa menikmati panorama sunrise (matahari terbit) di sekitar Pelabuhan Kecil Gili Trawangan kira-kira mulai pukul 06.20 Wita, serta sunset (matahari terbenam) di sekitar pinggiran Cafe Pink Coco pukul 18.00 Wita.

Setelah menghabiskan waktu di Gili Trawangan, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Meno. Biota lautnya juga tak kalah dengan Gili Trawang.

Gili Meno terkenal akan patung bawah lautnya yang merupakan karya pemahat asal Inggris, Jason deCaires Taylor. Patung yang berjumlah 48 sepasang kekasih itu bisa menjadi latar yang tepat untuk fotomu.

Apalagi ditambah banyaknya ikan berlalu-lalang yang membuat foto kamu menjadi lebih cantik.

Patung-patung tersebut sengaja dibuat pada 2019 lalu, bukan hanya sebagai spot foto tetapi juga tempat untuk mengembangbiakkan terumbu karang. 

Gili Meno juga biasanya dijadikan lokasi honeymoon atau bulan madu para pengantin baru, lantaran sepi dan jauh dari hingar bingar.

Kendati demikian, tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka berenang dan snorkeling. 

Pulau ini juga memiliki area Gili Meno Wall, tempat melihat para penyu berenang. Ada puluhan penyu yang akan kamu lihat selama menyelam di Gili Meno. 

Untuk wisatawan yang ingin snorkeling, di Gili Trawangan ada tempat penyewaan perlengkapan snorkeling, termasuk sepatu katak. Jadi, sebelum kamu mengunjungi Gili Meno, sebaiknya menyewa alat snorkeling terlebih dahulu.

Biaya sewa perlengkapan snorkeling umumnya digabung dengan biaya naik speed boat yang akan mengantar kamu dari Gili Trawangan hingga ke Gili Air. 

Harga paket secara umum mulai dari Rp 100.000 per orang, sedangkan harga privat mulai dari Rp 1,2 juta untuk sembilan orang. 

Daya tarik Gili Air mungkin tidak sebanyak di Gili Trawangan dan Gili Meno. 

Hal ini karena biota air di Gili Air hampir sama dengan dua pulau sebelumnya. 

Namun, salah satu daya tarik di Gili Air adalah beberapa tempat makan atau restoran yang bisa dipilih pengunjung.

Hanya saja karena pandemi, saat ini hanya beberapa restoran yang membuka usahanya dan menjual hidangan seafood. 

https://travel.kompas.com/read/2022/03/16/205604227/itinerary-sehari-di-tiga-gili-saat-nonton-motogp-mandalika-bisa-snorkeling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke