Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

14 Perbuatan Aneh Penumpang Pesawat, Ada yang Bawa Mayat di Tas

KOMPAS.com - Sejumlah awak kabin mengungkapkan beberapa kelakuan aneh penumpang pesawat saat mengudara.

Hal tersebut tentunya membuat penumpang lain dan awak kabin menjadi tidak nyaman.

Sebagai catatan, kelakuan aneh penumpang pesawat ini tidak untuk ditiru guna menjaga keselamatan semua penumpang dan awak kabin.

Berikut Kompas.com rangkum dari beberapa sumber:

1. Memakai bokser

Saat naik pesawat, penumpang dianjurkan memakai pakaian yang nyaman lantaran suhu di dalam kabin bisa jauh lebih dingin.

Namun, lain halnya dengan penumpang pesawat di sebuah penerbangan yang hanya memakai bokser, dikutip dari kontributor Reader's Digest.

Cerita itu didapatkan dari ayahnya yang seorang pilot. Suatu ketika, sang ayah menerbangkan pesawat yang sebagian penumpangnya adalah anggota tim rugby. Mereka hendak kembali ke negara asalnya.

Rombongan tersebut menyewa seluruh kursi kelas satu. Anehnya, saat pesawat berada di ketinggian, mereka mulai melepas pakaian hingga hanya tersisa bokser.

2. Membawa tupai dan merak

Ada juga penumpang pesawat yang membawa hewan ke dalam kabin. Dalam forum Reddit, seperti dilaporkan Readers Digest, seorang penumpang membawa tupai selama penerbangan.

Hampir serupa, seorang penumpang perempuan nekat membawa burung merak besar ke dalam kabin pesawat. Dikutip dari The Sun, ketika wanita itu duduk, bulu merak tersebut otomatis memenuhi lorong.

Hewan itu disebut tetap tenang di dalam gendongan sang penumpang. 

3. Minta dijemput ambulans

Boland, pendiri situs perjalanan Holidayers, mengungkapkan tingkah aneh seorang penumpang pesawat kepada Reader's Digest.

Ia menuturkan, penumpang itu menolak menegakkan sandaran kursi ketika pesawat hendak mendarat lantaran ia disebut mengidap sakit punggung.

Namun, demi keselamatan penerbangan, akhirnya penumpang itu mau menegakkan sandaran kursi pesawat meskipun berteriak kesakitan.

Penumpang itu akhirnya meminta petugas ambulans untuk membantunya turun dari pesawat dengan menggunakan tandu.

Kendati demikian, petugas medis memberi tahu Boland bahwa mereka mencurigai pria tersebut mencoba melakukan penipuan asuransi.

4. Mengigau

Saat penerbangan dari Los Angeles ke Hong Kong, seorang penumpang perempuan tiba-tiba panik lantaran telah meninggalkan suaminya di Los Angeles.

Namun, ternyata dia mengigau. Para awak kabin pun menemukan suaminya berada di dalam manifes penumpang.

5. Mengira kokpit adalah toilet

Penumpang yang baru pertama kali naik pesawat kerap kebingungan akan lokasi toilet.

Lucunya, ketika mencari pintu toilet, mereka justru mengetuk pintu kokpit.

6. Penumpang mabuk

Salah satu pengguna Reddit mengatakan bahwa kelakuan aneh penumpang pesawat sebetulnya sudah bisa dideteksi mulai dari konter check-in.

Salah satu contohnya, seorang penumpang yang menunjukkan tanda-tanda bahwa ia tengah mabuk saat check-in, bahkan sebelum pesawat lepas landas.

Jika petugas mendapati kasus seperti itu, mereka biasanya tidak akan membiarkan penumpang itu naik ke pesawat.

7. Memaksa disediakan makanan

Salah seorang penumpang memaksa awak kabin sebuah maskapai menyediakan sandwich dan bir pada penerbangan jarak pendek sekitar 45 menit.

Padahal, makanan dan minuman dalam penerbangan jarak pendek terakhir tersedia pada tahun 1970-an.

Penumpang tersebut bersikeras bahwa pihak maskapai membohonginya, serta mengancam akan menuntut pihak maskapai jika dia tidak mendapat apa yang diminta. 

8. Buang air besar di kursi penumpang

Sejumlah penumpang dalam sebuah penerbangan mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari dekat tempat duduk mereka.

Setelah diselidiki, ternyata seorang ibu menyuruh putranya yang ingin buang air besar untuk pergi ke kursi penumpang alih-alih toilet. Ibu tersebut beralasan anaknya merasa kurang nyaman berada di bilik toilet yang sempit.

Akhirnya, awak kabin harus membersihkan kursi tersebut dengan serbuk gergaji, yang biasanya digunakan untuk membersihkan muntahan penumpang.

9. Muntahan penumpang memenuhi lorong pesawat

Seorang mantan pramugari dan pengguna Reddit menceritakan pengalamannya ketika mengudara. Saat itu, sejumlah penumpang terdiri dari rombongan anak sekolah.

Namun, ketika pesawat lepas landas, seorang anak laki-laki muntah di lorong pesawat.

Posisi pesawat yang miring saat lepas landas, membuat muntahan tersebut menyebar ke lorong pesawat, bahkan hampir mencapai dapur belakang.

10. Membawa mayat

Cerita lainnya disampaikan oleh pengguna Reddit, yakni tentang penumpang yang membawa mayat di dalam koper.

Kejadian itu berlangsung pada periode 1960-1970-an, atau ketika The Transportation Security Administration (TSA) belum memberlakukan aturan ketat barang bawaan ke kabin pesawat.

Disebutkan ada seorang penumpang yang membawa tas besar. Tas tersebut kemudian jatuh, sehingga menyebabkan sebagian ritsletingnya terbuka.

Pada saat itulah, awak kabin menemukan bahwa isi tas besar tersebut adalah mayat seorang perempuan. Namun, mayat tersebut bukanlah mayat korban pembunuhan, melainkan kerabat penumpang yang telah meninggal dan hendak dimakamkan.

Tenyata, pihak keluarga mencoba menghemat biaya dengan membawa jenazah perempuan itu ke dalam kabin pesawat menggunakan tas besar.

Seorang penumpang nakal berusaha membuka pintu pesawat, seperti dilaporkan oleh National Public Radio (NPR).

Tak hanya itu, penumpang tersebut mencoba masuk ke kokpit sebelum akhirnya dilumpuhkan oleh pramugari menggunakan teko.

Imbasnya, pesawat terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Kansas City, Amerika Serikat (AS). Padahal, seharusnya pesawat menempuh rute penerbangan dari Los Angeles ke Washington, D.C.

12. Memesan minuman aneh

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (17/2/2022), seorang jurnalis lepas asal Washington, D.C. menceritakan sebuah pesanan minuman aneh dari penumpang pesawat.

Menurutnya, seorang penumpang memesan campuran susu dan soda. Campuran dua minuman itu disebut menghasilkan sebuah minuman yang dapat menghidrasi, serta membantu mengatasi mabuk dan meningkatkan energi.

13. Menuang minuman ke mulut

Seorang pramugari menerangkan permintaan aneh crazy rich yang berada di penerbangan kelas satu.

Pramugari itu menuturkan, penumpang tersebut memintanya untuk menuangkan langsung sampanye langsung ke mulutnya, dikutip dari vice.com.

14. Melempar makanan ke wajah pramugari

Seorang awak kabin menceritakan kelakuan aneh penumpang pesawat. Penumpang tersebut terus meminta isi ulang minuman, meskipun ada aturan batasan isi ulang minuman bagi penumpang.

Karena sudah melebihi batas, maka pramugari menawarinya sandwich sebagai gantinya. Namun, penumpang itu mengambil sandwich tersebut, kemudian dengan agresif melemparkannya ke wajah pramugari.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/18/063200127/14-perbuatan-aneh-penumpang-pesawat-ada-yang-bawa-mayat-di-tas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke