Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute ke Bukit Glodakan, Spot Sunrise di Wonogiri yang Masih Alami

KOMPAS.com – Ada satu bukit dekat Kota Wonogiri yang menyuguhkan keindahan panorama alam.

Bukit ini memiliki pemandangan terbuka ke arah timur. Matahari terbit pun dapat disaksikan dari sana dengan jelas saat cuaca cerah.

Mendaki Bukit Glodakan pun cukup mudah. Hanya butuh sekitar 10 sampai 20 menit untuk sampai puncaknya.

Namun, untuk saat ini jalan setapak ke puncak Bukit Glodakan cukup tertutup semak, sehingga kurang jelas. Ke depannya jalan setapak akan dibersihkan lagi.

Rute ke Bukit Glodakan Wonogiri

Bagi yang ingin berkunjung ke Bukit Glodakan Wonogiri, berikut adalah rutenya dari pusat kota:

Adapun Bukit Glodakan tepatnya berlokasi di Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Wonogiri menuju Bukit Glodakan adalah sekitar 6,8 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit saja.

Dari Alun-alun Wonogiri, ambil jalan utama menuju Sukoharjo atau Kota Solo ke arah utara. Sebelum perempatan lampu merah RSUD Wonogiri, ada pertigaan. Belok kanan dan lurus terus sampai Alas Kethu.

Sebelum Jembatan Timang yang melintang di atas Sungai Bengawan Solo, belok kiri di pertigaan. Selanjutnya, ikuti jalan aspal yang sudah halus.

Setelah memasuki gapura bertuliskan “Lingk.Pucangwolu” belok kanan di pertigaan jalan aspal. Ada toko sembako bernama “Toko Pak Pri Gundol” di pertigaan ini.

Belok kanan sampai kawasan perbukitan, maka Bukit Glodakan nanti akan ada di kiri jalan. Kendaraan bisa parkir di samping jalan aspal.