Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

KOMPAS.com - Kota dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi wisatawan.

Ada banyak pilihan tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, taman hiburan, dan wisata bahari yang bisa dikunjungi.

Berbagai tempat wisata Semarang ini bisa dikunjungi ketika berlibur bersama keluarga, teman-teman, maupun saat solo traveling.

15 tempat wisata di Semarang

Berikut 15 tempat wisata Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan wisata ikonik Kota Semarang. Mengutip Kompas.com (18/1/2022), kata Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti seribu pintu karena bangunan ini memiliki banyak pintu dan jendela.

Dulunya bangunan ini digunakan sebagai Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta zaman Belanda. Dengan luas lahan sekitar 18.232 meter persegi, kompleks Lawang Sewu memiliki lima gedung yang dibangun secara bertahap dari tahun 1904 hingga 1918.

Setelah mengalami pemugaran, saat ini Lawang Sewu digunakan sebagai museum tempat menyimpan beragam koleksi perkeretaapian di Indonesia.

Pengunjung dapat melihat koleksi bersejarah, seperti mesin edmonson, mesin hitung, mesin tik, replika lokomotif uap, surat berharga, dan lainnya.

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini berada di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru.

Dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar.

3. Eling Bening

Eling Bening merupakan salah satu obyek wisata kekinian di Kabupaten Semarang. Dari lokasi Eling Bening, wisatawan bisa mengambil foto berlatar belakang gunung dan Rawa Pening.

Selain panorama, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang.


4. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah taman rekreasi terbesar di Tengah Jawa yang masuk dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia, seperti dikutip dari situs Saloka Theme Park.

Taman rekreasi ini mengusung konsep kearifan lokal berdasarkan legenda rakyat Baru Klinthing. Ada 25 aneka wahana yang terbagi dalam lima zona bagi wisatawan.

Harga tiket terusan yakni Rp 120.000 pada weekday dan Rp 150.000 pada weekend dan libur nasional. Sedangkan, tarif tiket non terusan Rp 30.000 pada weekday dan Rp 50.000 pada weekend dan libur nasional.

5. Candi Gedong Songo

Destinasi wisata berikutnya di Semarang adalah Candi Gedong Songo. Candi ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga memiliki pemandangan indah.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

6. Taman Bunga Celosia

Dalam perjalanan ke Candi Gedong Songo, wisatawan bisa mampir ke Taman Bunga Celosia. Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel (23/12/2021).

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable. Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian.

Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo Km 0,5 Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

7. Cimory on The Valley

Destinasi wisata satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya jika ada anak kecil. Sebab, tak hanya melepas penat Cimory on The Valley juga menawarkan wisata edukasi bagi pengunjung.

Wahana edukasi untuk anak-anak seperti menunggang kuda, memerah susu sapi, dan memberi makanan ternak. Selain itu, ada beragam spot foto Instagramable di Cimory on The Valley.


8.Ayanaz Gedongsongo

Dalam kompleks Candi Gedongsong, terdapat obyek wisata kekinian yakni Ayanaz Gedongsongo. Daya tarik dari Ayanaz Gedongsongo adalah beragam spot foto Instagramable.

Sebut saja, replika balon udara, tempat duduk di tengah kolam, kursi melingkar di tengah taman, dan lainnya. Tak hanya spot foto Instagramable, Ayanaz Gedongsongo juga dikelilingi pemandangan indah.

9. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng menawarkan tempat liburan yang bernuansa alam. Dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, dan Rawa Pening seperti dikutip dari Kompas.com (2/8/2021).

Obyek wisata ini memadukan taman bunga, pemandangan pegunungan, dan udara sejuk. Tak jauh dari lokasi Agrowisata Kopeng Gunungsari, terdapat Gardu Panjang Kopeng.

Dari gardu pandang, wisatawan bisa menikmati pemandangan lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, dan Gunung Gajah Mungkur.

Agrowisata Kopeng Gunungsari berlokasi di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Sesuai namanya, obyek wisata ini menyajikan koleksi kereta api uap. Namun, adapula kereta api uap yang dapat dinaiki oleh pengunjung.

Saat menaiki kereta api, pengunjung disuguhi pemandangan indah selama perjalanan. Selain sensasi naik kereta api kuno, wisatawan bisa mempelajari sejarah penting dari transportasi ketika berkunjung ke museum ini.

11. Dusun Semilir

Daya tarik obyek wisata ini adalah bangunan yang desainnya menyerupai stupa Candi Borobudur. Lokasinya cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama Semarang-Solo-Yogyakarta.

Dusun Semilir memiliki banyak spot foto Instgramable, serta aneka wahana seperti Alun Eropa, Alas Tirta, dan Banyu Biru seperti dikutip dari situs Dusun Semilir.

Selain itu, ada beragam restoran yang menyajikan aneka makanan bagi wisatawan. Pengunjung juga bisa bermalam di penginapan dalam kompleks Dusun Semilir. 



Harga tiket masuk Dusun Semilir per Januari 2022 dibanderol Rp 25.000 untuk Senin hingga Jumat. Sementara untuk Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional dibanderol Rp 40.000. 


12. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti berada di lereng Gunung Ungaran, sehingga memiliki pemandangan khas pegunungan dan udara segar.

Mengutip Tribun Travel, (19/1/2022), ikon obyek wisata ini adalah kolam renang yang bernama Taman Renang Alam. Keunikan dari kolam renang ini adalah pemandangan langsung menghadap ke gunung dan air dari mata air alami pegunungan.

Fasilitas lainnya yang ada di Umbul Sidomukti adalah penginapan, restoran, kafe, area outbond, dan spot foto Instagramable.

13. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu obyek wisata religi dan sejarah di ibu kota Jawa Tengah. Kelenteng ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Khonghucu hingga saat ini, dikutip dari Kompas.com (31/01/2022).

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan simbol akulturasi budaya China dengan adat Jawa. Kelenteng yang berada di dekat Kanal Banjir Barat ini, merupakan bukti perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki ke Pulau Jawa.

Kelenteng Sam Poo Kong memiliki beberapa bangunan dengan arsitektur khas China yang identik dengan warna merah. Pengunjung bisa mengunjungi setiap bangunan di kelenteng untuk melihat lebih dekat kebudayaan China di Tanah Jawa.

14. Kota Lama Semarang

Kota Lama merupakan sebuah kawasan cagar budaya yang berada Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mengutip situs Visit Jawa Tengah, di Kota Lama terdapat gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun. Pada masa itu, kawasan ini merupakan pusat pemerintahan.

Arsitektur gedung-gedungnya bergaya khas Eropa dengan pintu utama dan jendela berukuran besar dan langit-langit yang tinggi. Beberapa spot yang ramai dan menarik untuk dikunjungi.

Beberapa di antaranya adalah Gereja Blenduk, Taman Srigunting, Gedung Asuransi Jiwasraya, Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular, Rumah Akar samping Gedung Jiwasraya, Gedung Oudetrap, Semarang Art Gallery, De Spiegel, Marba, dan masih lainnya.

Di Kota Lama, pengunjung juga bisa menemukan banyak restoran dan kafe yang menawarkan beragam menu makanan.

15. Bukit Cinta Rawa Pening

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya Danau Rawa Pening adalah dari Bukit Cinta.

Tempat wisata ini tepat berada di tepi Rawa Pening dan menyuguhkan keindahan alam yang menawan.

Pengunjung bisa berjalan di area pejalan kaki tepi danau yang sudah ditata, sehingga pas untuk berfoto.

Belum lagi, saat cuaca cerah indahnya kawasan perbukitan sisi selatan Rawa Pening tampak begitu indah.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/18/131300427/15-wisata-semarang-yang-wajib-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke