Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Fakta Gili Trawangan, Tempat Berburu Sunrise dan Sunset

LOMBOK, KOMPAS.com - Gili Trawangan memiliki pesona alam yang tak ada habisnya untuk dieksplorasi.

Wisatawan yang berkunjung bisa bermain di pantai berpasir putih dengan gradasi laut berwarna biru kehijauan, melihat terumbu karang dan koral laut yang cantik, serta melakukan aktivitas seru lainnya.

Namun, jika ingin berkunjung ke Gili Trawangan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum Kompas.com, Kamis (17/03/2022).

Di Gili Trawangan kamu tidak akan menemukan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. Sebab, pemerintah lokal Lombok tidak mengizinkan adanya transportasi agar udaranya tetap bebas dari polusi. 

Kendaraan utama masyarakat di sana hanyalah sepeda dan delman saja. 

Begitu pula untuk para pengunjung. Jika ingin menelusuri Gili Trawangan, kamu bisa menyewa sepeda yang dibanderol Rp 25.000 untuk sepeda single dan Rp 50.000 untuk sepeda double, yang masing-masing bisa disewa selama dua hingga tiga jam.

Kemudian, jika ingin menyebrang ke Lombok atau ke pulau yang lain seperti Gili Meno atau Gili Air, bisa menyewa speed boat. 

2. Pulau favorit pencinta kucing

Ketika menginjakkan kaki ke Gili Trawangan, kamu akan disambut oleh beberapa ekor kucing. 

Berdasarkan pantauan Kompas.com, saat berjalan-jalan ke beberapa tempat, mudah sekali untuk menemukan kucing yang berkeliaran.

Uniknya lagi, kucing di Gili Trawangan bukan kucing jalan sembarangan. Sebab, kucing di sana terlihat sangat terawat, sehat, gemuk, dan bulu-bulunya juga bersih. 

Jika suka menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset), mengunjungi Gili Trawangan adalah pilihan yang tepat. 

Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap Timur dan Barat. Jaraknya pun tidak begitu jauh. Jadi, kamu bisa menikmati sunrise dan sunset sekaligus tanpa harus singgah ke tempat yang jaraknya jauh. 

Untuk menikmati matahari terbit alias sunrise, kamu bisa datang ke sekitar pelabuhan kecil Gili Trawangan mulai dari pukul sekitar 06.20 WITA. Sementara jika mencari panorama sunset, kamu bisa datang ke sekitaran pinggiran Cafe Pinkcoco sekitar pukul 18.00 WITA.

Gili Trawangan juga sering disebut sebagai Party Island. Sebab, tak jauh dari beberapa meter, mata akan tertuju pada tempat-tempat pesta dan tempat nongkrong dengan vibe yang sangatmeriah. 

Selama Kompas.com mencoba menginap di salah satu hotel Gili Trawangan rekomendasi Tiket.com selama dua malam, hampir setiap malamnya kafe-kafe yang ada di sana memutar berbagai genre lagu mulai dari pop, jazz hingga reggae.

  • Liburan ke Gili Meno, Bisa Apa Saja?
  • Wisata ke Gili Trawangan, Bisa Apa Saja?

https://travel.kompas.com/read/2022/03/18/160400527/4-fakta-gili-trawangan-tempat-berburu-sunrise-dan-sunset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke