Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Delegasi G20 di DIY Dijadwalkan Nonton Sendratari dan Belajar Membatik

KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi (TWC) mengajak para delegasi dari negara-negara anggota G20 menikmati travel experience, di sejumlah tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. 

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com, Jumat (28/1/2022), Indonesia menjadi presidensi G20, atau tuan rumah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Presidensi tersebut berlangsung mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. 

  • Daerah-daerah Lokasi Side Events G20 2022, Bali sampai Labuan Bajo
  • 4 Mekanisme Prokes untuk G20 Indonesia, dalam Sistem Bubble

Terdapat tiga side event G20, tepatnya pada 17 Maret dan 24 - 25 Maret, yang berlangsung di kawasan kelolaan PT TWC, di antaranya Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Tiga side event tersebut adalah G20 Education Working Group (EdWG), G20 on Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG), dan G20 Energy Transition Working Group (ETWG).

Rangkaian acara tersebut diikuti oleh 20 delegasi negara anggota G20 maupun partisipan dari negara lainnya.

"Para delegasi mengunjungi keunggulan budaya, menikmati keindahan budaya Indonesia. Seperti pagi tadi dari Kemdikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) ke Candi Borobudur dari pukul 05.30-07.30 WIB," tutur GM TWC Borobudur Aryono Hendro, kepada Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Aryono menambahkan, masing-masing tanggal akan dihadiri oleh kementerian yang berbeda pula.

Pada Kamis (24/3/2022) mendatang, para delegasi akan datang bersama rombongan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Rangkaian acara pada hari itu termasuk makan siang di Balkondes Karangrejo, berfoto dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X, belajar membatik tulis di Kampung Batik Giriloyo, dan menghadiri pertunjukan Sendratari Ramayana di kompleks Candi Prambanan.

Keesokan harinya, Jumat (25/3/2022), akan datang pula rombongan delegasi G20 bersama Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral).

  • Tourism Working Group G20 Fokus ke Pemulihan Sektor Pariwisata
  • Indonesia Pimpin TWG G20 2022, Akan Fokus 5 Isu Pariwisata

Mereka dijadwalkan menikmati pertunjukan tari gambyong yang telah dipersiapkan oleh pihak PT TWC bersama pemangku kepentingan terkait.

Secara garis besar, PT TWC mengajak para delegasi G20 menikmati travel experience, seperti makan malam dengan panorama Candi Prambanan, menikmati panorama sunrise (matahari terbit) sambil sarapan di Bukit Dagi, menikmati panorama Candi Borobudur, hingga menonton pertunjukan legendaris Sendratari Ramayana dan Dramatari Roro Jonggrang.

Sajian gala dinner di TWC Prambanan juga menjadi fokus yang diutamakan.

The Manohara Hotel Yogyakarta, salah satu anak usaha PT TWC, menghadirkan menu unggulan dalam bentuk set menu maupun buffet, dengan varian menu western, nusantara, dan Asia.

Selama rangkaian acara berlangsung, PT TWC tetap menerapkan protokol kesehatan bagi para delegasi G20 melalui pembatasan mobilitas maupun interaksi para peserta.

  • Itinerary Wisata Yogyakarta 2 Hari 1 Malam, Pantai dan City Tour
  • Trip Yogyakarta 1 Hari, Akhiri dengan Menikmati Sunset

"Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, mengingat destinasi kami digunakan oleh tiga agenda kerja dari tiga kementerian berbeda. Ini menjadi tantangan sekaligus merentangkan semangat kolaborasi lintas fraksi dengan tujuan mensukseskan agenda kerja G20," ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono.

Melalui tema “Recover Together, Recover Stronger” Presidensi G20 Indonesia 2022 merupakan momentum untuk mengaktivasi penyelenggaraan pariwisata berkualitas untuk mendukung pemulihan pariwisata menuju era pasca-pandemi.

"Semoga penyelenggaraan G20 ini bisa menjadi momentum untuk mengembangkan pariwisata berkualitas di Indonesia," imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/18/200346927/delegasi-g20-di-diy-dijadwalkan-nonton-sendratari-dan-belajar-membatik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+