Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Penumpang Bandara Lombok Melonjak Berkat MotoGP Mandalika 2022

KOMPAS.com - Jumlah penumpang di Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami lonjakan hingga 11.400 orang per hari, bersamaan dengan digelarnya ajang MotoGP Mandalika 2022 pada 18 - 20 Maret.

Untuk diketahui, ajang balap motor internasional, yang juga dikenal sebagai Pertamina Grand Prix of Indonesia, ini berlokasi di Sirkuit Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit.

"Penumpang di Bandara Lombok saat ini mulai meningkat," kata Humas PT Angkasa Pura I (AP I), Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto, dikutip dari Antara, Sabtu (19/3/2022).

  • Terowongan Penuh Grafiti Jadi Spot Foto Penonton MotoGP Mandalika 2022
  • Intip Isi Camping Ground untuk Penonton MotoGP Mandalika
  • Lapar Saat Nonton MotoGP, Kunjungi Food Truck Mandalika

Adapun penonton MotoGP Mandalika mulai tiba sejak dua hari yang lalu.

Arif menjelaskan, pada Kamis (17/3/2022), jumlah penumpang di bandara tersebut tercatat hingga 8.200 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 6.000 penumpang yang tiba dan 2.200 penumpang yang berangkat.

"Sedangkan tanggal 18 Maret, penumpang berjumlah 11.400 orang, dengan rincian 8.900 penumpang tiba dan 2.500 penumpang berangkat," tambahnya. 

Sebagai informasi, Bandara Lombok beroperasi selama 24 jam guna mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

General Manager PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, menerangkan bahwa pihaknya telah menyiapkan infrastruktur, di antaranya landasan terminal area parkir maupun area keluar-masuk, serta pengelolaan manajemen parkir. 

"Rata-rata setiap hari ada peningkatan 100 penerbangan yang datang maupun berangkat. Naik 120 persen selama ajang MotoGP ini," kata Nugroho. 

  • Ini Lokasi Selfie Pebalap Marc Marquez dengan Latar Tulisan Lombok
  • 5 Fakta Bukit Seger Lombok, Spot Foto Pebalap MotoGP Marc Marquez
  • Nonton MotoGP 2022 Mandalika? Berikut Rekomendasi Kuliner dan Cendera Mata yang Wajib Diketahui

Menurutnya, sebelum pandemi, jumlah rata-rata penumpang di Bandara Lombok mencapai 8.000 orang per hari. Namun, pada saat pandemi Covid-19 melanda, jumlah rata-rata mengalami penurunan menjadi 3.500 orang per hari.

Ia juga menambahkan bahwa penerbangan terbanyak berasal dari Jakarta, Denpasar, dan Surabaya, serta sejumlah penerbangan lainnya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/03/19/200300727/jumlah-penumpang-bandara-lombok-melonjak-berkat-motogp-mandalika-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke