Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya JPO Phinisi, Ini 9 JPO Instagramable di Jakarta

KOMPAS.com- Usai diresmikan pada Kamis (10/03/2022) lalu, jembatan penyebrangan orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman ramai dikunjungi warga. Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang ingin berfoto di JPO yang menyerupai desain kapal pinisi tersebut.

Mengutip Kompas.com, (12/03/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai jembatan penyebrangan sepeda (JPS). JPO Phinisi mengusung konsep modern, dilengkapi dengan anjungan yang menyerupaii kapal pinisi.

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik, karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan melengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung disediakan bagi para pesepeda.

Sejumlah fasilitas JPO Phinisi antara lain lift, kamera CCTV, anjungan, sensor beban, serta lampu dekoratif dan artistik (RGB futuristik). Ada pula sudut apresiasi yang berisi nama-nama para tenaga medis yang gugur saat berjuang membantu Indonesia melawan Covid-19.

JPO yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini juga sudah terintegrasi dengan Halte TransJakarta Karet yang berada di bawah jembatan. Warga yang mengunjungi JPO Phinis dapat berfoto dengan latar belakang gedung pencakar langit di kawasan perkantoran Jalan Sudirman.

Namun, jika belum sempat mampir ke JPO Phinisi, kamu tak perlu khawatir.

Sebab, masih ada JPO lain di Ibu Kota yang mempunyai desain unik. Keunikan JPO tersebut membuat warga mendatanginya untuk berfoto. Berikut delapan JPO Instagramable di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Bangunan JPO atau skybridge (jembatan layang) ini mengintegrasikan dua moda transportasi, yaitu TransJakarta dan mass rapid transit (MRT).

Mengutip Kompas.com (09/08/2021), halte TransJakarta yang terintegrasi melalui JPO CSW Asean ini antara lain, Halte CSW 1 dan 2, Halte Asean, dan Halte Kejaksaan Agung. Keempat halte TransJakarta itu terhubung dengan stasiun MRT Asean melalui skybridge.

Desain JPO CSW Asean sangat unik karena berbentuk melingkar. Saat sore dan malam hari, keunikannya bertambah karena dihiasi lampu berwarna-warni.

Bangunan halte integrasi sendiri terdiri dari lima lantai, yang terdiri dari halte TransJakarta, stasiun MRT, dan area komersial. Warga yang datang berkunjung bisa berfoto di setiap spot Instagramable baik di JPO maupun dalam halte.

Lokasinya berada di persimpangan, Jalan Panglima Polim, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tak jauh dari CSW Asean, ada JPO Instagramable lainnya, yakni JPO Bundaran Senayan. Lokasinya berada tidak jauh dari Bundaran Senayan, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman.

Mengutip Kompas.com, (24/03/2019), JPO Bundaran Senayan mempunyai desain modern dan artistik. Lantai dasar JPO berbahan dasar kayu komposit sehingga ramah bagi penyandang disabilitas.

Sementara di sisi kanan dan kiri, ada pembatas besi berwarna hitam yang dilengkapi dengan pegangan kayu. Desain JPO berupa cincin vertikal berbentuk kotak berbahan dasar besi ringan, dengan atap transparan. Terdapat jarak antara satu cincin dengan cincin lainnya.

Saat malam hari, terdapat lampu warna warni yang menerangi JPO Bundaran Senayan. Salah satu spot favorit untuk foto adalah lorong jembatan yang dilengkapi dengan desain cincin vertikal berbentuk kotak.

JPO yang berada di kawasan GBK ini telah mengalami revitalisasi bersama dengan JPO Bundaran Senayan dan JPO Polda Metro Jaya.

Proses revitalisasi di jalan protokol itu dimulai pada 2018, dan diresmikan pada Kamis, 28 Februari 2019, seperti dikutip dari situs Ensiklopedia Jakarta.

Serupa dengan JPO Bundaran Senayan, JPO GBK ini memiliki desain modern dan artistik. Terdapat lampu LED dengan berbagai macam warna yang menyala pada malam hari.

Namun, JPO GBK memiliki desain cincin yang agak berbeda dengan dua JPO lainnya. Cincin pada JPO GBK berbentuk cincin puntir, berbeda dengan JPO Bundaran Senayan dan JPO Polda yang berbentuk vertikal.

JPO Polda berada tepat di depan Kantor Polda Metro Jaya serta kawasan SCBD Sudirman. Seperti disampaikan sebelumnya, JPO Polda memiliki desain menyerupai JPO Bundaran Senayan dan JPO GBK.

Desain JPO juga mengusung konsep modern dan artistik menggunakan konsep cincin vertikal yang seolah-olah melapisi kerangka JPO.

Pada malam hari, ada lampu RGB (red, green, blue) yakni sejenis lampu sorot yang memancarkan tiga warna yakni merah, hijau, dan biru secara bergantian.

Masih dari sumber Kompas.com, (24/03/2019), JPO Dukuh Atas memiliki desain modern dan artistik. Terdapat hiasan berbentuk segi enam berwarna putih dan abu-abu pada dinding JPO.

JPO itu juga dilengkapi pagar pembatas dari besi berwarna hitam serta atap yang menutup seluruh kerangka jembatan, sehingga melindungi pejalan kaki dari terik matahari dan hujan.

JPO ini menghubungkan Halte Dukuh Atas dan Halte Dukuh Atas 2 yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Di bawah JPO, terdapat taman Dukuh Atas yang merupakan ruang terbuka hijau di pusat kota.

JPO Instagramable yang satu ini masih berada di Jalan Jenderal Sudirman. Bedanya, JPO ini tidak memiliki atap sehingga pemandangan di sekelilingnya adalah gedung pencakar langit, seperti dikutip Kompas.com (07/12/2019).

Justru inilah yang menjadi daya tarik JPO Sudirman tanpa atap. Warga dapat berfoto dengan latar belakang gedung perkantoran yang menjulang tinggi dan lalu lintas di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Namun, jika berfoto di jembatan penyeberangan ini masyarakat harus berhati-hati. Sebab, lebar jembatan lebih sempit dibandingkan JPO GBK, JPO Bundaran Senayan, dan JPO Polda yang sudah direvitalisasi.

JPO ini menghubungkan pejalan kaki ke Halte TransJakarta Senen Sentral dan Halte Senen. Mengutip Kompas.com, (24/11/2020), JPO Senen memiliki motif piano dengan dominasi warna hijau dan putih.

Revitalisasi JPO bersamaan dengan renovasi Halte Transjakarta yang rampung pada Minggu (22/11/2020) lalu. Pasca renovasi, luas halte tersebut bertambah tiga kali lipat dari bangunan sebelumnya.

JPO Instagramable selanjutnya adalah JPO Sumarno yang berada di Penggilingan, Jakarta Timur. Tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Mengutip Kompas.com, (24/3/2019), JPO Sumarno sudah mulai dibuka pada Kamis (20/12/2018) lalu. Desain JPO ini modern dan artistik dengan dihiasi lampu LED yang bisa berganti-ganti warna.

Lampu warna-warni pada JPO ini akan menyala malam hari. Selain desain yang artistik, JPO tersebut juga dilengkapi lift yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

JPO ini dibangun di tengah flyover Tapal Kuda, Tanjung Barat dan Lenteng Agung. JPO tersebut ditujukan untuk para pejalan kaki yang ingin menyeberang melintasi rel kereta api, seperti dikutip dari Kompas.com (01/02/2021).

JPO ini memiliki desain estetik dengan atap yang melengkung disangga rangka besi. Pada malam hari, lampu berwarna-warni menyala di sepanjang lorong JPO sehingga menjadi spot foto favorit bagi para warga, seperti dikutip dari Tribun Jakarta (31/08/2021).

https://travel.kompas.com/read/2022/03/21/130400127/tak-hanya-jpo-phinisi-ini-9-jpo-instagramable-di-jakarta

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+