Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Afghanistan Jadi Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia 2022

KOMPAS.com - Afghanistan menjadi negara paling tidak bahagia berdasarkan World Happiness Report 2022.

Negara yang beribu kota di Kabul itu menempati peringkat paling bawah dari total 146 negara yang disurvei.

Mengutip laporan tersebut, Senin (21/3/2022), skor Afghanistan hanya 2,404 dari 10. Negara yang kini dikuasai oleh Taliban tersebut memperoleh skor rendah dari semua indikator utama dan variabel bantuan yang digunakan untuk mengukur tingkat kebahagiaan.

Selanjutnya, Libanon menjadi negara paling tidak bahagia kedua. Posisi Libanon berada di peringkat 145 dengan skor 2,995, tepat di atas Afghanistan.

Sementara itu, Finlandia kembali dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia dengan skor 7,821. Finlandia berada di peringkat pertama selama lima tahun berturut-turut.

“Dalam lima tahun berturut-turut, Finlandia terus menempati posisi teratas, dengan skor yang jauh di atas negara lain dalam peringkat sepuluh besar,” bunyi laporan tersebut.

Penyebab Afghanistan dinilai tidak bahagia

World Happiness Report 2022 mengungkapkan, sejumlah negara mengalami peningkatan skor tingkat kesejahteraan yang dinilai menggambarkan kebahagiaan. Perkembangan positif itu dipimpin oleh tiga negara Balkan, yakni Rumania, Bulgaria, dan Serbia.

Namun, sebagain negara justru mengalami penurunan skor kebahagiaan termasuk Afghanistan.

“(Skor kebahagiaan) turun di negara-negara lain yang berada dalam konflik besar - Venezuela, Afghanistan, dan Libanon paling banyak turun,” tulis laporan tersebut.

Dikutip dari Global News, Sabtu (19/3/2022), kondisi di Afghanistan tersebut dinilai sudah berlangsung bahkan sebelum Taliban menguasai negara itu.

Berbagai faktor memengaruhi rendahnya kualitas kebahagiaan di Afghanistan, antara lain korupsi yang berlangsung selama bertahun-tahun, peningkatan kemiskinan dan di bawah garis kemiskinan, kurangnya lapangan kerja, dan pembangunan yang tidak menentu.

“Orang-orang menjadi semakin miskin, semakin kecewa, dan semakin tidak bahagia,” ujar Pengamat Nasratullah Haqpal dikutip dari Global News.

Berikut daftar 10 negara paling tidak bahagia berdasarkan World Happiness Report 2022. 10 negara ini berada di peringkat 137 hingga 146 berdasarkan laporan itu.

World Happiness Report menggunakan tiga indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan (well-being) yang menentukan peringkat negara paling bahagia di dunia.

Ketiga indikator itu meliputi evaluasi kehidupan, emosi positif, dan emosi negatif.

Sumber data utama berasal dari hasil survei oleh The Gallup World Poll berdasarkan indikator tersebut. Setiap responden diminta untuk mengevaluasi kehidupan mereka saat ini.

Kemudian, responden menilai kehidupan mereka saat ini menggunakan skala Cantril Ladder dengan skor 1-10 yang digunakan untuk mengukur kualitas hidup.

Selain tiga indikator utama tersebut, World Happiness Report juga menggunakan enam variabel bantuan untuk memperjelas perbedaan setiap negara.

Keenam variabel bantuan itu meliputi Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, kedermawanan, dan korupsi.

Survei ini dilakukan pada 2019 hingga 2021. Setiap tahun, sekitar 1.000 tanggapan responden berhasil dikumpulkan dari setiap negara.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/22/080500027/afghanistan-jadi-negara-paling-tidak-bahagia-di-dunia-2022

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+