Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenparekraf: 75,8 Persen Penonton Puas dengan MotoGP Mandalika 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggraan Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dinilai sukses.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil quick count yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terkait tingkat kepuasan pengunjung MotoGP Mandalika 2022.

Hasilnya, sebanyak 75,8 persen masyarakat yang menjadi responden merasa puas atas rangkaian penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

"Berdasarkan hasil quick count terkait MotoGP Mandalika 2022 hasilnya sangat memuaskan."

"Secara umum feedback-nya sangat baik, tingkat kepuasan berkaitan dengan MotoGP ini sangat tinggi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (28/03/2022).

  • Menparekraf Optimistis Wisata NTB Tetap Ramai Usai MotoGP Mandalika
  • PHRI: Okupansi Hotel di Lombok Capai 95 Persen Selama MotoGP Mandalika
  • Patung Jokowi Naik Motor Tiba di Mandalika, Dipasang di Mana?

Meski demikian, Sandiaga menyebutkan, ada masukan atau hasil kepuasan yang masih rendah, seperti pada aspek transportasi lokal dan fasilitas parkir.

"Ini kami jadikan catatan yang akan kami sampaikan kepada pihak-pihak terkait, termasuk ITDC," kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Penonton didominasi milenial

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan, berdasarkan hasil quick count, demografi pengunjung MotoGP Mandalika 2022 sebesar 72,98 persen berasal dari generasi milenial.

Selain Nusa Tenggara Barat, dua provinsi asal pengunjung MotoGP Mandalika 2022 terbanyak adalah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara, terkait transportasi, sebanyak 60,61 persen menggunakan pesawat sebagai moda transportasi utama dan 22,73 persen menggunakan transportasi pribadi.

Adapun rata-rata durasi bermalam penonton adalah 4,2 hari.

"Hotel dan homestay menjadi pilihan utama akomodasi wisatawan selama mengunjungi Lombok dengan rata-rata lama tinggal selama 4,2 hari," kata Nia Niscaya.

Selama kunjungan tersebut, pengeluaran rata-rata wisatawan sebanyak kurang lebih Rp 10 juta.

Secara keseluruhan, hospitality dan destinasi pendukung adalah faktor yang mendapatkan kepuasan paling tinggi jika dibandingkan dengan faktor pendukung lainnya.

Evaluasi selama MotoGP Mandalika 2022

Meski secara keseluruhan mendapat respon positif, ada sejumlah evaluasi yang menjadi catatan selama gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Kebersihan dan transportasi lokal menjadi faktor yang mendapat kepuasan paling rendah jika dibandingkan dengan faktor lainnya.

Beberapa hal lain yang juga menjadi bahan evaluasi di antaranya, sebagian besar responden menyampaikan sistem dan manajemen transportasi yang perlu diperbaiki khususnya bus shuttle dan manajemen parkir.

Selain itu, infrastruktur ekosistem sirkuit yang belum siap, diharapkan tahun depan bisa menjadi jauh lebih baik dibandingkan saat ini.

"Namun 88,71 persen responden memiliki rencana untuk kembali ke event MotoGP Mandalika di musim selanjutnya," pungkas Nia Niscaya.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/29/074209827/kemenparekraf-758-persen-penonton-puas-dengan-motogp-mandalika-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke