Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Evaluasi MotoGP Mandalika, Kebersihan dan Transportasi Jadi Catatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 telah digelar pada 18-20 Maret 2022. Perhelatan olahraga ini dianggap cukup sukses meski ada sejumlah catatan yang ditemukan dari hasil evaluasi.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjukkan hasil quick count (hitung cepat atau jajak cepat) mengenai tingkat kepuasan pengunjung MotoGP Mandalika 2022.

Hasilnya, sebanyak 75,8 persen masyarakat yang menjadi responden merasa puas atas rangkaian penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

Kendati demikian, ada beberapa faktor yang masih perlu ditingkatkan, di antaranya kebersihan dan transportasi. 

"Kebersihan dan transportasi lokal adalah faktor yang mendapat nilai paling rendah jika dibandingkan dengan faktor lainnya," kata Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf Nia Niscaya, dalam Weekly Press Briefing virtual, Senin (28/3/2022).

Terkait data tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan akan memberi masukan kepada pihak-pihak terkait, yang terlibat sebagai penyelenggara MotoGP.

"Ada catatan tentang transportasi dan parkir, akan kami sampaikan ke stakeholders terkait termasuk ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation)," ujar Sandiaga.

Untuk transportasi, Menparekraf menyatakan bahwa sebagian besar responden memberikan komentar sistem dan manajemen transportasi perlu diperbaiki, khususnya bus shuttle dan manajemen parkir.

Kemudian, manajemen dan sumber daya manusia (SDM) penyelenggaraan lokal juga dinilai belum terbiasa dengan perhelatan berskala internasional, sehingga kemampuannya harus terus ditingkatkan.

"Harga tiket yang tergolong mahal bagi orang Indonesia dan sistem manajemen ticketing juga perlu dibenahi," tambah Menparekraf dalam keterangan tertulis.

Selain itu ada beberapa catatan lain, seperti infrastruktur ekosistem sirkuit yang belum sepenuhnya selesai menjadi salah satu perhatian responden.

Oleh karena itu, diharapkan sirkuit Mandalika sudah jauh lebih siap pada tahun depan, terutama untuk mengantisipasi sejumlah perhelatan olahraga yang direncanakan akan digelar di sana.

Terakhir, Kemenparekraf menjelaskan, ketersediaan akomodasi yang terbatas dan harga menjulang tinggi juga menjadi faktor yang memberatkan responden.

  • Itinerary 3 Hari 2 Malam di Lombok, Wisata Budaya hingga Alam bak Surga
  • 4 Aktivitas Wisata di Desa Sukarara Lombok, Belajar Menenun

Namun, secara keseluruhan, respons penonton terhadap rangkaian kegiatan MotoGP Mandalika 2022 dinilai cukup positif.

"Tentang motogp ini secara umum, feedback-nya sangat baik, dan kalau kita liat tingkat kepuasannya cukup tinggi," ujar Sandiaga.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf juga menyebutkan, sebanyak 88,71 persen responden memiliki rencana untuk kembali ke event MotoGP Mandalika di musim selanjutnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/03/29/114441727/evaluasi-motogp-mandalika-kebersihan-dan-transportasi-jadi-catatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke