Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menggali Potensi Wisata Air Panas di Manggarai Timur NTT

BORONG, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak hanya memiliki wisata pantai, tapi juga wisata air panas. 

Beberapa tempat wisata air panas yang ramai dikunjungi adalah Soa dan Nage di Kabupaten Ngada, yang bertetangga dengan Kabupaten Manggarai Timur. Kedua tempat wisata tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan Nusantara (wisnus dan wisatawan mancanegara (wisman).

Di Kabupaten Manggarai Timur, baru ada dua tempat wisata air panas yang didata, yakni Rana Masak dan Rana Roko di Kecamatan Borong. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur, Silvanus Salman, kepada Kompas.com lewat sambungan telepon, Rabu, (30/3/2022).

  • Pantai Pasir Putih Liang Mbala, Spot Berjemur di Manggarai Timur NTT
  • Pantai Toka, Surga Tersembunyi di Manggarai Timur, NTT
  • Ini Salah Satu Upaya Percepatan Pengembangan Parekraf di Manggarai Timur, NTT

"Kendala (yang) dihadapi untuk berwisata di wisata air panas adalah akses jalan yang belum memadai. Sesungguhnya obyek wisata air panas sangat berpotensi untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal, Nusantara, dan asing. Hanya penataan akses jalannya yang belum memadai," jelas Salman. 

Sementara itu, Kepala Seksi Destinasi, Antonius Cangkung, menjelaskan bahwa ada dua obyek wisata air Panas di Manggarai Timur yang sudah didata oleh dinas, yakni Wisata Air Panas Rana Masak dan Rana Roko.

Terdapat satu tempat lagi yang ramai dikunjungi oleh warga dan anak sekolah, yakni wisata Air Panas Mapos di Wae Tegel, Desa Compang Kempo, Kecamatan Rana Mese.

"Dinas akan mendata obyek wisata air panas di Kabupaten Manggarai Timur, termasuk mendata wisata Air Panas Wae Mapos," jelasnya, saat dihubungi Kompas.com, Rabu.

Adapun berdasarkan pengamatan Kompas.com, tempat wisata air panas di Kabupaten Ngada lebih ramai dikunjungi wisatawan yang hendak mandi, jika dibandingkan dengan tempat wisata air panas di Kecamatan Borong dan Rana Mese. 

Obyek wisata di Manggarai Timur buka untuk wisatawan

Salman mengatakan bahwa tempat wisata di Kabupaten Manggarai Timur sudah bisa dikunjungi wisatawan. Hal ini karena kasus Covid-19 di kabupaten tersebut sudah mengalami penurunan. 

"Selama ini obyek wisata di Manggarai Timur sudah bisa dikunjungi wisatawan dengan menurunnya angka kasus Covid-19," jelasnya.

  • Bukit Cinta Manggarai Timur, Ada Panorama Laut, Lembah dan Hutan
  • Kopi Colol, Daya Tarik Wisata ke Kampung Colol Manggarai Timur

https://travel.kompas.com/read/2022/03/30/160500327/menggali-potensi-wisata-air-panas-di-manggarai-timur-ntt

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke