Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Negara yang Puasa Lebih Dulu dari Indonesia, Selain Arab Saudi

KOMPAS.com – Masyarakat di sejumlah negara menunaikan ibadah puasa Ramadhan pada hari yang berbeda-beda, tergantung dari hilal yang terlihat. 

Hal itu lantaran kalender Islam yang digunakan akan berubah seiring dengan perubahan siklus bulan, jadi mulainya kalender Islam itu bergantung terhadap penampakan bulan sabit.

Penampakan bulan sabit Ramadhan biasanya pertama kali terlihat di Arab Saudi, kemudian di beberapa wilayah di India, dikutip dari Hindustantimes.com, Sabtu (2/4/2022). 

Adapun Arab Saudi menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 2 April 2022, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu.

Setelah Arab Saudi dan beberapa wilayah di India, penampakan hilal akan terus menyebar ke beberapa negara barat, lalu sehari kemudian mulai terlihat di seluruh India, Pakistan, dan Bangladesh.

Sebagai informasi, penetapan awal puasa di Indonesia mengacu terhadap pertimbangan hasil perhitungan (hisab), serta hasil konfirmasi di lapangan melalui pemantauan hilal (rukyat) yang dipertimbangkan melalui sidang isbat, dilansir dari Kompas.com, Sabtu.

Di Indonesia, puasa Ramadhan akan dimulai pada Minggu (3/4/2021), sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan puasa Ramadhan dimulai pada Sabtu.

Sementara itu, beberapa negara lainnya sudah ada yang memulai puasa Ramadhan sehari sebelumnya atau Sabtu.

Berikut ini adalah daftar negara yang mulai puasa Ramadhan 2022 pada hari Sabtu, atau sama seperti Arab Saudi. Bahkan, ada juga beberapa negara yang mulai lebih dulu. 

Untuk diketahui, bulan Ramadhan di kalender Islam berlangsung selama 720 jam atau empat minggu.

Pada waktu tersebut seluruh umat Islam akan berpuasa, umumnya dari terbit hingga terbenamnya matahari.

Bulan Ramadhan dapat dijadikan sebagai momen bagi muslim untuk berdoa dan berbuat kebaikan. Mulai dari berdoa untuk perdamaian dan bimbingan, berzakat, bersedekah, menolong orang tidak mampu, hingga melakukan introspeksi. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/02/210600227/daftar-negara-yang-puasa-lebih-dulu-dari-indonesia-selain-arab-saudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke