Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat “Ngabuburit” Gratis di Jakarta, Bisa Berburu Takjil 

KOMPAS.com - Ngabuburit atau waktu menunggu berbuka puasa menjadi momen yang identik dengan Ramadhan di Indonesia. Momen jelang berbuka ini banyak dinanti oleh umat Islam di tanah air dan diisi dengan berbagai aktivitas.

Salah satunya adalah berjalan-jalan di tempat wisata atau alam terbuka bersama keluarga dan teman. 

Jika kamu berada di DKI Jakarta, banyak tempat untuk ngabuburit gratis sehingga ramah di kantong. Jangan khawatir, di sekitarnya banyak penjual takjil alias makanan untuk berbuka puasa. 

Ingin menunggu azan maghrib sambil nongkrong di taman? Kamu bisa mendatangi Taman Suropati yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. 

Taman kota ini dikelilingi dengan pohon-pohon rindang sehingga udaranya sejuk. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Taman Suropati sembari menunggu azan maghrib, seperti dikutip dari Kompas.com (22/06/2019). 

Di Taman Suropati kamu bisa jogging, duduk santai, berfoto, dan jalan santai. Tak jauh dari Taman Suropati, sekitar delapan menit dengan berjalan kaki kamu bisa menemukan Masjid Agung Sunda Kelapa untuk menunaikan shalat magrib atau tarawih.

Banyak penjual takjil di sekitar Masjid Sunda Kelapa, sehingga kamu bisa memilih santapan buka puasa. 

Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan atau lebih dikenal dengan nama Setu Babakan kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit sambil mempelajari kebudayaan Betawi. Lokasinya berada di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

Mengutip Kompas.com, (18/20/2021), banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan di Setu Babakan, seperti wisata budaya dengan mengunjungi rumah adat Betawi di tepi kolam. 

Jangan lupa untuk berfoto dengan latar belakang budaya Betawi. Selain itu, kamu bisa mengunjungi amfiteater yang lokasinya berada tepat di bagian belakang Museum Setu Babakan dan belakang area kolam. 

Sambil menunggu azan maghrib, kamu juga bisa berjalan santai karena area wisata Setu Babakan dikeliling dengan pohon rimbun.

Menjelang maghrib, kamu bisa berburu kuliner di sekitar kawasan Setu Babakan.

Hutan Kota by Plataran atau yang biasa dikenal Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK) menjadi area terbuka hijau di Jakarta yang banyak didatangi masyarakat. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, (28/02/2022), lahan seluas empat hektare itu kini telah ditata sebagai paru-paru kota.

Menghabiskan waktu ngabuburit, kamu bisa duduk santai sembari menggelar tikar di taman hijau. Duduk santai di area taman ini menawarkan pemandangan menarik dengan latar belakang gedung-gedung tinggi perkantoran di kawasan SCBD. 

Hutan Kota GBK juga dilengkapi dengan area foodcourt dan kios-kios makanan kecil sehingga kamu tidak perlu bingung mencari takjil. 

Masjid Istiqlal menjadi pilihan tempat ngabuburit gratis Jakarta dengan tema religi. Tak melulu nongkrong, kamu bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membaca Al Quran dan beribadab di masjid terbesar se-Asia Tenggara ini. 

Biasanya, pihak pengelola Masjid Istiqlal juga menggelar pengajian menjelang azan maghrib. Selain itu, biasanya pihak pengelola masjid juga membagikan takjil gratis. 

Namun demikian, kamu juga bisa membeli aneka santapan buka puasa dari penjual di sekitar Masjid Istiqlal.  

Jika mencari tempat ngabuburit di sekitar mal, maka kamu bisa mendatangi Tribeca Park di Central Park Mal, Jakarta Barat. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, (14/05/2011), taman ini memiliki luas 1,5 hektare.

Meskipun berada di tengah pusat perbelanjaan, udara di taman ini masih segar sehingga dapat menjadi pilihan nongkrong menghabiskan waktu ngabuburit. 

Tribeca Park memiliki aneka jenis tanaman, dengan pohon-pohon rindang di lingkar dalam taman sedangkan tanaman hias di lingkar luar taman. Ada pula kolam ikan koi dan kura-kura.  

Sembari menunggu azan maghrib, kamu bisa duduk-duduk santai di area yang telah disediakan atau mengelilingi taman untuk beraktivitas fisik ringan.

Saat azan sudah berkumandang, kamu tinggal memilih aneka makanan yang tersedia di Central Park Mal.

Taman Menteng bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit ramah kantong di Jakarta. Ciri khas taman yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini adalah rumah kaca. 

Mengutip Tribunnews, (12/8/2015), taman ini menawarkan beragam fasilitas penunjang yang bisa kamu nikmati sembari ngabuburit. Mulai dari lapangan basket, sarana bermain anak, jogging track, air mancur, bangku taman, dan lainnya.

Taman Menteng dikelilingi dengan pepohonan rindang, sehingga udaranya sejuk. Tak jauh dari lokasi taman, terdapat ruko-ruko yang menjual aneka makanan siap saji. 

Selain itu, ada area foodcourt di sekitar ruko yang bisa menawarkan santapan buka puasa bagi pengunjung.

Taman Situ Lembang dekat dengan Taman Suropati, dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama sekitar lima hingga 10 menit. 

Berdasarkan informasi dari Tribunnews, (05/05/2019), Taman Situ Lembang memiliki kolam bundar di tengah taman. Jadi, kamu bisa menunggu azan magrib sembari duduk santai di sekitar kolam. 

Selain itu, taman ini dikelilingi dengan aneka bunga dan pohon rindang. Banyak penjual makanan di sekitar Taman Situ Lembang. 

Namun, jika kamu ingin pilihan makanan yang lebih beragam maka bisa mendatangi Masjid Agung Sunda Kelapa yang lokasinya berjarak 750 meter, atau sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. 

8. Taman Epicentrum Walk 

Taman Epicentrum Walk berlokasi di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Apartemen Taman Rasuna.

Taman ini merupakan area pejalan kaki yang ditata dengan rapi di depan pusat perbelanjaan Epicentrum Walk. 

Kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan di sekitar Epicentrum Walk adalah berjalan santai di sekitar sungai yang dikelilingi pepohonan rimbun.

Mengutip Kompas.com (22/10/2015), alur sungai tersebut telah melalui tahap revitalisasi sejak 2005-2010, sehingga kini aliran air sungai lebih jernih. 

Bahkan, sejumlah ikan terlihat dari permukaan sungai yang memiliki panjang 320 meter dan lebar 15 meter tersebut.

Kamu bisa mengunjungi foodcourt maupun aneka restoran yang berada di Epicentrum Walk saat berbuka puasa.

Lapangan Banteng merupakan lapangan yang memiliki monumen historis Pembebasan Irian Barat, seperti dikutip dari Kompas.com (22/06/2019). Lapangan ini telah mengalami revitalisasi sehingga lebih tertata rapi. 

Berada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Lapangan Banteng bisa dijadikan tempat untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman-teman.

Kamu bisa menunggu azan maghrib sembari jogging, bersepeda, dan basket di kawasan ini. Selain itu, terdapat amphitheatre dengan dua buah kolam berukuran besar di depannya. 

Ada pula wahana bermain anak di Lapangan Banteng. Lokasinya tepat berada di seberang Masjid Istiqlal, sehingga kamu bisa berbuka puasa dan solat Magrib di Masjid Istiqlal. 

Sambil menunggu azan maghrib, kamu bisa mengunjungi kawasan Kota Tua yang tentunya sudah tidak asing lagi. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di ikon nasional ini, seperti dikutip dari Kompas.com (10/11/2019). 

Kamu bisa menunggu azan maghrib sambil naik sepeda onthel, berfoto dengan manusia patung, mengunjungi sejumlah museum, membeli pernak-pernik, dan lainnya. 

Untuk masuk ke kawasan ini, memang dipungut tarif. Namun jangan khawatir, karena tarifnya ramah di kantong yakni Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per orang.

Sementara untuk masuk museum dipatok tarif Rp 2.000 hingga Rp 5.000 per orang.

Tak perlu khawatir susah mencari makanan berbuka. Sebab di sekitar kawasan Kota Tua banyak penjual kuliner yang bisa kamu pilih untuk berbuka puasa, termasuk kafe dan restoran.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/03/161600027/10-tempat-ngabuburit-gratis-di-jakarta-bisa-berburu-takjil-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke