Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Lokasi Grammy Awards, Paling Banyak di Crypto.com Arena

KOMPAS.com - Ajang Grammy Awards 2022 atau Grammy Awards ke-64 digelar di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, pada Minggu (3/4/2022) malam waktu setempat. Malam penghargaan musik itu akan dipandu oleh komedian dan pembawa acara Trevor Noah, seperti dikutip dari Kompas.com (02/04/2022). 

Mengutip dari Britannica, Grammy Awards merupakan salah satu penghargaan rutin setiap tahun di AS yang diselenggarakan oleh National Academy of Recording Arts & Sciences (NARAS) serta Latin Academy of Recording Arts & Sciences (LARAS). 

Penghargaan diberikan untuk mengakui prestasi di industri musik. Pemenang Grammy Award dipilih dari lebih dari 25 bidang, yang mencakup berbagai genre musik, karya produksi dan pascaproduksi, pengemasan album, dan lainnya. 

Grammy Awards pertama kali diadakan pertama kali pada 4 Mei 1959, seperi dikutip dari situs Recording Academy Grammy Awards. Lokasi Grammy Awards pertama kali adalah di Grand Ballroom Hotel Beverly Hilton, Los Angeles, AS.

Hingga saat ini, semua acara penghargaan Grammy Awards telah diadakan di berbagai lokasi terkenal di AS. Pada periode 1959-1970, acara Grammy Awards belum disiarkan secara live, namun tapping. 

Baru pada 1971 pertunjukan Grammy Awards ditayangkan pertama kali secara live di televisi Amerika. Kemudian pada tahun 1973, CBS membeli hak siar Grammy Awards, dan sejak itu ajang penghargaan tersebut ditayangkan secara langsung.

Berikut beberapa lokasi penghargaan Grammy Awards yang pernah dilakukan, termasuk lokasi yang ikonik dan paling banyak dipilih untuk menyelenggarakan perhelatan tahunan ini.

Hotel Beverly Hilton di Los Angeles, AS menjadi tempat penyelenggaraan Grammy Awards pada tahun-tahun awal sebelum disiarkan secara langsung di televisi. 

Mengutip situs Beverly Hilton, ini merupakan salah satu hotel legendaris di Los Angeles. Lokasinya berada di persimpangan Wilshire dan Santa Monica Boulevard di Beverly Hills, California. 

Tak hanya fasilitas untuk menginap yang lengkap, hotel ini mempunyai tujuh ruang pertemuan dan dua ballroom besar yang masing-masing dilengkapi dengan sistem audio canggih. 

Tak heran, Hotel Beverly Hilton menjadi tuan rumah untuk beberapa acara penghargaan, amal, serta industri film dan hiburan termasuk salah satunya Grammy Awards.

Dalam catatan Word Disk, Grammy Awards diadakan di Hotel Beverly Hilton selama tujuh kali.

Hollywood Palladium merupakan salah satu tempat konser musik yang terkenal di dunia. Lokasinya berada di Sunset Boulevard, Hollywood, California, AS. 

Sejumlah musisi ternama kelas dunia sudah tampil di Hollywood Palladium. Kapasitas bangunan ini mampu menampung hingga 4.000 orang. 

Selain itu, Hollywood Palladium masuk dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada 2016 dan ditetapkan sebagai Monumen Budaya Bersejarah Los Angeles Nomor 1130 pada 28 September 2016.

Grammy Awards diadakan di Hollywood Palladium selama empat kali, tepatnya pada 1971, 1974, 1976, dan 1977.  

Ajang Grammy Awards juga pernah diadakan di New York tepatnya di Madison Square Garden. Grammy Awards diadakan di Madison Square Garden selama empat kali, tepatnya pada 1972, 1997, 2003, dan 2018. 

Mengutip Kompas.com (23/10/2018) Madison Square Garden atau lebih dikenal dengan nama MG merupakan salah satu arena pertunjukan paling sibuk dan bergengsi di dunia. 

Gedung ini pernah menjadi tempat pertunjukan bagi selebritas dunia hingga menjadi arena kampanye para politisi. Gedung ini dibangun di bekas stasiun Pennsylvania tepatnya di Eight Avenue dan 33rd Street. 

Madison Square Garden dilengkapi dengan 22.000 tempat duduk untuk berbagai macam pertunjukan seperti sirkus, pertandingan olah raga, konser, dan lainnya.

Sebelum menjadi salah satu tempat pertunjukan paling terkenal seperti saat ini, Madison Square Garden awalnya merupakan tempat pertunjukan sirkus arahan Phineas T. Barnum.

Dari berbagai lokasi gelaran Grammy Award, Crypto.com Arena menjadi lokasi penyelenggaraan paling banyak. Grammy Awards diadakan di Crypto.com Arena sebanyak 19 kali sejak 2001 hingga 2020 lalu. 

Berdasarkan informasi dari situs Crypto.com Arena, lokasi ini merupakan pusat olahraga dan hiburan dunia. Crypto.com Arena merupakan ‘kandang’ bagi empat waralaba olahraga profesional, yakni Los Angeles Lakers, Los Angeles Clippers, Los Angeles Kings, dan Los Angeles Sparks. 

Sejumlah artis juga pernah menggelar konser di lokasi ini, antara lain Taylor Swift, Adele, Beyonce,  Usher, Bon Jovi, Madonna, Christina Aguilera, Justin Timberlake, The Rolling Stones, John Mayer, Lady Gaga, Katy Perry, dan masih banyak lagi. 

Berdasarkan informasi dari CNBC, Crypto.com arena dulunya bernama Staples Center. Lalu, pada Desember 2021 lalu, perusahaan cryptocurrency, Crypto.com membeli hak penamaan Staples Center sehingga namanya berubah menjadi Crypto.com Arena. 

Sumber CNBC mengungkapkan nilai transaksi pembelian hak penamaan tersebut mencapai 700 juta dolar AS, atau Rp 9,8 triliun (kurs Rp 14 ribu). Adapun masa kontraknya selama 20 tahun ke depan.

Shrine Auditorium, Los Angeles merupakan lokasi terbanyak kedua penyelenggaraan Grammy Award. Grammy Awards diadakan di Shrine Auditorium sebanyak 15 kali, mulai dari 1978 hingga 1999. 

Mengutip situs Shrine Auditorium, bangunan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah terletak di pusat kota Los Angeles, AS. Shrine Auditorium telah menjadi tuan rumah untuk sejumlah acara bergengsi seperti Academy Awards, Grammy Awards, SAG Awards, People's Choice Awards, BET Awards, dan banyak lagi.

Shrine Auditorium memiliki panggung tunggal yang terbesar di Amerika Utara. Aula dengan luas 5.000 meter persegi ini mampu menampung sekitar 6.300 penonton. 

Radio City Music Hall di New York menjadi tempat penyelenggaraan Grammy Awards sebanyak enam kali sejak 1981 hingga 1998. 

Lokasi ini merupakan panggung pertunjukkan dan hiburan yang megah di New York, tepatnya di Rockefeller Center. Berdasarkan informasi dari History.com, sejak dibuka pada 1932, lebih dari 300 juta orang telah mengunjungi Radio City untuk menikmati film, pertunjukan panggung, konser, dan acara lainnya. 

Radio City Music Hall merupakan gagasan dari miliarder John D. Rockefeller, Jr. Teater ini dibangun dalam kemitraan dengan Radio Corporation of America (RCA) dan dirancang oleh Donald Deskey. 

Desain bangunan Radio City Music Hall mengusung konsep art deco yang elegan dan anggun. Ada berbagai elemen yang menghiasi mahakarya itu, antara lain aluminium, foil emas, marmer, kaca, dan lainnya. 

Ajang Grammy Awards baru sekali digelar secara live di Tennessee Theatre, Nashville, AS. Tepatnya pada 1973. 

Panggung pertunjukkan itu pertama kali dibuka pada Oktober 1928, seperti dikutip dari situs Tennessee Theatre. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Chicago, Graven dan Mayger, 

Bangunan teater ini memiliki interior bergaya Spanyol-Moor yang menggabungkan elemen dari seluruh belahan dunia, seperti kristal Cekoslowakia pada lampu gantung bergaya Prancis, lantai teraso Italia di bagian lobi, dan pengaruh Asia di karpet dan pola gorden. 

Pada 1981, Tennessee Theatre dbeli oleh James A. Dick, yang kemudian melakukan pergeseran dari bioskop layar tunggal ke tempat pertunjukan seni multi guna. Kemudian pada 1996, organisasi nirlaba, Historic Tennessee Theatre Foundation didirikan dengan tujuan melestarikan, memelihara, dan mengoperasikan Tennessee Theatre.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/04/130500427/7-lokasi-grammy-awards-paling-banyak-di-crypto.com-arena-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke