Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stasiun Gambir dan Pasar Senen Buka Layanan Vaksin Dosis 1, 2, dan 3

KOMPAS.com - Calon penumpang kereta api (KA) kini dapat melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, kedua, dan ketiga (booster) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Layanan tersebut dibuka pukul 08.00 -12.00 WIB, dan merupakan bentuk kerja sama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Polri dan Dinas Kesehatan.

"Bagi calon penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, namun belum mendapatkan vaksin dosis 3 atau booster diimbau untuk tidak melakukan proses vaksin di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

  • Siap-siap Mudik, Ini Aturan Perjalanan Kereta Api Bebas Antigen dan PCR
  • Tiket Kereta Api Lebaran dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir Sudah Bisa Dibeli
  • Tiket Kereta Mudik Lebaran Mulai Dijual, Ini KA dan Tanggal Favorit Masyarakat

Ia menambahkan, calon penumpang KA yang ingin divaksinasi Covid-19 di stasiun bisa melakukannya paling lambat satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Sebagaimana diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022, saat ini calon penumpang KA yang boleh berangkat tanpa melakukan tes Antigen atau PCR hanya yang sudah mendapatkan vaksin dosis 3 (booster).

Kebijakan di atas telah diterapkan mulai Selasa (5/4/2022), jelang Lebaran 2022.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan naik kereta api jarak jauh:

1. Calon penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

2. Calon penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif tes Antigen 1 x 24 jam, atau tes PCR 3 x 24 jam.

3. Calon penumpang yang baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR, yang diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

4. Calon penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah, dan hasil negatif tes PCR 3 x 24 jam.

5. Calon penumpang berusia di bawah enam tahun tidak wajib melakukan vaksin, dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes Antigen atau tes PCR. Namun, wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

6. Calon penumpang yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan membatalkan tiketnya.

Guna memperlancar proses pemeriksaan, PT KAI telah mengintegrasikan ticketing system (sistem tiket) kereta api dengan aplikasi PeduliLindungi, untuk validasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 penumpang.

Data tersebut dapat langsung diketahui oleh PT KAI saat pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, situs web KAI, dan pada saat boarding.

Sebagai informasi, KA Daop 1 Jakarta juga masih menyediakan layanan tes Antigen di Stasiun Gambir, dengan harga mulai dari Rp 35.000. Waktu pelayanannya adalah pukul 06.00 - 22.00 WIB.

Sementara itu, layanan tes Antigen di Stasiun Pasar Senen buka pada pukul 05.00 - 22.00 WIB, dengan harga yang sama, yakni mulai dari Rp 35.000.

  • Kapan Bisa Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran 2022, Berikut Penjelasannya
  • 10 Kereta Tercepat di Dunia, Ada yang Melayang di Atas Lintasan

Informasi lebih lanjut terkait syarat naik KA di masa pandemi Covid-19 serta layanan Antigen dan Vaksinasi, dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, e-mail cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/06/213100927/stasiun-gambir-dan-pasar-senen-buka-layanan-vaksin-dosis-1-2-dan-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke