Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas di Kampoeng Kopi Banaran, Bisa Off-Road di Kebun Kopi

KOMPAS.com - Berwisata ke destinasi dengan beragam pilihan aktivitas bisa ditemukan di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satunya ngabuburit sambil menunggu buka puasa.

Berlokasi di Jalan Raya Bawen - Solo KM 1,5, Kecamatan Bawen, Kampoeng Kopi Banaran berada di area dengan ketinggian 480 sampai 600 meter di atas permukaan laut (dpl) dengan udara sejuk.

  • Main di Kampoeng Kopi Banaran, Kemah Sambil Nikmati Pemandangan 7 Gunung
  • Banaran Intimate Concert Kabupaten Semarang, Nikmati Konser Musik di Alam Terbuka

Memiliki luas kurang lebih 400 hektare, pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan menarik bersama keluarga, rekan kerja, sahabat dan juga orang tersayang di hamparan perkebunan kopi ini.

Sebelum berkunjung, ketahui dulu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Kampoeng Kopi Banaran.

General Manager Kampoeng Kopi Banaran, Frina Bonita mengatakan, keunikan wisata ini adalah karena posisinya yang dikelilingi tujuh pegunungan, kebun kopi, dan panorama Rawa Pening.

Ketujuhnya adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Salah satu tempat yang tepat untuk menikmati panorama cantik ini adalah dari atas restoran Sky View.

"Sky View punya spot-spot foto favorit, bisa makan atau menikmati hidangan unik sekaligus menikmati pemandangan alam yang luar biasa," kata Frina saat Live Instagram bertajuk "Piknik Maya, Staycation di Tengah Kebun Kopi" di akun @kompas.travel pada Jumat (01/04/2022).

Menurutnya, golden hour (momen dengan kondisi pencahayaan terbaik) untuk menikmati pemandangan dan foto-foto di restoran yang mengusung konsep semi modern ini adalah sebelum pukul 09.00 dan di bawah pukul 16.00.

Ia menambahkan, pengunjung disarankan mengambil foto saat golden hour karena pemandangannya akan jelas terlihat. Apalagi, jika mengambil foto di beberapa spot foto populer.

Tak hanya satu, Kampoeng Kopi Banaran memiliki empat restoran dengan ciri khas berbeda.

Pertama, restoran Sky View yang memiliki pemandangan tujuh gunung dan Rawa Pening. Selain cocok untuk menikmati pemandangan dan foto-foto di spot instagramable, pengunjung bisa mencicipi aneka macam kopi di sini.

Selain itu, setiap sore pukul 4-8 malam, ada live music yang bekerjasama dengan anak-anak muda di Semarang.

Kemudian, ada Banaran 9 Resto yang berada di depan kawasan Kampoeng Kopi Banaran, sehingga biasa dijadikan peristirahatan bagi pengguna jalan.

Untuk menunya, menyajikan berbagai hidangan tradisional khas Jawa seperti mendoan dan wedang uwuh.

Selanjutnya, ada BBQ Camp yang membawa konsep angkringan atau piknik modern. Dibalut suasana berkemah di alam, pengunjung bisa mencicipi menu barbeque dengan steamboat yang dinikmati selagi hangat.

Terakhir, ada Sky Lounge yang mengangkat sisi eksklusivitas dari Banaran Lounge. Mulai dari bar, outdoor area lounge dengan pemandangan Rawa Pening, dan pelayanan eksklusif yang berbeda dari tiga resto lainnya.

Sky Lounge menawarkan menu-menu ala Western dan Japanese. Di antaranya seperti chicken wings, spaghetti, aneka steak, Japanese Salmon, hingga sushi.

Salah satu andalan Kampoeng Kopi Banaran lainnya adalah fasilitas berkemah di glamping (glamour camping) yang dinamakan Coffee Camp.

Di sana, sudah disediakan tenda, lengkap dengan kasur, bantal, dan perlengkapan lainnya. Tak hanya udara yang sejuk, pengunjung bisa merasakan sensasi berkemah di tengah perkebunan kopi sambil melihat panorama Rawa Pening.

Melansir laman resmi Kampoeng Kopi Banaran (07/04/2022), paket glamping Family Room seharga Rp 850.000 per 3 pax per malam. Sementara paket Couple Rp 700.000 per 2 pax per malam.

Jika tidak ingin menginap di glamping, ada alternatif lainnya yaitu hotel dan villa.

Kampoeng Kopi Banaran merupakan wisata yang cocok untuk keluarga. Jadi, tak perlu khawatir karena area ini menyediakan berbagai aktivitas seru yang ramah anak.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di luar ruangan, mulai dari mengunjungi kebun buah, berkuda, naik kereta wisata keliling kebun kopi ditemani tour guide, area bermain anak, bermain di lapangan tennis, ATV, bike trails, hingga olahraga di jogging track.

Bagi anak muda yang menyukai petualangan atau aktivitas ekstrem, bisa mencoba off-road yang jalurnya mengelilingi kebun kopi.

Paket perjalanan ini dilakukan dengan memakai mobil jeep sambil melintasi medan yang cukup menantang. Namun, tidak perlu khawatir karena ada udara segar dan pemandangan hijau yang bisa dinikmati bersama teman-teman atau keluarga.

  • Libur Lebaran, Saatnya Wisata Petik Kopi di Kampoeng Kopi Banaran
  • Mengenal Dugderan, Tradisi Sambut Ramadhan di Kota Semarang
  • 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Untuk informasi lebih lanjut mengenai biaya masing-masing dan fasilitas yang disediakan, kamu dapat menghubungi Kampoeng Kopi Banaran melalui media sosial, situs resmi, maupun kontak yang tertera di situs resminya. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/08/133600427/5-aktivitas-di-kampoeng-kopi-banaran-bisa-off-road-di-kebun-kopi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke