Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary 1 Hari di Jakarta Aquarium dan Sekitar, Sekalian Ngabuburit

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu wisata ramah anak dan keluarga di tengah kota adalah Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) yang berlokasi di Mal Neo SOHO, Jakarta Barat.

Mengutip laman resminya, Jumat (08/04/2022), Jakarta Aquarium & Safari merupakan aquarium terbesar dalam ruangan di Indonesia, hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia.

Di JAQS, pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa aquatik maupun non aquatik. Tak hanya itu, ada berbagai kegiatan spesial selama bulan Ramadhan 2022. 

  • Lemur Hitam Putih, Satwa Baru di Jakarta Aquarium
  • Yuk, Ajak Anak Menginap dan Belajar di Jakarta Aquarium
  • 6 Hewan Laut Unik nan Langka di Jakarta Aquarium

Untuk diketahui, selain bisa beraktivitas di Jakarta Aquarium & Safari dan Mal Neo SOHO, pengunjung juga bisa melipir ke pusat perbelanjaan yang berlokasi di kompleks yang sama, yakni Central Park dan Mal Taman Anggrek.

Untuk mengisi waktu ngabuburit, pengunjung bisa sambil melakukan wisata belanja atau janjian dengan kerabat untuk makan malam bersama.

Lantas, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan dalam satu hari jika ingin mengunjungi JAQS dan area di sekitarnya?

Rekreasi di Taman Cattleya

Pagi hari sekitar pukul 08.00, perjalanan bisa dimulai dengan bersantai atau rekreasi di Taman Cattleya Slipi, yang berada di wilayah Tomang Jakarta Barat.

Melansir Jakarta Tourism (24/03/2021), taman seluas 31.000 meter persegi ini berlokasi strategis di keramaian kota, bahkan berhadapan langsung dengan Mal Taman Anggrek.

Taman ini bisa digunakan sebagai tempat hangout, foto-foto, jogging, atau sarana rekreasi bersama teman dan keluarga.

Apalagi, Taman Cattleya dipenuhi berbagai jenis tanaman hias dan pohon besar sehingga diberi gelar taman Instagramable, serta sering dijadikan area berburu foto.

Agar tidak terlalu panas dan kelelahan serta bisa bersantai menikmati pemandangan hijau di tengah kota, menghabiskan waktu sekitar dua sampai tiga jam di Taman Cattleya rasanya sudah cukup.

Buka untuk umum setiap hari pukul 07.00 - 18.30 WIB, pengunjung dibebaskan dari biaya jika berkunjung ke sini.

Menuju siang, saatnya berjalan-jalan di dalam Mal Neo Soho yang berlokasi tidak jauh dari Taman Cattleya, hanya sekitar 1,5 kilometer (km).

Pusat perbelanjaan dari Agung Podomoro Land ini memiliki luas sekitar 197.000 meter persegi dengan gerai-greai belanja maupun kebutuhan lainnya yang cukup lengkap.

Bagi yang tidak berpuasa, sambil menunggu waktu makan siang bisa mendatangi berbagai tempat di sana, mulai dari toko elektronik, gym, area bermain anak, dan lainnya.

Memasuki waktu makan siang, ada beragam restoran dengan masakan lezat yang bisa dicoba. Beberapa yang populer di antaranya Gyu Kaku, Born Ga, Putien, Lamien Palace, Marugame Udon, Donburi Ichiya, Ma La Tang, Holy Cow Steak, dan banyak lagi.

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi Kovee VR Theme Park yang masih berada di area sama, yaitu L205 Mal Neo Soho.

Kovee sendiri merupakan singkatan dari Korea Virtual Entertainment & Edutech, tempat hiburan permainan digital yang mengambil tema wahana virtual reality (VR), melansir laman resminya.

Beberapa wahana yang bisa dicoba seperti permainan menembak zombie, menikmati sensasi naik Jetski, mengelilingi Tembok Besar China, melarikan diri dari ruangan meyeramkan di escape room, sampai permainan tembak-menembak musuh, yang semuanya dilakukan lewat teknologi VR.

Ngabuburit di Jakarta Aquarium & Safari

Setelah hampir satu hari berjalan-jalan di kawasan Jakarta Barat, agenda yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu buka bagi yang berpuasa adalah ngabuburit di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS).

Atraksi utama yang bisa dinikmati tentu melihat-lihat berbagai satwa akuatik, maupun non-akuatik. Mulai dari ikan pari, hiu, ular, lemur, binturong, dan masih banyak lagi hewan unik lainnya. 

Selain itu, spesial selama bulan Ramadhan, ada rangkaian kegiatan yang berbeda dari biasanya. 

Mulai dari berfoto-foto di Marrakesh Tunnel, lorong bernuansa bak bazar zaman dahulu di Maroko. Pengunjung bisa seolah-olah berada di negeri dongeng dan Hikayat 1001 Malam. Dekorasinya yang ciamik juga cocok dijadikan spot berfoto. 

  • 10 Tempat “Ngabuburit” Gratis di Jakarta, Bisa Berburu Takjil 
  • 10 Tempat Wisata untuk Ngabuburit di Kota Malang

Senada dengan tema 1001 Mimpi, ada gelaran Mini Opera spesial Ramadhan yang dijadwalkan setiap hari Senin-Jumat pukul 15.00 WIB.

Dalam pertunjukan tersebut, pengunjung dibawa berimajinasi dalam kisah Sang Pemuda yang bertemu Puteri Duyung Genie. Seperti hikayat yang ada, Sang Pemuda mendapatkan tiga permintaan.

Pertunjukan Mini Opera 1001 Mimpi juga semakin semarak diiringi alunan musik marawis dan nada gambus khas bulan Ramadhan serta Hari Raya. 

"Semua pengunjung bisa menikmati rangkaian 1001 mimpi ini. Mulai dari tunnel, sampai menonton mini opera," kata Head of Social, Branding, dan Communication JAQS Fira Basuki, saat ditemui Kompas.com, Rabu (06/04/2022). 

Apabila telah puas melihat-melihat aneka ragam satwa dan rangkaian 1001 mimpi, pengunjung bisa mencoba wahana Human Wrecking Ball.

Cara bermainnya adalah dengan menaiki bola, lalu mendorong pin-pin raksasa seperti dalam permainan bowling. Permainan ini sebenarnya berlaku bagi pemegang tiket premium, namun jika pengunjung reguler ingin mencoba, biayanya Rp 50.000 untuk satu kali main. 

Sambil mendorong pin, pengunjung bisa mencoba meraih hadiah makanan ringan di atas wahana. Selain itu, bagi yang berhasil strike (menjatuhkan semua pin), bisa mendapatkan voucher. 

Mendekati waktu berbuka, saatnya menyudahi permainan, lalu siap berbuka puasa. 

Salah satu alternatif tempat buka puasa yang bisa dicoba adalah paket bukber (buka puasa bersama) yaitu makan sepuasnya sambil duduk di depan akuarium terbesar di dalam mal.

Jadi, sambil menyantap hidangan, bisa juga menikmati pemandangan unik berbagai macam satwa akuatik yang berseliweran di depan mata, mulai dari pari, penyu, hingga hiu.

Paket bukber di JAQS ini bisa dinikmati mulai dari Rp 275.000, sudah termasuk tiket masuk. 

Sebagai penutup jalan-jalan seharian ini, hal menarik yang bisa dilakukan adalah berburu foto di lokasi instagramable yaitu Eco Skywalk, jembatan penghubung antara Mal Neo Soho dengan Central Park. 

Dengan panjang 250 meter, jembatan ini cocok didatangi saat malam hari karena memiliki lampu berwarna-warni yang menyala. Sehingga, akan terlihat apik dan indah jika dimanfaatkan sebagai tempat berfoto. 

  • Tak Hanya JPO Phinisi, Ini 9 JPO Instagramable di Jakarta
  • Rekomendasi Restoran untuk Berbuka Puasa Rombongan di Jakarta Barat
  • 5 Tempat Nongkrong Kekinian Jakarta Barat, Cocok untuk Melepas Penat

Masih punya waktu untuk cuci mata? Kamu bisa menunjungi gerai-gerai yang ada di mal Central Park.

Jika kamu bepergian menggunakan kendaraan umum, letak halte Transjakarta S Parman Podomoro City terletak tepat di samping mal dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki kurang dari lima menit.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/08/150600327/itinerary-1-hari-di-jakarta-aquarium-dan-sekitar-sekalian-ngabuburit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke