Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oleh-oleh Khas NTT, Kain Tenun Ikat yang Bisa Dibawa Pulang dari Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Setelah puas menikmati pesona Labuan Bajo yang begitu indah, tentu tak lengkap rasanya jika pulang tanpa membawa suvenir bagi orang-orang di rumah.

Nah, kain tenun jadi salah satu oleh-oleh yang disarankan. Jika ingin membeli kain tenun, Forlavivian Centra Tenun Ikat Labuan Bajo jadi salah satu tempat paling pas.

Forlavivian Centra tenun ikat yang beralamat di Wae Kesambi Labuan Bajo, tepatnya 100 Meter ke arah timur dari Gereja Wae Kesambi, menyediakan berbagai motif tenunan dari semua daerah di NTT.

Owner Forlavivian Centra Tenun Ikat Wati Ontong mengatakan, di tempatnya itu ada banyak tenun dengan motif khas NTT. Kain tenun tersebut diambil dari semua daerah di NTT.

"Tenun ikat yang ada di sini merupakan hasil karya dari penenun-penenun lokal. Dibuat dari pewarna alami," kata Wati kepada Kompas.com di Forlavivian Centra Tenun Ikat, Jumat (8/3/2022).

Ia melanjutkan bahwa untuk tenun ikat di Manggarai Barat, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop) agar kelompok yang sudah dibina pemerintah memasarkan hasil tenunan di sentra tenunnya itu.

Sementara dari Kabupaten lainnya, ia memanfaatkan jejaring yakni teman-temannya.

"Mereka yang ambil langsung di penenun, lalu dikirim ke saya," ujar Wati.

Ia menjelaskan, harga setiap tenun ikat bervariasi. Harga paling murah Rp 400.000 hingga Rp 600.000. Sementara yang paling mahal itu sekitar Rp 2,5 juta.

Wati menyebut, ada beberapa jenis tenun ikat yang sangat diminati para wisatawan domestik maupun mancanegara. Paling pertama itu selendang selimut. Kemudian, ada selendang biasa, kain, dan sarung.

Terkait pemasaran, dirinya bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekanasdra) Provinsi, NTT dan Levico Butik.

Wati pun berharap agar seluruh masyarakat NTT khususnya Manggarai Barat untuk selalu mempromosikan tenun khas agar semakin diidolakan seluruh wisatawan yang datang ke Labuan Bajo.

"Kain tenun ikat ini warisan budaya kita yang jadi oleh-oleh khas bagi wisatawan. Mari kita terus jaga dan gencarkan promosi," imbuhnya.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/10/160400527/oleh-oleh-khas-ntt-kain-tenun-ikat-yang-bisa-dibawa-pulang-dari-labuan-bajo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke