Salin Artikel

7 Ide Kegiatan Ngabuburit di Surabaya, Lihat Sunset dan Wisata Religi

KOMPAS.com - Ada beragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Jika kamu berada di Surabaya, kamu bisa menghabiskan ngabuburit di luar rumah dengan berbagai kegiatan seru. 

Mulai dari melihat panorama matahari terbenam (sunset), bersantai di taman, olahraga, dan lainnya. Berikut tujuh ide kegiatan ngabuburit di Surabaya. 

Ide aktivitas ngabuburit di Surabaya pertama adalah bersantai di taman. Kota Pahlawan mempunyai beberapa taman kota yang bisa dinikmati gratis oleh warga. 

Salah satunya, adalah Taman Bungkul. Berdasarkan informasi dari Tribunnews wiki (05/06/2021), Taman Bungkul merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di tengah Kota Surabaya. 

Taman yang diresmikan pada 21 Maret 2007 ini mempunyai banyak  fasilitas, seperti air minum gratis bagi pengunjung, taman bermain anak, skateboard track, jogging track, WiFi gratis, dan air mancur. 

Selain itu, sembari menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa duduk bersantai di bangku taman. 

Sebagai kota yang penuh sejarah, Surabaya mempunyai beberapa museum yang bisa dikunjungi saat ngabuburit.

Sebut saja, Museum Surabaya (Gedung Siola), Monumen Kapal Selam Surabaya, Tugu Pahlawan, dan Museum Sepuluh Nopember Surabaya. 

Jadi, sembari ngabuburit kamu bisa belajar mengenai sejarah Indonesia. Selain museum sejarah nasional, ada pula Museum House of Sampoerna (HoS) yang berisi mengenai sejarah perkembangan rokok di nusantara. 

Namun, pengunjung di Museum House of Sampoerna dibatasi hanya bagi warga usia 18 tahun ke atas, seperti dikutip dari Tribunnews (01/07/2016).

Letak geografis Surabaya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa memberikan panorama sunset yang mengagumkan di beberapa titik.

Ada beberapa spot untuk melihat sunset di Surabaya, salah satunya adalah Surabaya North Quay (SNQ) yang berlokasi di kompleks Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Surabaya North Quay adalah salah satu destinasi wisata dari PT Pelindo Properti Indonesia. Pengunjung yang mampir berkesempatan untuk menikmati pemandangan tepi laut dan matahari tenggelam dari ujung utara Surabaya.

Kamu juga bisa ngabuburit dengan menikmati panorama sunset dari Pantai Kenjeran, Jembatan Suramadu, dan lainnya. 

Wisata religi menjadi salah satu ide aktivitas ngabuburit di Surabaya.

Ikon wisata religi di Surabaya antara lain Masjid Sunan Ampel, Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) atau dikenal dengan Masjid Agung Surabaya, dan Masjid Cheng Ho. 

Ikon wisata religi itu mempunyai keunikan masing-masing. Misalnya, Masjid Sunan Ampel merupakan lokasi ziarah makam Sunan dan Masjid Agung Surabaya mempunyai desain yang megah. 

Sementara, Keunikan Masjid Cheng Ho, Surabaya adalah desain bangunan masjid yang mencerminkan akulturasi dengan budaya etnis Tionghoa, China. 

Sembari ngabuburit, kamu bisa berolahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh. Surabaya mempunyai banyak lokasi untuk olahraga ringan seperti jogging track di taman kota. 

Mengutip dari Kompas.com (22/10/2021), beberapa taman kota di Surabaya antara lain Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Kebun Bibit, Taman Prestasi, dan Taman Ekspresi. 

Kamu juga bisa berolahraga di  Taman Bungkul merupakan sebuah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di tengah Kota Surabaya.

Waktu ngabuburit juga dapat diisi dengan kegiatan menyalurkan hobi.

Bagi warga Surabaya yang mempunyai hobi sepeda BMX dan skater, bisa memanfaatkan fasilitas antara lain di Skate & BMX Park, Taman Bungkul, dan Ketabang Skatepark. 

Lokasi Skate & BMX Park cukup strategis, tak jauh dari Surabaya Plaza, Monumen Kapal Selam, serta Kantor Balai Kota Surabaya. Jadi, kamu bisa menunggu waktu berbuka sembari menguji adrenalin dan menyalurkan hobi. 

Aktivitas ngabuburit yang tak boleh dilewatkan adalah berburu takjil. Terdapat beberapa tempak untuk berburu takjil di Surabaya. 

Antara lain di halaman Masjid Agung Surabaya dan Masjid Sunan Ampel. Selain itu, kamu bisa berburu takjil di Food Junction yang berada di dekat pintu masuk Kotapraja Grand Pakuwon. 

Berdasarkan informasi dari situs Pakuwon Jati, Food Junction menghadirkan beragam makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Arena kuliner yang dibuka pada 2015 ini, menawarkan lebih dari 100 gerai makanan dan minuman nusantara. 

Jadi, lokasi ini sangat cocok untuk ngabuburit sembari berburu takjil.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/11/170300227/7-ide-kegiatan-ngabuburit-di-surabaya-lihat-sunset-dan-wisata-religi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.