Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga Prediksi 48 Juta Pemudik Akan Berwisata Saat Lebaran 2022

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memperkirakan akan ada lebih dari 48 juta pemudik yang berkunjung ke tempat-tempat wisata, khususnya selama Lebaran 2022. 

Ia juga menyampaikan besarnya potensi pemudik yang akan berwisata saat periode Lebaran atau Idul Fitri tahun 2022.

"Bila situasi normal dan terkendali dan mudah-mudahan semua patuh dengan prokes (protokol kesehatan), maka ada potensi pasar di depan kita. Diprediksi ada 48-56 juta kunjungan wisatawan domestik ke destinasi-destinasi wisata," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing virtual, Senin (11/4/2022).

Menurutnya, pemerintah memprediksi 85,5 juta masyarakat akan mudik saat puncak arus pada tanggal 29 dan 30 April 2022. Angka ini didapat dari animo masyarakat melalui survei Kementerian Perhubungan akhir Maret lalu.

Sebelumnya, pada tahun 2019, ia menerangkan bahwa dari sebanyak 30 juta orang yang melakukan mudik Lebaran, diprediksi 60 hingga 70 persen mengunjungi tempat-tempat wisata.

  • Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub
  • Siap-siap Mudik, Ini Aturan Perjalanan Kereta Api Bebas Antigen dan PCR

Ia menjelaskan, momentum mudik Lebaran tahun ini dapat dijadikan peluang membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk dua tahun lalu.

"Harus dipastikan kesiapan kita, mulai dari SDM (sumber daya manusia), infastruktur, tempat parkir, prokes, dan lainnya, agar jumlah ini bisa betul-betul menjadi berkah dan kebangkitan ekonomi kita," pesan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini. 

Lebih jauh lagi, Menparekraf menerangkan bahwa mudik Lebaran juga dapat membawa dampak yang signifikan terhadap sentra produk kreatif.

"Kami juga melihat, tidak hanya wisata, produk-produk ekonomi kreatif juga akan habis dipesan terutama pada hari H dan H+10, karena pemudik pasti berburu kuliner dan oleh-oleh atau cendera mata," ujarnya.

Ia berharap, pariwisata selama mudik tahun ini dapat menjadi tatanan kenormalan baru pasca pandemi.

Oleh karena itu, ia menegaskan, jam operasional tempat wisata juga harus disesuaikan dengan level PPKM di masing-masing daerah.

Serta, pelaku usaha juga harus selalu memastikan penerapan protokol kesehatan dan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) di berbagai tempat wisata.

  • 9 Sentra Vaksinasi di Bandara AP I Jelang Mudik 2022, Cek Lokasinya
  • Pemerintah Pastikan Mudik Lebaran 2022 Bebas dari Penyekatan

https://travel.kompas.com/read/2022/04/12/061141827/sandiaga-prediksi-48-juta-pemudik-akan-berwisata-saat-lebaran-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke