Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Bukit Klangon Buka Lagi Usai Tutup Akibat Erupsi Gunung Merapi

KOMPAS.com – Tempat wisata yang berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi sempat tutup sementara pada Kamis (10/3/2022).

Penutupan tersebut merupakan akibat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi sehari sebelumnya.

Salah satu tempat wisata yang tutup adalah Bukit Klangon yang ada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Adapun jarak wisata Bukit Klangon dari puncak Gunung Merapi adalah sekitar 4 sampai 5 km. Tempat wisata ini termasuk yang sering ditutup saat terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Wisata Bukit Klangon buka lagi

Meski sempat tutup sementara, wisata Bukit Klangon kini sudah buka lagi dan bisa dikunjungi wisatawan.

Meski begitu, wisata Bukit Klangon hanya bisa dikunjungi pada pagi sampai sore hari saja. Sebelumnya, wisatawan bisa camping.

“Sementara baru bisa dikunjungi pagi sampai sore sana,” kata pengelola wisata Bukit Klangon bernama Gunawan kepada Kompas.com, Jumat (15/4/2022).

Ia melanjutkan, jam buka Bukit Klangon untuk saat ini adalah sejak pagi hari pukul 06.00 WIB sampai sore hari pukul 18.00 WIB.

“Untuk camping sementara masih tutup,” ujar Gunawan.

Sebelum buka lagi pada Hari Sabtu (9/4/2022), Bukit Klangon tutup sementara sejak Kamis (10/3/2022), dilansir dari Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

Penutupan itu sesuai Surat Edara (SE) Kepala Dinas Pariwisata No 360/248 tentang Peningkatan Aktivitas Gunungapi Merapi.

Saat berwisata di Klangon, pengunjung bisa menyaksikan dengan jelas dan dekat puncak Gunung Merapi yang mengeluarkan asap.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/15/150300327/wisata-bukit-klangon-buka-lagi-usai-tutup-akibat-erupsi-gunung-merapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke