Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aktivitas Malam di Alun-alun Banyumas yang Akan Dipasang Lampu Hias

KOMPAS.com – Alun-alun Banyumas punya keunikan tersendiri karena memajang pesawat TNI AU, MIG-17 Fresco sebagai ikon. 

Diketahui bahwa pesawat yang berasal dari Rusia tersebut pernah dipakai TNI AU selama bertahun-tahun sebelum akhirnya diletakkan di alun-alun Banyumas. 

Pesawat legendaris itu ditempatkan di atas tulisan “Banyumas” warna merah yang besar di dekat air mancur yang ada di area alun-alun.

Pesawat bisa disebut legendaris karena dulunya dipakai oleh TNI AU dalam melakukan perlawan terhadap pendudukan Belanda di Irian Barat. 

Adanya pesawat MIG-17 Fresco di Alun-alun Banyumas, membuat banyak wisatawan yang datang untuk berswafoto.

Aktivitas wisata di Alun-alun Banyumas

Selain foto-foto, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Banyumas Asis Kusumandani menyebutkan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di alun-alun dari pagi hingga malam hari, karena memang fasilitas yang disediakan cukup lengkap. 

Fasilitasnya ada taman bermain, area jogging, tempat penyewaan mobil anak-anak, hingga tempat untuk pedagang kaki lima (PKL).

Para wisatawan yang asyik nongkrong atau santai di kawasan alun-alun pun bisa menikmati segala fasilitasnya sambil mencicipi berbagai kuliner lezat.

“Di kompleks Alun-alun Banyumas juga ada Taman Sari dan Museum Wayang yang bisa didatangi wisatawan,” ucap Asis kepada Kompas.com, Minggu (17/4/2022). 

Pada saat tertentu, ada juga acara pagelaran seni di kompleks Alun-alun Banyumas yang bisa dinikmati wisatawan. 

“Contohnya pada Sabtu, (16/4/2022) kemarin ada Pagelaran Seni Banyumas Kota Lama 2022. Acaranya berlangsung di kompleks pendopo Banyumas yang dimulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB,” ujar Asis Kusumandani.

Ia mengungkapkan bahwa acara tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, jadi sudah dijadikan sebuah hiburan tetap masyarakat di Banyumas. 

Untuk menunjang aktivitas masyarakat di alun-alun, Pemerintahan Kabupaten Banyumas juga akan memasang sejumlah dekorasi agar makin tampak menarik dan meriah.

"Dalam waktu dekat ini, rencananya akan ada pemasangan lampu hias dan kini masih dalam proses,” kata Asis Kusumandani.

Jadi saat malam hari, di kompleks alun-alun wisatawan bisa foto-foto dan tentunya bisa diharapkan dapat mejadi penerangan yang tampak instagramable. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/17/140200127/aktivitas-malam-di-alun-alun-banyumas-yang-akan-dipasang-lampu-hias

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke