Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kafe di Banda Aceh, Ada yang Legendaris dan Instagramable

KOMPAS.com - Banda Aceh mempunyai beberapa kafe yang dapat dinikmati bersama teman maupun keluarga. Selain menawarkan aneka menu, kafe tersebut juga mempunyai desain kekinian yang Instagramable.

Pengunjung juga bisa menikmati menu kopi khas Aceh. Beberapa kafe menyajikan racikan kopi khas dan kopi legendaris. Berikut 10 rekomendasi kafe di Banda Aceh. 

Kopi Solong atau Solong Coffee merupakan salah satu kopi legendaris di Banda Aceh. Mengutip dari Pesona Indonesia Kompas.com, (17/6/2019), Kopi Solong sudah berdiri sejak 1974. 

Ramuan kopi sangat khas karena karena menggunakan campuran jagung, biji jagung, gula, dan mentega. Semua ramuan itu dipadukan dengan biji kopi robusta.

Cara menyeduh dan menyaring kopi pun cukup unik. Kopi disaring menggunakan kain tipis yang dipindah dari satu ceret ke ceret lainnya

Menu kopi lainnya ada kopi robusta, arabica, kopi hitam, kopi susu, dan lainnya. Selain kopi, kedai kopi tersebut juga menyediakan kuliner khas, kue-kue tradisional seperti kue ade, timpan, kue jala, dan lainnya.

Kedai Kopi Solong kini memiliki empat cabang. Kedai paling besar sekaligus pusatnya berada di Jalan T Iskandar No 13-14, Ulee Kareng, Banda Aceh.

2. Moorden Coffee

Moorden Coffee mempunyai menu khas yakni Nirapresso. Sesuai namanya kopi ini merupakan campuran air nira dengan kopi arabika. 

Bangunan kafe mengusung konsep perpaduan kontemporer dengan rustic. Fasad dinding menggunakan elemen bata dan kayu. Bangunan kafe didominasi warna putih, coklat, dan hitam. 

Lokasi Moorden Coffee berada di Beurawe, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh. 

Sesuai namnya, kafe ini berada di area rooftop tepatnya di di lantai enam Grand Arabia Hotel, Banda Aceh. Mengutip Kompas.com (16/04/2022), kafe ini menawarkan pemandangan Instagramable dari ketinggian. 

Menu takjil yang ditawarkan antara lain kolak ubi ungu, kolang kaling, dan serabi buah nangka. Pihak kafe juga menyediakan kuah belangong, makanan khas Aceh. 

Saat malam tiba, suasana kafe semakin Instagramable karena terdapat cahaya dari lampu berwarna kuning dan putih. 

Lokasinya berada di Grand Arabia Hotel, di Jalan Prof A Majid Ibrahim II No 3, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.


4. D’Energy Cafe 

Kafe ini memadukan konsep warung kopi, restoran, sekaligus tempat nongkrong anak muda, berdasarkan informasi dari Serambinews.com, (26/3/2019). Selain itu, pengunjung bisa melihat hamparan area persawahan hijau. 

Salah satu menu unik sekaligus unggulan kafe ini adalah jus kurma yang terbuat dari kurma pilihan tanpa campuran gula. Proses pembuatannya terbilang unik karena berbeda dari jus kurma kebanyakan, yakni kurma yang digunakan harus berjumlah ganjil. 

Hal ini mengikuti aturan sunna dari Nabi Muhammad SAW, sehingga diyakini jus kurma itu menyehatkan. Lokasi D’Energy Cafe di Jalan Soekarno - Hatta, Meunasah Manyet, Kec. Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Daud Terrace Cafe merupakan salah satu kafe hits di Banda Aceh, seperti dikutip dari Kompas.com (23/1/2021). Tak hanya incaran warga sekitar, kafe ini juga ramai dikunjungi oleh sejumlah wisatawan asing.

Daud Terrace Cafe berada di Hotel Kryad Muraya, Kota Banda Aceh. Lokasi kafe yang berada di lantai dua menawarkan pemandangan Tugu Simpang Lima, Banda Aceh. 

Menu yang disajikan adalah menu Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Tak jarang, kafe ini digunakan sebagai pertemuan, pesta ulang tahun, dan lainnya. 

6. Break Time Coffee Shop

Break Time Coffe Shop merupakan salah satu kafe kekinian incaran anak muda Banda Aceh. Konsep kafe terinspirasi dari coffee shop di barat dengan desain perpaduan kontemporer dengan rustic.

 

Selain kopi, menu yang banyak direkomendasikan dari Break Time Coffe Shop adalah cokelat panas. Lokasinya berada di Jalan Dr H Teuku Mohammad Hasan No. 10A Sukadamai, Banda Aceh Indonesia.

Konsep dari kafe ini adalah berupaya mengembalikan kejayaan pusat kuliner Aceh tempo dulu itu, Peunayong, berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/12/2021). 

Oleh sebab itu, lokasi kafe berada di teras Hotel Arabia di Jalan Khairil Anwar, Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh. Kawasan Peunayong dulunya dikenal sebagai pusat kuliner malam di Banda Aceh. 

Menu kafe merupakan menu lokal antara lain sate, mi Aceh, dan lainnya. Pengunjung juga bisa menikmati kopi khas Aceh, baik jenis robusta maupun arabica. 

8. Le More 

Le More merupakan kafe yang menawarkan spot foto Instagramable sehingga banyak dikunjungi anak muda Banda Aceh. Interior dan eksterior kafe mengusung konsep industrial minimalis. 

Lokasinya berada di Jalan Kapai Kleng, Doi, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. 

Keunikan dari kafe ini adalah minuman jus nanas yang istimewa, sebab disajikan langsung di dalam buah nanas. 

Mengutip Kompas.com (26/02/2020), buah nanas dikeruk bagian tengahnya sehingga bentuknya menyerupai gelas.

Kemudian, jus nanas dituangkan pada bagian tersebut, lalu ditutup dengan tangkul nanas. Jus nanas ini menjadi daya tarik kafe yang dirikan sejak 22 Desember 2018 lalu. 

Bangunan kafe berkonsep modern minimalis yang terdiri dari tiga lantai. Alamat Dayah Kupie berada di Desa Meunasah Mesjid, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara tepatnya di jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh.

10. Manhattan Cafe & Resto 

Kafe ini menawarkan berbagai menu antara lain Indonesia, Italia, Cina, India, Asia, dan Inggris. Menu utamanya antara lain aneka olahan iga, aneka sop, kepiting, steak, dan lainnya. 

Adapula camilan ringan seperti aneka roti bakar, pisang goreng, kentang goreng, lumpia, dan lainnya. Pengunjung juga bisa menikmati aneka kopi di Manhattan Cafe & Resto seperti kapi hitam, kopi sanger, espresso, cappucino, latte, dan lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan Banda Aceh Cot Lamkuweueh, Meuraxa, Banda Aceh. 

https://travel.kompas.com/read/2022/04/17/170400127/10-kafe-di-banda-aceh-ada-yang-legendaris-dan-instagramable

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke