Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Lebaran, Destinasi Wisata di Bantul Boleh Gelar Acara

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Berkunjung ke destinasi wisata bisa menjadi pilihan mengisi waktu libur lebaran bagi warga Bantul dan sekitarnya, atau masyarakat yang berencana mudik ke kawasan tersebut.

Sebab, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, memperbolehkan destinasi wisata menggelar atraksi selama libur lebaran secara mandiri.

Meski demikian, Dinas Pariwisata tidak menggelar atraksi karena keterbatasan anggaran anggaran.

Kasi Promosi dan Informasi Dispar Bantul Markus Purnomo Adi menyampaikan, tahun ini pihak dinas tidak menganggarkan atraksi wisata karena sebelumnya belum ada kepastian soal mudik lebaran.

"Atraksi wisata di destinasi wisata dicoret. Karena kami tidak tahu kalau kasus Covid-19 bakal melandai dan mudik dibolehkan," kata Ipung panggilan akrab Markus saat dihubungi wartawan, Minggu (17/04/2022).

Meski tak ada anggaran khusus, namun pihak dinas tak melarang destinasi wisata jika ingin menggelar atraksi hiburan selama libur lebaran.

Sebab, kata dia, atraksi wisata di obyek-obyek wisata akan menjadi magnet kunjungan wisatawan.

"Kalau pengelola destinasi wisata akan mengadakan atraksi wisata secara mandiri tidak masalah dan kami sama sekali tidak melarang," kata Ipung.

Meski diperbolehkan menggelar atraksi, namun Markus berpesan agar pengelola tetap bisa mengedepankan protokol kesehatan.

"Jika menggelar atraksi tetap mengedepankan protokol kesehatan," kata dia.

  • 10 Tempat Wisata Malam di Yogyakarta, Banyak Spot Instagramable
  • 6 Tips Hindari Klitih Saat Wisata di Yogyakarta

Sementara itu, pengelola Puncak Sosok Rudi Harianto mengatakan, pihaknya bersiap menyambut kunjungan wisatawan selama libur lebaran.

Beberapa program telah disiapkan, seperti hiburan melalui pertunjukan musik akustik, penataan stand kuliner, perbaikan tempat parkir, dan penambahan personel agarwisatawan nyaman saat berkunjung.

Namun, ia mengatakan pihaknya belum berani menggelar acara besar saat libur lebaran karena khawatir terkendala perizinan.

"Kalau menggelar acara besar selama libur lebaran belum berani karena belum diizinkan oleh satgas," kata dia.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/17/210400727/libur-lebaran-destinasi-wisata-di-bantul-boleh-gelar-acara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke