Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Trunojoyo Sumenep Diresmikan, Bisa Pangkas Waktu Perjalanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura pada hari ini, Rabu (20/04/2022).

Peresmian bandara di Jawa Timur ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas arus transportasi di Madura dan pulau-pulau sekitarnya.

"Alhamdulillah, Bandara Trunojoyo telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan melayani kebutuhan masyarakat di Pulau Madura dan pulau lain di sekitarnya".

"Bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan hubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Madura," jelas Jokowi, dipantau Kompas.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (20/04/2022).

  • Bandara Trunojoyo Madura Tuntas Direvitalisasi, Apa Saja yang Baru?
  • Resmikan Bandara Trunojoyo, Jokowi Minta Menhub Segera Buka Penerbangan Jakarta-Sumenep

Selain itu, Jokowi juga berharap bandara tersebut dapat membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura.

Keberadaan Bandara Trunojoyo, menurutnya juga bisa memangkas waktu tempuh perjalanan dari pulau-pulau di sekitar pulau Madura, dan sebaliknya.

"Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh, jika menggunakan kapal berhari-hari, dengan pesawat hanya perlu satu jam saja," ia menambahkan.

Dengan demikian, kata Jokowi, dirinya meyakini bahwa konektivitas dan mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan lancar.

"Titik-titik perkonomian baru akan tumbuh. Kesempatan dan usaha baru akan bermunculan dan bertambah. Lapangan kerja juga akan semakin berkembang dan maju," tutur dia.

  • Susi Air Buka Rute Banyuwangi-Sumenep PP, Harga Mulai Rp 245.000
  • 6 Detinasi Wisata di Sumenep yang Wajib Anda Kunjungi

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berpesan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, untuk mengusahakan penerbangan dari Surabaya ke Sumenep maupun Jakarta ke Sumenep, jelang Hari raya Idul Fitri.

Kepala negara juga meminta agar Bandara Trunojoyo dapat dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya.

"Harus dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera," tambahnya.

Potensi penerbangan ke berbagai daerah

Adapun Bandara Trunojoyo saat ini memiliki panjang runway 1.600 meter dengan gedung seluas 3.600 meter persegi yang dapat menampung hingga 129.000 penumpang dalam setahun, seperti disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi.

"Bandara Trunojoyo berada di atas tanah seluas 34 hektar, dengan panjang runaway 1.600 meter pada 2016".

"Lalu kami mengembangkan ini menjadi bandara yg lebih representatif dengan gedung seluas 3600 meter persegi. Jadi dapat diterbangi ATR dan beberapa maskapai penerbangan," kata Menhub.

  • Membaca Asta Tinggi, Tempat Peristirahatan Terakhir Para Raja Sumenep
  • Membaca Sejarah di Keraton Sumenep

Lebih lanjut, ia menjelaskan, saat ini Bandara Trunojoyo melalui rute yang cukup luas. Di antaranya Sumenep-Surabaya PP, Sumenep-Bawean PP, Sumenep-Pagerungan PP, dan Sumenep-Banyuwangi PP.

Ke depannya, kata dia, sejumlah rute yang berpotensi dilayani oleh bandara ini yaitu Sumenep-Banjarmasin, Sumenep-Jakarta, Sumenep-Denpasar, dan lain-lain.

"Diharapkan banyak potensi wisata berkembang jika Bandara Trunojoyo ini diaktifkan," pungkas Budi.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/20/120200927/bandara-trunojoyo-sumenep-diresmikan-bisa-pangkas-waktu-perjalanan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke