Salin Artikel

Catat! 9 Persiapan Mudik dengan Mobil Pribadi

KOMPAS.com - Jumlah pemudik Lebaran 2022 diprediksi membludak hingga 79,4 juta orang, berdasarkan hasil survei Badan Litbang (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti dikutip dari Kompas.com, (19/04/2022). 

Hasil survei Balitbang Kemenhub mengungkapkan, jumlah pemudik yang berencana menggunakan mobil pribadi sebanyak 23 juta orang.  

Pemudik yang menggunakan mobil pribadi membutuhkan persiapan khusus sehingga perjalanan aman dan nyaman. Berikut persiapan mudik dengab mobil pribadi yang perlu kamu lakukab sebelum mudik, seperti dihimpun oleh Kompas.com.

1. Persiapkan jadwal perjalanan 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, pemudik yang menggunakan mobil hendaknya mempersiapkan jadwal perjalanan. 

Jadwal perjalanan ini termasuk rencana titik pemberhentian untuk beristirahat selama perjalanan.

Sony menyarankan, rencana perjalanan ini dibuat bersama dengan anggota keluarga lainnya yang turut serta pada mudik lebaran. 

“Atur jadwal perjalanan dan libatkan penumpang untuk menghindari konflik,” ujarnya kepada Kompas.com (20/04/2022). 

2. Istirahat cukup 

Tips yang tak kalah pentingnya jika mudik naik mobil pribadi adalah istirahat secara berkala selama perjalanan. Tujuannya, untuk mengembalikan stamina yang turun selama perjalanan.  

“Istirahat yang berkualitas sekitar 10 (menit) hingga 30 menit. Lakukan penyegaran terhadap otot, otak, dan syaraf,” tuturnya. 

Pilih lokasi istirahat yang nyaman serta tidak menggangu pemudik lainnya, seperti di rest area. Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan perjalanan di awal sebelum mudik termasuk menentukan lokasi istirahat. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, (30/05/2019) usahakan untuk melakukan tidur singkat dan bertenaga atau power nap setelah berkendara dua sampai empat jam. Dengan demikian, tubuh akan terasa lebih segar sehingga fokus pun meningkat. 

Sony mengingatkan para pemudik untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Menurutnya, ada lima aspek mobil yang harus dicek, meliputi lampu, ban, suspensi, serta cairan pada mesin seperti oli, air radiator, air aki, minyak rem, dan lainnya. 

Selanjutnya, pemudik juga perlu mengecek fitur keamanan pada mobil masing-masing berfungsi dengan baik.

Fitur keamanan pada mobil tersebut antara lain, air bag, alat pendeteksi titik buta (blind spot detector), sabuk pengaman (seat belt), dan lainnya.


4. Jaga jarak 

Tips mudik naik mobil lainnya adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

Dalam hal ini, Sony mengatakan pemudik membutuhkan fisik tubuh prima sehingga bisa menjaga fokus.

Selain itu, pemudik diimbau untuk tetap mengontrol emosi dalam menyikapi kondisi lalu lintas. Sebab, bukan rahasia lagi jika mudik lebaran identik dengan macet panjang. 

Agar bisa mengontrol emosi, maka pemudik disarankan istirahat terlebih dahulu ketika merasa lelah atau mengantuk. 

“Jaga jarak, kecepatan, dan emosi untuk menyikapi kondisi lalu lintas nantinya,” ujarnya. 

Setiap pemudik tentunya ingin membawa oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman. Namun, Sony mengingatkan pemudik yang menggunakan mobil untuk tetap menghindari membawa barang bawaan berlebihan. 

“Untuk barang bawa yang seperlunya saja, barang bawaan berlebihan membuat muatan tidah efektif,” katanya. 

6. Jaga kondisi tubuh

Mengutip Kompas.com, (30/05/2019), menjaga kondisi tubuh tetap prima sebelum perjalanan mudik merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

Tujuannya, untuk mengantisipasi tubuh tidak cepat lelah selama perjalanan. 

Tips agar kondisi tubuh prima sebelum mudik adalah istirahat cukup dengan tidur minimal enam sampai delapan jam sehari sebelum mulai mudik. 

Untuk memastikan kondisi tubuh tetap fit, pemudik yang menggunakan mobil membutuhkan asupan makanan bergizi saat santap sahur dan buka puasa.

Jika perlu, pemudik bisa mengonsumsi vitamin untuk menjaga stamina. 

8. Hindari persiapan mepet waktu mudik 

Pemudik hendaknya menghindari bersiap-siap pada waktu mepet dengan jadwal keberangkatan. Sebab, barang-barang bawaan berpotensi tercecer bahkan tertinggal apabila dalam kondisi terburu-buru. 

Oleh sebab itu, pemudik sebaiknya mengemas barang minimal 2-3 hari sebelum hari keberangkatan. Waktu tersebut terbilang ideal dibandingkan mempersiapkan pada H-1 sebelum keberangkatan. 

Tips agar mudik menggunakan mobil agar nyaman adalah mempelajari rute perjalanan. Pemudik hendaknya memahami rute yang akan dilintasi, meskipun ada fasilitas peta digital dari smartphone. 

Rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat. Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak Anda lewati.

Pemudik bisa memanfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai. Caranya, tandai titik-titik lokasi yang dibutuhkan sehingga mudah untuk diakses jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/21/080400427/catat-9-persiapan-mudik-dengan-mobil-pribadi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.