Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berwisata ke Malioboro Saat Libur Lebaran 2022, Ada Rekayasa Lalu Lintas

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Antisipasi terjadinya macet di Kota Yogyakarta saat libur Idul Fitri 2022, jajaran Polresta Yogyakarta bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta Kompol Chandra Lulus Widiantoro menjelaskan, ada beberapa titik yang diprediksi akan terjadi kemacetan. Seperti di perbatasan sebelah utara nanti akan dilakukan pembatasan mobilitas masyarakat.

"Nanti dilakukan pembatasan-pembatasan. Seumpama jumlah kendaraan di dalam kota overload, kita rekayasa di beberapa titik," kata dia setelah apel gelar pasukan Operasi Progo 2022, Jumat (22/4/2022).

Ia melanjutkan, beberapa titik rekayasa lalu lintas, di antaranya adalah Pingit, Pos Gejayan, Wirobrajan, Simpang BPK, dan Jogteng Wetan.

Rekayasa lalu lintas di Malioboro

Khusus kawasan atau jalur Malioboro, rekayasa lalu lintas nantinya wisatawan yang melalui Jalan Mataram ke utara langsung diarahkan ke barat langsung masuk kawasan Malioboro.

Sedangkan dari arah timur atau dari Jembatan Kleringan, wisatawan nanti diarahkan ke arah barat.

"Maksud dan tujuan dipasang pembatas jalan itu untuk menghindari crossing dari arah Kotabaru. Di situ, sudah dipasang pembatas jalan mudah-mudahan tidak terjadi crossing," ujar Chandra.

Ia menambahkan, pada pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB saat kawasan Malioboro bebas kendaraan bermotor saat libur Lebaran 2022, akan dilakukan pengkajian kembali.

"Apalah pemberlakuan akan dimajukan, nanti kita lihat perkembangannya. Kalau terjadi peningkatan arus di persimpangan, langsung kita kaji pemberlakuan waktunya," tutur dia.

Chandra menambahkan bahwa untuk kantung-kantung parkir di Kota Yogyakarta, ada 3 yang dapat digunakan, yakni Taman Parkir Abu Bakar Ali, Ngabean, dan Senopati.

"Kalau itu penuh, nanti ada beberapa kantung parkir lagi yang bisa dimanfaatkan," kata dia.

Imbau wisatawan di Yogyakarta naik kendaraan umum

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan bahwa dengan potensi kunjungan wisatawan sebanyak 4 juta kendaraan, itu akan membuat jalanan Kota Yogyakarta padat dan macet.

"Hampir 4 juta prediksinya. Aktivitasnya setelah libur Lebaran ke DIY malamnya mau ke Malioboro cari oleh-oleh. Mau tidak mau terjadi peningkatan kendaraan sedangkan kapasitas jalan terbatas," kata dia kepada Kompas.com di Mandala Krida, Jumat (22/4/2022).

Dengan kondisi itu ia berharap kepada wisatawan saat datang ke Yogyakarta beralih dari kendaraan pribadi menggunakan transportasi publik.

Di Kota Yogyakarta memiliki bus Transjogja yang tiap harinya melayani berbagai rute, selain itu masyarakat juga bisa memanfaatkan ojek atau taksi online.

"Meskipun kita juga melakukan upaya-upaya perkiraan rekayasa lalu lintas. Kalau di Jalan Mangkubumi sudah tidak bisa menampung ya harus dialirkan," kata dia.

Ia memprediksi kemacetan berada di beberapa simpul-simpul di Kota Yogyakarta seperti di Tugu Pal Putih, Malioboro, dan Keraton (Gumaton).

"Simpulnya di Gumaton, Patuk, sentra oleh-oleh Wijilan," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2022/04/22/210100227/berwisata-ke-malioboro-saat-libur-lebaran-2022-ada-rekayasa-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke